Selasa, 15 Februari 2022 Pembelajaran Daring Kelas 6 SDN 1 Bakauheni
Pendamping Pembelajaran
P endalaman Materi
Muatan PPKn KD 3.1 dan 4.1
Sikap yang Harus Dimiliki oleh
Pemimpin
Kita tentu banyak
melihat pemimpin di sekitar kita. Ada presiden yang memimpin negara, ada kepala
sekolah yang memimpin sebuah sekolah, ada juga ayah atau ibu yang memimpin
sebuah keluarga. Seorang pemimpin yang baik harus dapat menyatukan anggotanya,
serta menyatukan aspirasi orang yang dipimpinnya. Dengan begitu, perpecahan
dapat dihindarkan.
Seorang pemimpin harus memiliki sikap kepemimpinan |
Berikut adalah sikap-sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik.
1. Jujur dalam menjalankan
kepemimpinannya.
2. Mampu bersikap tegas jika ada
anggotanya yang melakukan tindakan tidak disiplin.
3. Bertanggung jawab terhadap
kesejahteraan anggota yang dipimpinnya.
4. Mampu bersikap tenang meskipun
berada di bawah tekanan.
5. Mampu mengarahkan anggota untuk
mencapai tujuan bersama.
6. Mau
menerima kritik dan saran dari anggota yang dipimpinnya.
7. Mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari sehingga menjadi teladan yang baik bagi anggotanya.
Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus berusaha untuk memiliki sikap-sikap tersebut. Di kelasmu, tentu ada ketua kelas. Ketua kelas biasanya dipilih oleh guru beserta para siswa di kelas tersebut. Seseorang yang dipilih menjadi ketua kelas dinilai memiliki sikap kepemimpinan, baik oleh guru maupun oleh teman-teman sekelasnya. Dengan memilih pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, maka diharapkan kesejahteraan anggotanya dapat terpenuhi. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki sikap-sikap kepemimpinan.
Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari
Gotong royong berarti masyarakat bekerja sama saling membantu untuk mencapai suatu tujuan tertentu demi kepentingan bersama. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia terbiasa bergotong royong dalam menyelesaikan masalah. Masyarakat bergotong royong secara sukarela dan tanpa mengharapkan imbalan. Oleh karena itu, dalam gotong royong diperlukan semangat kekeluargaan karena didasari oleh kepedulian terhadap sesama. Gotong royong yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan ini sesuai dengan butir-butir Pancasila sila kelima yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".
Berikut adalah contoh penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
1. Bekerja bakti dalam membersihkan lingkungan sekitar.
2. Bersama-sama membangun pos ronda.
3. Bersama-sama menyiapkan acara peringatan hari kemerdekaan
Indonesia.
4. Bersama-sama membangun jembatan.
5. Bersama-sama membersihkan lingkungan setelah tertimpa
bencana.
Dalam bergotong royong, masyarakat Indonesia tidak memandang
perbedaan, baik suku bangsa, budaya, maupun agama. Semua bersatu demi
tercapainya kesejahteraan bersama, dengan semangat kekeluargaan.
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal berikut!
1. Tuliskan tiga sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik!
2.
Mengapa kita harus memilih pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan?
3. Apa
manfaat Jika pemimpin kita memiliki sikap kepemimpinan yang baik?
4. Tuliskan tiga contoh sikap kepemimpinan yang dapat kamu
temukan di lingkungan sekitarmu!
5. Mengapa gotong royong dianggap sebagai ciri khas bangsa
Indonesia?
6. Mengapa semangat gotong rotong dapat meningkatkan
persatuan dan solidaritas masyarakat Indonesia?
7. Tuliskan contoh penerapan gotong royong yang pernah kamu
lakukan dalam kehidupan sehari-hari!
Pendalaman Materi
Muatan Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3
Pesan dalam Pidato Kepemimpinan
Salah satu sikap pemimpin adalah kemampuannya dalam
berpidato. Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan yang bertujuan
untuk menyampaikan pesan kepada pendengar. Ketika mendengarkan pidato, audiensi
harus mampu menyimpulkan isi pesan yang terkandung di dalam pidato.
Pesan yang disampaikan dalam pidato ada yang disampaikan
secara langsung dan tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung
misalnya dalam bentuk ajakan dan imbauan. Pesan yang disampaikan secara tidak
langsung biasanya dalam bentuk pernyataan tersirat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat
menyimpulkan pesan pidato adalah sebagai berikut.
1. Pesan harus mencakup isi pidato yang disampaikan.
2. Pesan bukanlah ringkasan pidato, tetapi berupa penafsiran
pendengar terhadap hal-hal yang disampaikan oleh orator ketika berpidato.
Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Pidato
Ayo, ingat kembali tentang teks pidato! Teks pidato adalah
teks yang berisi ajakan. Dalam menyusun teks pidato, kita harus menentukan
dahulu topik yang akan dibahas. Topik tersebut dapat disebut gagasan pokok.
Gagasan pokok adalah masalah dasar yang menjadi ide sebuah tulisan atau cerita.
Selain gagasan pokok, pidato juga harus mempunyai tema, tujuan, dan pesan.
Penyampaian pidato harus sesuai dengan ketiga hal tersebut agar tepat sasaran.
Jika seseorang sedang
berpidato, sebaiknya kita menyimak dengan baik. Dengan menyimak secara saksama,
kita dapat mengetahui hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato.
Cara menyimak yang baik adalah sebagai berikut :
1. Fokus terhadap isi pidato.
2. Mendengarkan pidato yang
disampaikan
3. Mencatat hal-hal penting dalam
pidato.
4. Menuliskan kesimpulan dalam pidato.
Ayo Berlatih
Bacalahlah teks pidato yang akan dibawah ini dan jawablah soal-soal
di bawahnya!
Assalamu 'alaikum wr.
wb.
Anak-anakku yang Ibu
sayangi.
Pertama, marilah kita
panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Anak-anakku, kalian merupakan generasi penerus bangsa. Pada pundak kalianlah, bangsa Indonesia berharap. Bangsa Indonesia berharap kalian dapat melanjutkan pembangunan. Salah satu faktor keberhasilan pembangunan adalah adanya jiwa kepemimpinan pada setiap diri kalian. Oleh karena itu, kalian haruslah memupuk jiwa kepemimpinan sejak dini. Pemimpin pada dasarnya merupakan seseorang yang mempunyai peranan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya.
Siapakah yang pantas menjadi seorang pemimpin? Ya! Semua orang berhak menjadi pemimpin, termasuk kalian. Kalian dapat menjadi pemimpin jika kalian disiplin, saling bekerja sama dan toleransi, bertanggung jawab, supel, bijaksana, dan konsisten.
Mulailah periksa diri,
tinggalkan segala perbuatan yang akan membawa kalian dalam kehidupan masa depan
yang suram. Mari mulai perbaiki diri untuk menuju masa depan cemerlang.
Demikian yang dapat
Ibu sampaikan. Atas perhatiannya, Ibu ucapkan terima kasih. Wassalamu 'alaikum
wr. wb.
1. Siapa yang dimaksud generasi
penerus bangsa pada pidato tersebut?
2.
Tuliskan informasi yang ada dalam teks pidato yang sudah kamu simak!
3.
Tuliskan pesan dalam pidato tersebut!
Pendalaman Materi
Muatan IPS KD 3.3 dan 4.3
Kerjasama Negara-negara Asia Tenggara di Bidang Pendidikan
Banyak program yang
dilakukan oleh negara-negara ASEAN sebagai bentuk kerjasama di bidang
pendidikan. Salah satunya adalah pertukaran guru dan siswa. Selain pertukaran
guru dan siswa, negara-negara ASEAN juga
melakukan beberapa kerja sama yang memiliki peran dan fungsi sebagai berikut :
1. Deklarasi kerja
sama pendidikan yang bertujuan mencapai masyarakat ASEAN yang peduli terhadap
pendidikan. Jumlah anak yang putus sekolah di beberapa negara ASEAN masih
tinggi. Deklarasi ini mengajak negara anggota ASEAN untuk bersama sama
mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, deklarasi ini juga berfungsi
sebagai pendorong penyediaan sarana pendidikan dan tenaga pendidik yang
memadai. Jika sarana dan tenaga pendidikan sudah memadai, kesejahteraan
masyarakat pun dapat tercapai.
2. Pelaksanaan program
pertukaran pelajar se-ASEAN. Program ini berperan meningkatkan daya saing siswa
dalam bidang pendidikan, karena hanya siswa-siswa berprestasi yang dapat
mengikuti program tersebut. Kerja sama ini juga mendorong berkembangnya wawasan
dan pengalaman para pelajar terhadap ragam budaya di ASEAN.
3. Kerja sama di
bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerja sama ini diwujudkan melalui
kegiatan penelitian bersama.
4. Kerja sama untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dengan
masyarakat dunia.
Indonesia merupakan negara yang turut
berperan aktif dalam kerja sama di bidang pendidikan. Beberapa peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan
adalah sebagai berikut:
1. Mendukung program pertukaran pelajar
dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar berprestasi. Indonesia juga
mengundang beberapa pelajar negara lain untuk belajar berbagai budaya
Indonesia.
2. Menyediakan sarana pendidikan yang
memadai untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pelajar Indonesia.
3. Menyusun kurikulum pendidikan yang
berlandaskan pada perdamaian dunia, menghargai Hak Asasi Manusia (HAM), serta
prinsip demokrasi. Penyusunan kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan
generasi muda yang menghargai persamaan HAM dan demokrasi.
4. Kerja sama dengan negara lain untuk
mengembangkan ilmu pengetahuan atau teknologi yang dimiliki.
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal berikut!
1. Apa peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan?
2. Apa pengaruh kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan bagi Indonesia?
3. Tuliskan tiga contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan yang kamu ketahui!
Komentar
Posting Komentar