Selasa, 01 Maret 2022 Pembelajaran Daring Kelas 6 SD N 1 Bakauheni

Pendamping Pembelajaran

Pendalaman Materi

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.7 dan 4.7

 

Membandingkan Perkiraan Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks

Informasi yang akan kita dapatkan dapat kita perkirakan sebelum membaca keseluruhan teks. Perkiraan informasi tersebut kita dapatkan dengan mencermati judul teks yang akan diberikan. Setelah membaca keseluruhan isi teks, kita akan mendapatkan informasi sebenarnya yang disampaikan pada teks. Dengan demikian, kita dapat membandingkan persamaan dan perbedaan informasi apa yang kita dapatkan sebelum dan sesudah membaca teks. Informasi tersebut dapat disajikan dalam sebuah bukle atau buku saku.

 

Pendalaman Materi

Muatan PPKn KD 3.2 dan 44,2

 

Hak dan Kewajiban Pelajar sebagai Bagian dari Warga Negara Indonesia

Setiap anak di Indonesia merupakan warga negara yang berhak memperoleh pendidikan di sekolah. Setiap pelajar berhak mendapat pengajaran dan bersekolah di lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Akan tetapi, untuk mendapatkan hak-hak tersebut, para pelajar juga harus menjalankan kewajiban-kewajibannya, di antaranya sebagai berikut.

1. Belajar dengan giat dan tekun.

2. Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

3. Mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah.

4. Menjaga kebersihan dan kenyamanan di sekolah.

Mengikuti upacara bendera dengan tertib merupakan kewajiban seorang pelajar

Setelah menjalankan kewajiban-kewajiban tersebut, siswa dapat memperoleh haknya, yaitu sebagai berikut.

1. Mendapatkan pengajaran dari guru.

2. Mendapatkan nilai ulangan sesuai usahanya.

3. Menggunakan fasilitas sekolah.

4. Menikmati suasana belajar yang nyaman

Dengan melaksanakan kewajiban sebagai pelajar, kita dapat belajar dengan baik dalam suasana yang nyaman. Tahukah kamu bahwa tidak semua anak di Indonesia dapat menempuh pendidikan? Ada juga pelajar yang harus pergi ke sekolah dengan berjalan kaki menempuh jarak beberapa kilometer. Melihat kondisi itu, kita harus merasa bersyukur dapat belajar di sekolah dengan nyaman. Kita harus berupaya meraih dan meningkatkan prestasi di sekolah.

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Mengapa setiap anak di Indonesia berhak menempuh pendidikan di sekolah?

2. Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban sebelum mendapatkan hak?

3. Tulislah tiga kewajiban seorang pelajar!

4. Tulislah tiga hak seorang pelajar!


Pendalaman Materi

Muatan IPS KD 3.1 dan 4.1

 

Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik

Ayo, ingat kembali mengenai ASEAN! ASEAN merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara. Setiap negara-negara ASEAN memiliki karakteristik alam yang sama. Adanya kesamaan tersebut membuat negara-negara ASEAN tersebut menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, misalnya kerja sama dalam bidang ekonomi dan politik.

A. Bidang Ekonomi

Salah satu tujuan didirikannya ASEAN adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Tujuan ini diwujudkan melalui berbagai kerja sama untuk meningkatkan perekonomian negara-negara anggota serta memperkuat ekonomi regional di kawasan Asia Tenggara. Beberapa contoh kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Penetapan tarif khusus pada perdagangan sesama anggota ASEAN. Kerja sama ini bertujuan untuk        meningkatkan daya saing negara anggota ASEAN dengan negara di luar ASEAN.

2. Mengembangkan bidang pariwisata, perkebunan, dan perikanan di kawasan ASEAN. Kerja sama ini      bertujuan meningkatkan perekonomian dan pendapatan negara negara ASEAN.

3. Pendirian proyek industri. Beberapa negara anggota ASEAN bekerja sama untuk mendirikan pabrik        bersama. Contohnya pabrik urea antara Indonesia dan Malaysia yang didirikan di Aceh dan                    Malaysia. Pabrik mesin diesel di Singapura, serta pabrik pupuk Sriwijaya di Palembang.

4. Mendorong investor (penanam modal) untuk menanamkan modal di negara-negara anggota ASEAN.      Kerja sama ini mendukung pengembangan di sektor ekonomi.

 

B. Bidang Politik

Perdamaian dunia merupakan salah satu tujuan dari pembentukan ASEAN. Tujuan tersebut diwujudkan dalam berbagai kerja sama di bidang politik. Kerja sama dalam bidang politik dilakukan berdasarkan beberapa prinsip, antara lain saling menghormati kemerdekaan dan kedaulatan negara lain, mengakui hak setiap bangsa untuk hidup bebas dari campur tangan negara luar, menyelesaikan perselisihan secara damai, serta tidak mencampuri urusan dalam negeri anggota ASEAN lainnya.

Tujuan dari kerja sama di bidang politik adalah untuk menciptakan stabilitas kawasan. Stabilitas kawasan mendukung pembangunan nasional di negara-negara ASEAN, Beberapa bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang politik antara lain sebagai berikut.

1.    Penandatanganan perjanjian Zona Perdamaian, Kebebasan, dan Netralitas (Zone of Peace, Freedom, and Neutrality/ZOPFAN) pada 27 November 1971 di Kuala Lumpur, Malaysia. Perjanjian ini berisikan keinginan untuk membentuk kawasan Asia Tenggara menjadi kawasan yang damai, bebas, dan netral.

2. Penandatanganan Deklarasi Kesepakatan ASEAN (Declaration of ASEAN Concord) pada 24                  Februari 1976 di Bali. 3. Pembentukan Komunitas Keamanan Politik ASEAN (Asean Political                Security Community/APSC) di Thailand pada 1 Maret 2009. Kerja sama ini bertujuan untuk                    memperkuat solidaritas, kekompakan, dan harmoni ASEAN.


Muatan IPS KD 4.1

Keterampilan Kinerja Produk

Menyajikan Peta Pikiran tentang Kerja Sama Negara-Negara ASEAN

1. Pilihlah dua negara anggota ASEAN.

2. Buatlah peta kerja sama kedua negara tersebut dalam bidang sama ASEAN dalam bidang ekonomi        dan politik. Misalnya, kerja sama antara Singapura dan Filipina.

3. Kamu dapat mencari informasi mengenai kerja sama tersebut di buku, ensiklopedia, majalah, atau         internet. Ingatiah, saat mencari informasi di internet, kamu harus didampingi oleh orang tua atau guru.

4. Buatlah peta kerja sama di selembar kertas HVS. Hiaslah semenarik mungkin.

5. Kamu juga dapat menambahkan gambar sesuai dengan informasi.

6. Bacakan informasi pada peta tersebut di depan kelas dengan percaya diri.


Muatan IPA

Evaluasi Pembelajaran

Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !

1.Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.Mempunyai daun lebar dan tipis

2.Mempunyai batang berduri

3.Mempunyai mahkota bunga yang indah dan berbau harum

4.Berdaun kecil menyerupai duri

Ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar ditunjukkan oleh nomor ….

A.(1) dan (3)

B.(2) dan (3)

C.(3) dan (4)

D.(4) dan (2)

2.Perhatikan kelompok hewan berikut!

(1) Merpati

(2) Ayam

(3) Penyu

(4) Bebek

(5) Buaya

Pengelompokkan hewan di atas dapat dikelompokan berdasarkan ….

A.jenis makanannya

B.tempat hidupnya

C.cara mencari makan

D. cara berkembang biak

3.Perhatikan tabel berikut!

No

Nama Hewan

Jenis Makanan

1.

Harimau

Jagung

2.

Gajah

Rumput

3.

Buaya

Wortel

4.

Serigala

Daging

Pasangan yang benar antara nama hewan dan jenis makanannya ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 2

4.Perhatikan rantai makanan berikut!



Rantai makanan di atas terjadi pada ekosistem ….

A. hutan

B. kebun.

C. sawah

D. sungai

5.Perhatikan gambar di bawah!

Untuk melengkapi rantai makanan tersebut, kotak nomor 1 dan 2 seharusnya diisi oleh ….



A. (1) tikus dan (2) katak

B. (1) ulat dan (2) ular

C. (1) ular dan (2) ulat

D. (1) belalang dan (2) musang

6. Berikut yang merupakan contoh simbiosis komensalisme adalah….

A. benalu menempel pada dahan tumbuhan

B. burung beo makan kutu di tubuh kerbau

C. tanaman sirih merambat pada pohon kelapa

D. tumbuhan tali putri tumbuh di tanaman pagar

7. Perhatikan gambar di bawah !



Tumbuhan tersebut berkembangbiak dengan ….

A. umbi lapis

B. umbi batang

C akar tinggal 

D. geragih

8. Contoh tumbuhan berikui yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif alami adalah ….

A. kentang

B. melati

C. singkong

D. sirih

9. Hewan berikut yang berkembangbiak dengan cara vivivar adalah....

A. kucing dan buaya

B. ayam dan ular

C. paus dan kelelawar

D. kuda dan cicak

10. Tanaman kaktus memiliki batang berdaging dan berkulit tebal yang bertujuan untuk ….

A. mengurangi penguapan

B. melindungi diri

C. menyimpan air

D. menjaga keseimbangan


Komentar