Pembelajaran IPAS Volume 2 Bab 8 Kegiatan Ekonomi di Indonesia Kelas 4 SDN 1 BAKAUHENI
Bab 8
Kegiatan Ekonomi di Indonesia

https://src-revamp-content-prd.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/uploads/content/kisahinspiratifsrcpalu_1626922791_1641369656.webp
![]() |
https://src-revamp-content-prd.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/uploads/content/kisahinspiratifsrcpalu_1626922791_1641369656.webp |
Setiap manusia memiliki kebutuhan
hidup masing- masing. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia melakukan
kegiatan ekonomi. Jika kebutuhan terpenuhi, masyarakat akan sejahtera.
Apa yang kamu ketahui tentang
kegiatan ekonomi? Apa saja kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk mencukupi
kebutuhan? Ayo, pelajari bersama pada bab ini.
A.
Ekonomi untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup
Kebutuhan hidup dapat dipenuhi
melalui berbagai kegiatan ekonomi. Secara umum, kegiatan ekonomi dikelompokkan
menjadi tiga, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
1. Produksi
Produksi merupakan kegiatan mengolah
bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Orang yang melakukan
kegiatan produksi disebut produsen. Kegiatan produksi membuat nilai guna suatu
barang meningkat.
![]() |
https://asset.kompas.com/crops/trebuUE4oy-bs3TbRb9f0aMPFik=/64x43:576x384/750x500/data/photo/2023/02/12/63e858251e977.jpg |
a. Bahan mentah adalah bahan yang
berasal dari alam sehingga memerlukan pengolahan terlebih dahulu untuk
digunakan. Contohnya tanaman kapas.
![]() |
https://www.sritex.co.id/wp-content/uploads/2019/03/1.jpg |
b. Bahan setengah jadi adalah bahan
yang mengalami pengolahan, tetapi perlu diolah lebih lanjut agar dapat
digunakan. Contohnya pintalan benang.
![]() |
https://media.istockphoto.com/id/901863672/id/foto/interior-toko-pakaian.jpg?s=612x612&w=0&k=20&c=hLMNtcWXnNwW_Sa7to7pB0CzFz1Mlmuable-uRDWc6Q= |
c. Barang jadi adalah barang yang
sudah selesai diolah sehingga dapat langsung digunakan. Contohnya pakaian.
Kegiatan produksi juga menghasilkan
jasa. Kebutuhan jasa tidak memiliki wujud, tetapi kita dapat merasakan manfaat
saat menggunakannya.
Berikut contoh kegiatan produksi yang
menghasilkan barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
a. Kegiatan produksi yang menghasilkan jasa. Contohnya: guru mengajar di kelas dan sopir bus mengantarkan penumpang ke tempat tujuan.
![]() |
https://asset-2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/ibu-guru-tk-di-lamongan-jadi-kepala-desa.jpg |
b. Kegiatan produksi yang menghasilkan barang. Contohnya: pekebun membudidayakan sayur dan buah- buahan, penjahit membuat pakaian, penjual, dan perajin membuat mebel.
![]() |
https://asset.kompas.com/crops/QrZ0PYVV5E30Wd14V0XbVhNdtb4=/0x0:0x0/750x500/data/photo/2024/02/15/65cd989d69053.jpg |
2. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan
menyalurkan atau mengantarkan barang dan jasa dari tempat produksi (produsen)
kepada orang yang membutuhkan barang dan jasa (konsumen). Orang yang melakukan
kegiatan distribusi disebut distributor.
Secara umum, kegiatan distribusi
dikelompokkan sebagai berikut.
![]() |
https://karyabaruindonesia.com/wp-content/uploads/2016/05/distributor-beras-agen-beras-grosir-beras-pt-karya-baru-indonesia.jpg |
a. Agen adalah pedagang yang
menyalurkan barang langsung dari produsen. Contohnya agen beras di pasar.
![]() |
https://images.bisnis.com/thumb/posts/2023/10/13/1703935/pedagang_pakaian_di_tanah_abang_1694430715.jpg?w=450&h=237 |
b. Pedagang besar (grosir) adalah
pedagang yang membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali. Contohnya
pedagang grosir pakaian.
![]() |
https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2022/11/30/5de7435eb2d44-638728544addee2c61303162.jpg |
c. Pedagang eceran (pengecer) adalah
pedagang yang menjual barang langsung kepada konsumen. Contohnya warung dan
toko kelontong.
Distribusi membantu masyarakat
memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, kegiatan distribusi sangat
penting bagi perekonomian masyarakat.
Contoh kegiatan distribusi adalah
agen buah membeli pisang dari petani, kemudian menyalurkan pisang ke toko buah
atau pedagang kaki lima. Jadi, toko buah dan pedagang kaki lima berperan
sebagai distributor.
![]() |
https://okuselatan.disway.id/upload/1f364367a596fa76331bb5ea1d431f7d.jpg |
3. Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan
atau menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Konsumsi juga berarti mengambil manfaat dari suatu barang atau jasa. Orang yang
melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.
Konsumen harus mengeluarkan sejumlah
uang untuk memperoleh barang sesuai yang dibutuhkan. Kita harus bersikap hemat
saat melakukan kegiatan konsumsi. Hemat artinya menentukan barang kebutuhan
yang akan dipenuhi sebelum melakukan kegiatan konsumsi. Apabila suatu kebutuhan
tidak mendesak, kita sebaiknya menyisihkan uang untuk ditabung. Berikut
beberapa contoh kegiatan konsumsi.
![]() |
https://hypeabis.id/assets/content/2023081416313100000020230814160545portraitstudentchildgirlstudyinglibrary11.jpg |
![]() |
https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/articles/116293_2-3-2021_13-44-49.png |
![]() |
https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/articles/75168_6-11-2020_5-50-32.jpeg |
Ayo Jawab Kuis
Bagaimana caramu menghemat dalam melakukan kegiatan konsumsi?
4. Menghargai Produk Buatan Dalam
Negeri
Negara Indonesia memproduksi berbagai
barang kebutuhan sehari-hari. Kualitas barang buatan dalam negeri juga tidak
kalah dengan negara lain. Banyak barang buatan dalam negeri dijual (ekspor) ke
luar negeri. Contohnya adalah hasil kerajinan tangan, pakaian, tas, dan sepatu.
Sebagai bangsa Indonesia, kita harus
bangga dan mencintai produk dalam negeri. Bangga dan mencintai produk dalam
negeri juga merupakan wujud menghargai para produsen yang sudah membantu
terpenuhinya kebutuhan.
Menghargai produk buatan dalam negeri
dapat ditunjukkan melalui cara-cara berikut.
a. Menggunakan barang buatan dalam
negeri sesuai kebutuhan agar mendapatkan manfaat yang maksimal.
b. Menyimpan barang dengan baik
setelah selesai digunakan agar tidak mudah rusak.
c. bahan baku dari dalam negeri untuk
menghasilkan barang kebutuhan.
d. Memuji kualitas barang dalam
negeri. Jika kualitasnya kurang bagus, kita sebaiknya tidak menghina atau
menjelekkan.
e. Mengenalkan barang buatan dalam
negeri ke wisatawan mancanegara yang sedang mengunjungi Indonesia.
Ayo Berlatih
1. Perhatikan gambar-gambar berikut.
Setelah itu, kerjakan soal-soalnya.
![]() |
https://nibble-images.b-cdn.net/nibble/original_images/41942938_1102154363292948_7216876741243320763_n.jpg |
Kegiatan ekonomi yang dilakukan: …………………………………………..
Sebutan untuk orang yang melakukan
kegiatan tersebut: …………………….
Manfaat kegiatan ekonomi tersebut
bagi masyarakat: ………………………..
Kegiatan ekonomi yang dilakukan: …………………………………………...
Sebutan untuk orang yang melakukan
kegiatan tersebut: ……………………..
Manfaat kegiatan ekonomi tersebut
bagi masyarakat: ………………………...
2. Perhatikan skema gambar berikut.
![]() |
https://villagerspost.com/wp-content/uploads/2017/04/nelayan-wwf.jpg |
![]() |
https://infopublik.id/resources/album/mei-2019/PENJUAL_IKAN.JPG |
![]() |
https://akcdn.detik.net.id/visual/2020/02/11/275dfb2d-9dbb-4aa7-91e4-ac7bba032262_169.jpeg?w=720&q=90 |
a. Tulislah proses kegiatan ekonomi
yang dilakukan pada gambar.
b. Bagaimana cara menghargai usaha
ekonomi yang terlibat dalam proses tersebut?
3. Ibu membuka usaha rumah makan.
Saat memasak, ibu kehabisan garam. Ibu meminta Ayu membelikan garam di warung.
a. Siapakah yang berperan sebagai
produsen?
b. Apa kegiatan ekonomi yang
dilakukan oleh Ayu?
c. Berdasarkan kegiatan ekonomi yang
dilakukan, apa sebutan untuk Ayu?
Kegiatan
Membuat Mind Map Proses Kegiatan Ekonomi yang Ada di Lingkungan Sekitar
Ayo, membuat proses suatu kegiatan
ekonomi dalam bentuk mind map. Mind map adalah cara menghubung-hubungkan
berbagai konsep atau gagasan dengan cara yang kreatif.
1. Bentuklah kelompok yang terdiri
atas empat siswa.
2. Siapkan karton, gunting, lem, dan
alat tulis, dan alat mewarnai.
3. Pilihlah satu barang dalam negeri yang menjadi komoditas ekspor Indonesia. Misalnya, kerajinan dari eceng gondok. Setiap kelompok memilih jenis barang yang berbeda.
4. Carilah inforasi mengenai proses
produksi barang tersebut hingga pendistribusiannya ke luar negeri. Kalian dapat
mencari informasi di buku, koran, majalah, atau internet. Mintalah bimbingan
orang tua saat menggunakan internet.
5. Sajikan informasi yang kalian
peroleh dalam bentuk mind map. Kalian dapat memberikan gambar yang sesuai.
Potong dan tempelkan gambar pada karton.
6. Tulislah informasi mengenai proses
kegiatan ekonomi barang tersebut di bawah gambar. Tulislah juga pihak-pihak
yang berperan dalam proses kegiatan ekonomi tersebut. Misalnya, perajin,
pedagang kerajinan, dan kurir pengantar kerajinan. Tulislah penjelasan secara
singkat menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
7. Hubungkan setiap proses kegiatan
ekonomi hingga menjadi mind map yang menarik. Hiaslah mind map semenarik
mungkin.
8. Setelah selesai, presentasikan
mind map kalian di depan kelas.
Diskusi
1. Apa saja peran setiap kegiatan
ekonomi dalam proses yang kalian amati?
2. Di antara kegiatan ekonomi yang
kalian amati, manakah yang berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan
masyarakat?
3. Bagaimana cara kalian menghargai
orang-orang yang berperan dalam kegiatan ekonomi tersebut?
B. Jenis-Jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi di Indonesia
Kebutuhan hidup yang beragam mendorong manusia melakukan berbagai usaha
ekonomi. Jenis-jenis usaha ekonomi yang dilakukan oleh manusia, antara lain
kegiatan agraris, industri, dan perdagangan. Biasanya, usaha ekonomi yang
dilakukan disesuaikan dengan kondisi alam sekitar. Hal itu karena, manusia
memanfaatkan sumber daya alam di sekitar dalam usaha ekonomi yang dilakukan.
1. Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di Masyarakat
a. Usaha Agraris
a.
Agraris merupakan usaha yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap alam. Usaha agraris memanfaatkan tanah dalam kegiatannya, seperti lahan sawah, kebun, dan hutan. Hasil dari usaha agraris dapat dimanfaatkan secara langsung ataupun sebagai bahan baku industri. Jenis usaha agraris meliputi kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perhutanan.
![]() |
https://assets.corteva.com/is/image/Corteva/ar3-25jan21?$image_desktop$ |
Pertanian menghasilkan beras, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Pertanian biasanya dilakukan di dataran rendah dengan memanfaatkan lahan persawahan.
![]() |
https://cdn1-production-assets-kly.akamaized.net/medias/865355/big/090930600_1430371970-pemetik_teh.jpg |
Perkebunan menghasilkan teh, kopi, minyak sawit, kina, dan kakao. Perkebunan banyak terdapat di dataran tinggi yang udaranya sejuk.
![]() |
https://img2.beritasatu.com/cache/beritasatu/960x620-3/1671571854_1080x720.jpeg |
Peternakan hewan ternak untuk menghasilkan telur, daging, susu, dan kulit. Peternakan hewan banyak terdapat di dataran tinggi yang sejuk.
![]() |
https://img2.beritasatu.com/cache/beritasatu/960x620-3/1457705135.jpg |
Perhutanan menghasilkan kayu dan non kayu. Hasil nonkayu berupa madu
hutan dan getah karet. Perhutanan banyak terdapat di dataran rendah.
b. Usaha industry
Industri adalah usaha menambah nilai guna suatu bahan mentah atau bahan baku menjadi barang jadi untuk memperoleh keuntungan. Usaha industri dapat dilakukan secara sederhana di rumah ataupun secara besar-besaran di pabrik. Usaha industri memanfaatkan bahan mentah yang berasal dari usaha agraris. Contoh industri yang memanfaatkan usaha agraris adalah industri pabrik susu.
Selain susu, usaha industri juga menghasilkan barang kebutuhan lainnya
seperti makanan instan, pakaian, kendaraan, mebel, elektronik, dan bahan
bangunan. Industri dapat menghasilkan barang kebutuhan dengan cepat dan dalam
jumlah besar.
![]() |
https://media.istockphoto.com/id/1069875986/id/foto/peralatan-di-pabrik-susu.jpg?s=612x612&w=0&k=20&c=PmrgnRKqVvZ9XkuGQ7QnH7W5P_SGRwpnld3Je5d5cJ4= |
c. Usaha perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan membeli suatu barang atau jasa untuk kemudian dijual kembali. Orang yang melakukan usaha ini disebut pedagang. Usaha perdagangan memenuhi kebutuhan barang dan jasa masyarakat.
1) Barang
Perdagangan barang dilakukan oleh pedagang besar, pedagang kecil, serta pedagang eceran di warung ataupun toko. Pedagang biasanya membeli barang untuk dijual kembali kepada orang lain.
Contoh barang yang diperdagangkan, antara lain bahan pangan, pakaian, perabot rumah tangga, perlengkapan sekolah, elektronik, kendaraan, tanah, dan rumah.
2) Jasa
Perdagangan jasa tidak dapat dilihat wujudnya, tetapi dapat dirasakan
manfaatnya. Berikut beberapa contoh usaha jasa.
Bidang Jasa |
Pihak yang
Melakukan |
Kesehatan |
Dokter, bidan, perawat, dan psikiater |
Angkutan dan transportasi |
Sopir dan Perusahaan angkutan barang (ekspedisi) |
Keamanan |
Satpam, hansip, pengawal pribadi. |
Pendidikan |
Guru, dosen, pegawai les. |
Ayo Jawab Kuis
Bu Rina adalah seorang dokter gigi yang membuka praktik di rumah.
1. Bidang pelayanan apa saja yang dilakukan Ibu Rina?
2. Apa kelebihan dari usaha milik Bu Rina?
3. Apa kekurangan dari usaha milik Bu Rina?
2. Pengelolaan Usaha Ekonomi
Usaha yang ada di masyarakat dikelola secara perseorangan atau kelompok. Berikut uraian mengenai pengelolaan usaha di masyarakat.
a. Usaha perseorangan
Usaha perseorangan dimiliki dan dikelola oleh satu orang. Berikut
kelebihan dan kekurangan dari usaha perseorangan.
Kelebihan Usaha
Perseorangan |
Kekurangan Usaha
Perseorangan |
a. Pemilik dapat mengembangkan usaha sesuai
kemampuan dan keinginan. b. Keuntungan usaha dapat dinikmati sendiri. c. Pengambilan keputusan dapat dilakukan secara
cepat. |
a a . Modal usaha terbatas. b. Kreativitas terbatas. c. Risiko dan kerugian usaha ditanggung sendiri oleh
pemilik. |
Berikut bentuk usaha perseorangan yang ada di masyarakat.
1) Usaha agraris dilakukan oleh petani, peternak, dan pemilik perkebunan.
2) Usaha industri dilakukan oleh pemilik industri batik, pemilik pabrik sepatu, dan pemilik pabrik makanan kaleng.
3) Usaha perdagangan dilakukan oleh pemilik toko, warung, supermarket,
pedagang keliling, montir, sopir, dokter, dan pilot.
![]() |
https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/750x500/webp/photo/2023/06/18/Langkah-pertama-yang-dilakukan-sebelum-mengukir-kayu-adalah-562367511.jpg |
b. Usaha kelompok
Usaha kelompok dimiliki dan dikelola lebih dari satu orang. Kelebihan dan
kekurangan usaha kelompok adalah sebagai berikut.
Kelebihan Usaha
Kelompok |
Kekurangan Usaha
Kelompok |
a. Modal lebih banyak karena berasal dari beberapa
orang yang mengelola usaha.
b. Risiko dan kerugian usaha ditanggung bersama.
c. Ide dan kemampuan mengembangkan usaha lebih
banyak. |
a. Keuntungan dibagi dengan pemilik modal lainnya.
b. Pengambilan keputusan harus sesuai dengan
kesepakatan bersama.
c. Kelangsungan usaha tidak menentu karena rawan
adanya perbedaan pendapat antarpemilik modal. |
Berikut beberapa contoh usaha kelompok yang ada di Indonesia.
1) Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschaap/CV)
CV merupakan usaha yang didirikan dan dikelola oleh beberapa orang. CV terdiri atas anggota aktif dan anggota pasif. Anggota aktif adalah anggota yang menanamkan modal dan ikut menjalankan usaha. Anggota pasif adalah anggota yang hanya menanamkan modal.
2) Perseroan Terbatas (PT)
PT memiliki modal yang berasal dari penjualan saham. Saham merupakan surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan perusahaan. Saham dapat diperjualbelikan kepada orang lain. Pemilik PT yang juga merupakan pemilik saham, memiliki tanggung jawab terbatas terhadap perusahaan. Artinya, tanggung jawab pemilik hanya sebatas pada modal yang disetorkan.
Keuntungan yang diperoleh pemilik saham bergantung pada banyaknya saham yang dimiliki. Jika PT memiliki utang, hanya kekayaan milik PT yang dapat dijadikan sebagai jaminan. Kekayaan pribadi pemilik saham tidak dapat dijadikan jaminan atas utang PT.
![]() |
https://www.astra-agro.co.id/wp-content/uploads/2021/03/WhatsApp-Image-2021-03-26-at-14.55.27-1124x562.jpeg |
3) Koperasi
Koperasi merupakan usaha bersama yang beranggotakan perorangan atau badan hukum atas asas kekeluargaan. Koperasi memiliki modal yang berasal dari simpanan pokok dan simpanan wajib para anggota. Simpanan pokok dibayarkan pada awal menjadi anggota koperasi. Simpanan wajib dibayarkan setiap bulan. Modal koperasi juga dapat berasal dari pinjaman para anggota ataupun dari bank.
Pendirian koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan ikut membangun sistem perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Pancasila merupakan landasan idiil koperasi Indonesia.
![]() |
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/db/Mohammad_Hatta%2C_Pekan_Buku_Indonesia_1954%2C_p242.jpg |
Rapat anggota adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Rapat anggota memiliki hak untuk meminta keterangan dan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas mengenai pengelolaan koperasi. Rapat anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam satu tahun. Contoh koperasi adalah Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Koperasi Sekolah.
4) Firma (Fa)
Firma merupakan usaha yang para pendirinya sudah saling mengenal dan percaya. Usaha firma dijalankan oleh para anggotannya. Oleh sebab itu, semua risiko usaha ditanggung bersama oleh seluruh anggota. Contoh usaha firma adalah firma hukum.
3. Menghargai Usaha Orang Lain
Manusia melakukan berbagai usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang membuka usaha sendiri. Ada juga yang bekerja kepada orang lain atau di perusahaan. Setiap usaha yang dilakukan oleh seseorang memberikan manfaat bagi orang lain. Oleh sebab itu, kita harus menghargai setiap usaha yang dilakukan.
Berikut cara menghargai usaha orang lain yang sebaiknya kita lakukan.
a. Menghargai
pedagang, caranya dengan membayar barang atau jasa sesuai harga yang
ditetapkan. Kita juga dapat melakukan tawar- menawar harga barang.
b. Menghargai jasa transportasi angkutan umum caranya dengan membayar sesuai tarif yang berlaku.
c. Menghargai petugas kebersihan, caranya dengan membuang sampah pada tempatnya dan ikut menjaga kebersihan sekitar.
d. Menghargai petugas perpustakaan, caranya dengan mengembalikan buku yang kita pinjam tepat waktu dan tidak merusak buku yang dipinjam.
e. Menghargai perajin produk dalam negeri, caranya dengan menggunakan,
merawat, dan mengenalkan produk kepada masyarakat mancanegara.
![]() |
https://img.jurnaljabar.id/img/content/2019/01/08/1667/pedagang-pasar-mengeluh-harga-tidak-menentu-cZwp0f6W5j.jpg |
Ayo Jawab Kuis
1. Apa saja barang kebutuhan yang disediakan pada Koperasi Unit Desa (KUD)?
2. Menurutmu, apa manfaat dari adanya KUD bagi petani?
3. Mengapa kita harus menghargai usaha yang dilakukan oleh orang lain?
4. Tulislah tiga caramu menghargai para pedagang di kantin.
Ayo Berlatih
1. Perhatikan gambar berikut. Kerjakan soal-soal yang diberikan.
![]() |
https://cdn.antaranews.com/cache/1200x800/2018/03/Getah_karet_mentah.jpg |
a. Menurutmu, apa jenis usaha ekonomi yang dilakukan pada gambar?
b. Apa nama hasil usaha yang ditunjukkan pada gambar?
c. Bagaimana masyarakat memanfaatkan hasil usaha tersebut?
2. Bu Santi memiliki sebuah Perseroan Terbatas (PT). Bu Santi ingin mengembangkan usaha miliknya. Ia membutuhkan tambahan modal.
a. Menurutmu, apa yang harus dilakukan oleh Bu Santi untuk menambah modal usaha?
b. PT milik Bu Santi memiliki utang. Apa saja yang dapat Bu Santi gunakan untuk melunasi utangnya?
3. Perhatikan kedua gambar berikut.
![]() |
https://gardarevolusi.tv/image/IMG_20221214_181907_424-9SlXtO2wfE.jpg |
![]() |
https://www.ptsansan.co.id/wp-content/uploads/2021/10/sansan-saudaratex-jaya-artikel-page-memulai-bisnis-pakaian-lebih-baik-makloon-atau-In-House-image-1.png |
a. Apa perbedaan yang kamu temukan pada kedua gambar usaha di atas?
b. Apakah ada persamaan di antara kedua usaha tersebut? Jika ada, jelaskan.
c. Tulislah manfaat dari setiap usaha di atas.
4. Pak Dewa memiliki usaha agen perjalanan yang menyediakan fasilitas mengantarkan wisawatan ke berbagai tempat pariwisata di Pulau Bali.
a. Apa bidang jasa dari usaha milik Pak Dewa?
b. Apa bentuk jasa yang diberikan oleh usaha milik Pak Dewa?
c. Jika kamu menjadi pengguna jasa agen perjalanan tersebut, apa manfaat yang akan kamu peroleh?
5. Perhatikan gambar berikut.
![]() |
https://rmol.id/images/berita/normal/2022/06/261054_06014320062022_sariyem.jpeg |
a. Apa usaha ekonomi yang dilakukan pada gambar?
b. Apa jenis usaha di samping berdasarkan cara pengelolaannya?
c. Apa kelebihan dari usaha tersebut?
d. Apa kekurangan dari usaha tersebut?
6. Koperasi adalah salah satu usaha ekonomi yang ada di Indonesia.
a. Apa yang dimaksud dengan koperasi?
b. Bagaimana koperasi memperoleh modal usaha?
c. Apa tujuan pendirian koperasi?
Kegiatan
Melakukan Wawancara dengan Pengurus
Koperasi
Koperasi merupakan salah satu usaha yang membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada koperasi simpan pinjam, koperasi unit desa, koperasi serba usaha, dan koperasi sekolah. Carilah informasi mengenai koperasi yang ada di sekitar dengan melakukan kegiatan berikut.
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima siswa.
2. Kunjungilah koperasi yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggal. Misalnya, koperasi sekolah.
3. Sebelum berkunjung, siapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan kalian ajukan saat wawancara. Tanyakan hal-hal berikut saat kalian melakukan kegiatan wawancara.
a. Sejarah berdirinya koperasi.
b. Tujuan berdirinya koperasi.
c. Sistem kepengurusan koperasi.
d. Barang atau jasa yang tersedia di koperasi.
e. Modal dan cara pengelolaan koperasi.
4. Diskusikan dan susunlah pertanyaan-pertanyaan wawancara.
5. Kunjungi dan temuilah pengurus koperasi yang akan kalian wawancarai. Ajukan pertanyaan-pertanyaan dengan santun dan jelas kepada pengurus koperasi.
6. Catat atau rekamlah wawancara kalian menggunakan ponsel. Merekam hasil wawancara dapat memudahkan kalian mengingat hasil wawancara.
7. Setelah selesai, tulislah hasil wawancara kalian dalam bentuk laporan singkat. Pastikan bahwa laporan kalian mencakup pertanyaan-pertanyaan yang kalian ajukan dalam wawancara.
8. Presentasikan laporan singkat kalian di depan kelas dengan percaya diri.
9. Sampaikan juga manfaat yang kalian rasakan dengan adanya koperasi tersebut.
Diskusi
1. Apa pengaruh adanya koperasi tersebut dalam pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat di sekitar?
2. Apa kelebihan dan kekurangan dari koperasi tersebut?
3. Bagaimana koperasi membagi
keuntungan yang diperoleh?
Latihan Ulangan Bab 8
A.Pilihlah jawaban yang tepat.
Perhatikan gambar beriküt.
![]() |
https://asset-2.tstatic.net/sumsel/foto/bank/images/Elmi-pedagang-sayur-di-Pasar-Setelit-Sako-Perumnas.jpg |
1.Kelebihan dari usaha ekonomi yang dilakukan pada gambar adalah ….
a. modal usaha terbatas
b. mudah mengalami kebangkrutan
c.keuntungan dapat dinikmati sendiri
d. kemampuan mengembangkan usaha terbatas
2. Rina memesan makanan melalui aplikasi daring. Kurir daring mengantarkan makanan dari restoran untuk Rina Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh kurir daring adalah ….
a. koperasi
b. produksi
c. distribusi
d. konsumsi
3. Perhatikan pernyataan pernyataan berikut
(1) Pengambilan keputusan mudah dilakukan.
(2) Keuntungan yang diperoleh pemlilk besar.
(3) Modal usaha sangat banyak.
(4) Kerugian usana dapat dicegah.
Pak Dewa mengelola rumah makan khas Ball. Berdasarkan cara pengelolaannya, kelebihan dari usaha milik Pak Dewa ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
4. Perseroan terbatas memiliki modal usaha yang berasal dari ....
a. penjualan saham
b. simpanan pokok
c. simpanan wajib
d. harta pemilik
5. Berikut ini yang bukan hasil dari usaha agraris adalah ….
a. susu, beras, kopi
b. lina, madu, rotan
c. gerabah, elektronik, pakaian
d. getah karet, telur ayam, kakao
6. Pabrik tekstil menggunakan kapas sebagai bahan baku pembuat pakaian. Bahan baku tersebut merupakan hasil dari usaha ....
a. pertanian
b. peternakan
c. kehutanan
d. perkebunan
7. Perhatikan gambar berikut.
![]() |
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/storage/photos/shares/konten/berita/Strategi%20Kementan%20dalam%20Stabilisasi%20Harga%20Telur%20Ayam%20Ras.jpeg |
Barang kebutuhan di atas merupakan hasil dari usaha ....
a. pertanian
b. peternakan
c. kehutanan
d. perdagangan
8. Perhatikan pernyataan- pernyataan berikut.
1) Mengucapkan terima kasih kepada pelayan restoran.
2) Memberikan Alamat yang jelas kepada kurir pengirim barang
3) Membiarkan pakaian jatuh di lantai took karena merasa tidak menjatuhkannya
4) Membeli banyak barang karena ada diskon.
Sikap menghargai usaha orang lain ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
9. Perhatikan tabel berikut.
No |
Kegiatan Ekonomi |
1 |
Ibu memasarkan kue onde- onde ke pasar. |
2 |
Ayah mengirim pesanan kue onde-onde kepada tetangga. |
3 |
Mia bermain sepeda bersama kakak. |
4 |
Perajin melakukan kreasi terhadap karyanya. |
Kegiatan distribusi ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 4)
10. Eli memiliki uang tabungan. Eli melihat Sari memakai sepatu baru. la juga ingin membeli sepatu seperti miliki Sari. Eli minta dibelikan sepatu kepada ibu. Ibu menolak keinginan Eli karena sepatunya masih bagus. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Eli adalah ….
a. menggunakan uang tabungan untuk membeli sepatu baru
b. merusak sepatu lama agar dibelikan sepatu baru
c. menunda waktu untuk membeli sepatu baru
d. merengek
pada ibu
B. Isilah dengan jawaban yang tepat.
1. Koperasi Unit Desa (KUD) menyediakan kebutuhan yang berupa ....
2. Saat melakukan kegiatan konsumsi, kita mengeluarkan sejumlah .... untuk memperoleh barang kebutuhan.
3. Pemandu wisata merupakan contoh usaha ekonomi di bidang ....
4. Produsen menjual hasil produksi kepada distributor. Selanjutnya, distributor memasarkan hasil produksi tersebut kepada ....
5. Orang tua membelikan kita sepatu. Agar tidak cepat rusak, sepatu
tersebut sebaiknya ....
C. Kerjakan soal-soal berikut.
1. Tulislah tiga contoh kegiatan produksi dalam usaha agraris.
2. Barang buatan dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan barang dari luar negeri. Kita harus bangga menggunakan barang buatan dalam negeri.
a. Mengapa kita harus bangga menggunakan barang buatan dalam negeri?
b. Bagaimana cara kamu menunjukkan rasa kebanggaan terhadap barang buatan dalam negeri?
3. Perhatikan kegiatan ekonomi pada gambar berikut.
![]() |
https://captainfix.co.id/wp-content/uploads/2020/01/jasa-reparasi-servis-dompet-captain-fix-1024x682.jpg |
![]() |
https://lh6.googleusercontent.com/za6GXLWiUm16iSUdpGi5Edh-4osQSJ8VzNXkMEOscrvPUpYTUWxwEP23P9dRmLBaoPLBSuY0GYR56C1VhVpbGXKy9cC4KWMEqNrCdz3jnOgfoZJzEW-ArnhdeNaoM4a1ZEDH1eHN |
![]() |
https://media.suara.com/pictures/970x544/2023/02/20/75013-ketahui-karakteristik-wanita-dari-tas-yang-dipakai.jpg |
a. Manakah gambar yang termasuk kegiatan produksi?
b. Apa jenis kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh gambar B?
c. Apa manfaat yang diperoleh orang pada gambar C?
4. Sekolah umumnya memiliki koperasi sekolah.
a. Apa saja barang kebutuhan yang disediakan oleh koperasi sekolah?
b. Berdasarkan cara pengelolaannya, apa kelebihan dan kekurangan koperasi sekolah?
5. Kurir berperan penting dalam penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.
a. Apa saja kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seorang kurir?
b. Tulislah dua cara konsumen menghargai jasa
kurir.
HOTS
1. Pak Aji memiliki perkebunan tanaman tebu. Perkebunan tebu tersebut menjadi salah satu pemasok bahan baku pembuat gula terbesar ke salah satu pabrik gula pasir di Indonesia.
a. Menurutmu, apa pengaruh perkebunan tebu milik Pak Aji terhadap kegiatan produksi di pabrik gula? Jelaskan.
b. Tulislah pengaruh yang ditimbulkan bagi para konsumen dan pabrik gula tersebut jika Pak Aji berhenti memasok tebu ke pabrik gula.
2. Pak Bayu membeli beberapa buah gerabah dari perajin setempat. Gerabah tersebut kemudian dicat kembali hingga menjadi vas yang indah. Pak Bayu memasarkan vas-vas tersebut melalui tokonya. Banyak wisatawan yang membeli vas tersebut saat mengunjungi toko milik Pak Bayu.
a. Berdasarkan uraian di atas, tentukan kegiatan ekonomi yang dilakukan beserta sebutan untuk orang-orang yang melakukannya.
b. Apa perbedaan dari ketiga kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Pak Bayu? Jelaskan.
c. Jika kamu menjadi wisatawan, bagaimana cara menghargai barang yang dibuat oleh Pak Bayu?
3. Seandainya kamu memiliki sejumlah uang sebagai modal untuk membuka sebuah usaha. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Tulislah rencana usaha ekonomi yang akan kamu lakukan.
b. Apa jenis usaha yang akan kamu pilih, usaha perseorangan atau kelompok? Jelaskan alasanmu.
HOTS
1. Pak Aji memiliki perkebunan tanaman tebu. Perkebunan tebu tersebut menjadi salah satu pemasok bahan baku pembuat gula terbesar ke salah satu pabrik gula pasir di Indonesia.
![]() |
https://asset-a.grid.id/crop/0x0:800x515/x/photo/2023/12/20/manfaat-batang-daun-tebujpg-20231220033711.jpg |
a. Menurutmu, apa pengaruh perkebunan tebu milik Pak Aji terhadap kegiatan produksi di pabrik gula? Jelaskan.
b. Tulislah pengaruh yang ditimbulkan bagi para konsumen dan pabrik gula tersebut jika Pak Aji berhenti memasok tebu ke pabrik gula.
2. Pak Bayu membeli beberapa buah gerabah dari perajin setempat. Gerabah tersebut kemudian dicat kembali hingga menjadi vas yang indah. Pak Bayu memasarkan vas-vas tersebut melalui tokonya. Banyak wisatawan yang membeli vas tersebut saat mengunjungi toko milik Pak Bayu.
a. Berdasarkan uraian di atas, tentukan kegiatan ekonomi yang dilakukan beserta sebutan untuk orang-orang yang melakukannya.
b. Apa perbedaan dari ketiga kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Pak Bayu? Jelaskan.
c. Jika kamu menjadi wisatawan, bagaimana cara menghargai barang yang dibuat oleh Pak Bayu?
3. Seandainya kamu memiliki sejumlah uang sebagai modal untuk membuka sebuah usaha. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Tulislah rencana usaha ekonomi yang akan kamu lakukan.
b. Apa jenis
usaha yang akan kamu pilih, usaha perseorangan atau kelompok? Jelaskan
alasanmu.
AKM Asesmen Kompetensi Minimum
Bacalah teks berikut dengan cermat.
Berubahnya Barang Kebutuhan Siswa saat Pandemi
Pandemi membuat kehidupan masyarakat banyak berubah dalam berbagai aspek. Saat pandemi, berbagai aktivitas di luar ruangan banyak dikurangi bahkan ditiadakan. Salah satunya adalah aktivitas belajar di sekolah. Para siswa melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah. Perubahan ini menyebabkan meningkatnya barang kebutuhan sekolah para siswa.
Sebelum pandemi, siswa belajar bersama di ruang kelas. Barang yang dibutuhkan siswa meliputi buku pelajaran, buku tulis, alat tulis, seragam, dan lain sebagainya. Saat pandemi, siswa belajar secara daring dari rumah. Kondisi ini membuat siswa membutuhkan ponsel sebagai sarana penunjang belajar. Ada siswa yang belajar menggunakan ponsel pribadi. Ada juga siswa yang menggunakan ponsel milik orang tuanya. Pandemi membuat ponsel menjadi kebutuhan penting, karena menjadi sarana siswa memperoleh pengajaran dari guru.
Dokumen penerbit. Erlangga
1. Berdasarkan teks berjudul "Berubahnya Barang Kebutuhan Siswa saat Pandemi", berilah tanda centang (✔) pada informasi yang sesuai teks tersebut.
( ) Penggunaan ponsel untuk belajar daring termasuk kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh siswa.
( ) Selama pandemi, guru memberikan jasanya secara daring kepada para siswa.
( ) Terbatasnya aktivitas saat pandemi dapat mengurangi barang kebutuhan masyarakat.
( ) Sebagai kebutuhan pokok, siswa akan
kesulitan jika tidak memiliki ponsel pribadi selama pandemi.
2. Pilihlah satu jawaban yang benar. Berdasarkan teks berjudul "Berubahnya Kebutuhan Siswa saat Pandemi penyebab ponsel menjadi barang kebutuhan pokok siswa saat pandemi adalah.
a. kondisi belajar di sekolah yang dilakukan secara daring
b. tidak terbatasnya aktivitas selama masa pandemi
c.keinginan siswa mengikuti gaya hidup orang tua
d. berubahnya proses belajar di rumah
3. Apakah kegiatan belajar siswa dapat terganggu jika mereka menggunakan ponsel milik orang tua?
a. Ya
b. Tidak
Alasanmu ……………………………………………………………………………………………………………
4. Berdasarkan teks berjudul "Berubahnya Kebutuhan Siswa saat
Pandemi", apakah pernyataan-pernyataan berikut benar atau salah? Berilah
tanda centang (✔) pada kolom "Benar" atau
"Salah" yang sesuai.
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Kegiatan belajar secara daring merupakan contoh pembatasan aktivitas
saat pandemi. |
|
|
Ponsel menjadi satu-satunya sarana belajar siswa secara daring di rumah |
|
|
Kegiatan belajar secara daring bertujuan untuk memutus penyebaran virus
saat pandemi. |
|
|
Penggunaan ponsel milik orang tua dapat menghemat pengeluaran. |
|
|
5. Tulislah tiga contoh barang kebutuhan yang kamu butuhkan selama
belajar daring di rumah.
Praproyek
Kegiatan Market day
Berbagai kebutuhan dapat dipenuhi melalui kegiatan perdagangan. Ayo, lakukan kegiatan perdagangan bersama teman-teman dan gurumu dalam kegiatan market day. Guru akan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima siswa.
Merancang barang yang akan dijual di market day:
1. Bersama kelompok, diskusikan dan carilah informasi mengenai barang kebutuhan yang akan kalian jual.
2. Kalian dapat memproduksi sendiri barang tersebut atau memperolehnya dari agen penyalur.
3. Tentukan banyak barang yang akan dijual. Buatlah juga rencana perkiraan harga jual barang tersebut.
Merancang denah tempat berjualan dan penyajian di market day:
4. Buatlah denah dan dekorasi tempat berjualan kalian.
5. Buatlah rancangan penyajian barang yang akan dijual semenarik mungkin.
Melakukan kegiatan jual beli di market day
6. Susunlah meja sesuai denah yang kalian siapkan. Siapkan juga dekoras semenarik mungkin. Lakukan kegiatan ini secara gotong royong bersan kelompok.
7. Mulailah kegiatan market day dengan menjual barang yang sudah kal rencanakan.
8. Catatlah hasil penjualan kelompok pada kegiatan market day.
Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:
|
1. Kreatif
2. Bergotong Royong |
Komentar
Posting Komentar