Selasa, 01 Maret 2022 Pembelajaran Daring Kelas 6 SD N 1 Bakauheni
Pendamping Pembelajaran
Pendalaman Materi
Muatan Bahasa Indonesia
KD 3.7 dan 4.7
Membandingkan Perkiraan
Informasi Sebelum dan Sesudah Membaca Teks
Informasi yang akan kita dapatkan dapat kita perkirakan
sebelum membaca keseluruhan teks. Perkiraan informasi tersebut kita dapatkan
dengan mencermati judul teks yang akan diberikan. Setelah membaca keseluruhan
isi teks, kita akan mendapatkan informasi sebenarnya yang disampaikan pada
teks. Dengan demikian, kita dapat membandingkan persamaan dan perbedaan
informasi apa yang kita dapatkan sebelum dan sesudah membaca teks. Informasi
tersebut dapat disajikan dalam sebuah bukle atau buku saku.
Pendalaman Materi
Muatan PPKn KD 3.2 dan
44,2
Hak dan Kewajiban
Pelajar sebagai Bagian dari Warga Negara Indonesia
Setiap anak di Indonesia merupakan warga negara yang berhak
memperoleh pendidikan di sekolah. Setiap pelajar berhak mendapat pengajaran dan
bersekolah di lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Akan tetapi, untuk
mendapatkan hak-hak tersebut, para
pelajar juga harus menjalankan kewajiban-kewajibannya, di antaranya sebagai
berikut.
1. Belajar dengan giat dan tekun.
2. Mengikuti upacara bendera dengan tertib.
3. Mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah.
4. Menjaga kebersihan dan kenyamanan di sekolah.
Mengikuti upacara bendera dengan tertib merupakan kewajiban seorang pelajar |
Setelah menjalankan kewajiban-kewajiban tersebut, siswa dapat memperoleh haknya, yaitu sebagai berikut.
1. Mendapatkan pengajaran dari guru.
2. Mendapatkan nilai ulangan sesuai usahanya.
3. Menggunakan fasilitas sekolah.
4. Menikmati suasana belajar yang nyaman
Dengan melaksanakan kewajiban sebagai pelajar, kita dapat
belajar dengan baik dalam suasana yang nyaman. Tahukah kamu bahwa tidak semua
anak di Indonesia dapat menempuh pendidikan? Ada juga pelajar yang harus pergi
ke sekolah dengan berjalan kaki menempuh jarak beberapa kilometer. Melihat
kondisi itu, kita harus merasa bersyukur dapat belajar di sekolah dengan
nyaman. Kita harus berupaya meraih dan meningkatkan prestasi di sekolah.
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Mengapa setiap anak di Indonesia berhak menempuh
pendidikan di sekolah?
2. Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban sebelum
mendapatkan hak?
3. Tulislah tiga kewajiban seorang pelajar!
4. Tulislah tiga hak seorang pelajar!
Pendalaman Materi
Muatan IPS KD 3.1 dan 4.1
Kerja Sama ASEAN dalam
Bidang Ekonomi dan Politik
Ayo, ingat kembali mengenai ASEAN! ASEAN merupakan organisasi
negara-negara di Asia Tenggara. Setiap negara-negara ASEAN memiliki
karakteristik alam yang sama. Adanya kesamaan tersebut membuat negara-negara
ASEAN tersebut menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, misalnya kerja sama
dalam bidang ekonomi dan politik.
A. Bidang Ekonomi
Salah satu tujuan didirikannya ASEAN adalah mempercepat
pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Tujuan ini diwujudkan melalui berbagai
kerja sama untuk meningkatkan perekonomian negara-negara anggota serta
memperkuat ekonomi regional di kawasan Asia Tenggara. Beberapa contoh kerja
sama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.
1. Penetapan tarif khusus pada perdagangan sesama anggota
ASEAN. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing negara anggota
ASEAN dengan negara di luar ASEAN.
2. Mengembangkan bidang pariwisata, perkebunan, dan perikanan
di kawasan ASEAN. Kerja sama ini bertujuan meningkatkan perekonomian dan
pendapatan negara negara ASEAN.
3. Pendirian proyek industri. Beberapa negara anggota ASEAN
bekerja sama untuk mendirikan pabrik bersama. Contohnya pabrik urea antara
Indonesia dan Malaysia yang didirikan di Aceh dan Malaysia. Pabrik mesin diesel
di Singapura, serta pabrik pupuk Sriwijaya di Palembang.
4. Mendorong investor (penanam modal) untuk menanamkan modal
di negara-negara anggota ASEAN. Kerja sama ini mendukung pengembangan di sektor
ekonomi.
B. Bidang Politik
Perdamaian dunia merupakan salah satu tujuan dari pembentukan ASEAN. Tujuan tersebut diwujudkan dalam berbagai kerja sama di bidang politik. Kerja sama dalam bidang politik dilakukan berdasarkan beberapa prinsip, antara lain saling menghormati kemerdekaan dan kedaulatan negara lain, mengakui hak setiap bangsa untuk hidup bebas dari campur tangan negara luar, menyelesaikan perselisihan secara damai, serta tidak mencampuri urusan dalam negeri anggota ASEAN lainnya.
Tujuan dari kerja sama di bidang politik adalah untuk menciptakan stabilitas kawasan. Stabilitas kawasan mendukung pembangunan nasional di negara-negara ASEAN, Beberapa bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang politik antara lain sebagai berikut.
1. Penandatanganan perjanjian Zona
Perdamaian, Kebebasan, dan Netralitas (Zone of Peace, Freedom, and
Neutrality/ZOPFAN) pada 27 November 1971 di Kuala Lumpur, Malaysia. Perjanjian
ini berisikan keinginan untuk membentuk kawasan Asia Tenggara menjadi kawasan
yang damai, bebas, dan netral.
2. Penandatanganan Deklarasi Kesepakatan ASEAN (Declaration
of ASEAN Concord) pada 24 Februari 1976 di Bali. 3. Pembentukan Komunitas
Keamanan Politik ASEAN (Asean Political Security Community/APSC) di Thailand
pada 1 Maret 2009. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat solidaritas,
kekompakan, dan harmoni ASEAN.
Muatan IPS KD 4.1
Keterampilan Kinerja Produk
Menyajikan Peta Pikiran
tentang Kerja Sama Negara-Negara ASEAN
1. Pilihlah dua negara anggota ASEAN.
2. Buatlah peta kerja sama kedua negara tersebut dalam bidang
sama ASEAN dalam bidang ekonomi dan politik. Misalnya, kerja sama antara
Singapura dan Filipina.
3. Kamu dapat mencari informasi mengenai kerja sama tersebut
di buku, ensiklopedia, majalah, atau internet. Ingatiah, saat mencari informasi
di internet, kamu harus didampingi oleh orang tua atau guru.
4. Buatlah peta kerja sama di selembar kertas HVS. Hiaslah
semenarik mungkin.
5. Kamu juga dapat menambahkan gambar sesuai dengan informasi.
6. Bacakan informasi pada peta tersebut di depan kelas dengan
percaya diri.
Muatan IPA
Evaluasi Pembelajaran
Berilah tanda silang
(x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
1.Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.Mempunyai daun lebar dan tipis
2.Mempunyai
batang berduri
3.Mempunyai mahkota bunga yang indah dan berbau harum
4.Berdaun kecil menyerupai duri
Ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar ditunjukkan oleh
nomor ….
A.(1) dan (3)
B.(2) dan (3)
C.(3) dan (4)
D.(4) dan (2)
2.Perhatikan kelompok hewan berikut!
(1) Merpati
(2) Ayam
(3) Penyu
(4) Bebek
(5) Buaya
Pengelompokkan hewan di atas dapat dikelompokan berdasarkan
….
A.jenis makanannya
B.tempat hidupnya
C.cara mencari makan
D. cara berkembang biak
3.Perhatikan tabel berikut!
No |
Nama
Hewan |
Jenis
Makanan |
1. |
Harimau |
Jagung |
2. |
Gajah |
Rumput |
3. |
Buaya |
Wortel |
4. |
Serigala |
Daging |
Pasangan yang benar antara nama hewan dan jenis makanannya
ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 2
4.Perhatikan rantai makanan berikut!
Rantai makanan di atas terjadi pada ekosistem ….
A. hutan
B. kebun.
C. sawah
D. sungai
5.Perhatikan gambar di bawah!
Untuk melengkapi rantai makanan tersebut, kotak nomor 1 dan 2
seharusnya diisi oleh ….
A. (1) tikus dan (2) katak
B. (1) ulat dan (2) ular
C. (1) ular dan (2) ulat
D. (1) belalang dan (2) musang
6. Berikut yang merupakan contoh simbiosis komensalisme
adalah….
A. benalu menempel pada dahan tumbuhan
B. burung beo makan kutu di tubuh kerbau
C. tanaman sirih merambat pada pohon kelapa
D. tumbuhan tali putri tumbuh di tanaman pagar
7. Perhatikan gambar di bawah !
Tumbuhan tersebut berkembangbiak dengan ….
A. umbi lapis
B. umbi batang
C akar tinggal
D. geragih
8. Contoh tumbuhan berikui yang dapat dikembangbiakkan dengan
cara vegetatif alami adalah ….
A. kentang
B. melati
C. singkong
D. sirih
9. Hewan berikut yang berkembangbiak dengan cara vivivar
adalah....
A. kucing dan buaya
B. ayam dan ular
C. paus dan kelelawar
D. kuda dan cicak
10. Tanaman kaktus memiliki batang berdaging dan berkulit
tebal yang bertujuan untuk ….
A. mengurangi penguapan
B. melindungi diri
C. menyimpan air
D. menjaga keseimbangan
Komentar
Posting Komentar