Selasa, 15 Februari 2022 Pembelajaran Daring Kelas 6 SDN 1 Bakauheni

 Pendamping Pembelajaran

 P endalaman Materi

 Muatan PPKn KD 3.1 dan 4.1

 

Sikap yang Harus Dimiliki oleh Pemimpin

Kita tentu banyak melihat pemimpin di sekitar kita. Ada presiden yang memimpin negara, ada kepala sekolah yang memimpin sebuah sekolah, ada juga ayah atau ibu yang memimpin sebuah keluarga. Seorang pemimpin yang baik harus dapat menyatukan anggotanya, serta menyatukan aspirasi orang yang dipimpinnya. Dengan begitu, perpecahan dapat dihindarkan.


Seorang pemimpin harus memiliki sikap kepemimpinan


Berikut adalah sikap-sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik.

1. Jujur dalam menjalankan kepemimpinannya.

2. Mampu bersikap tegas jika ada anggotanya yang melakukan tindakan tidak disiplin.

3. Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan anggota yang dipimpinnya.

4. Mampu bersikap tenang meskipun berada di bawah tekanan.

5. Mampu mengarahkan anggota untuk mencapai tujuan bersama.

6. Mau menerima kritik dan saran dari anggota yang dipimpinnya.

7. Mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi teladan yang baik bagi anggotanya.

 

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus berusaha untuk memiliki sikap-sikap tersebut. Di kelasmu, tentu ada ketua kelas. Ketua kelas biasanya dipilih oleh guru beserta para siswa di kelas tersebut. Seseorang yang dipilih menjadi ketua kelas dinilai memiliki sikap kepemimpinan, baik oleh guru maupun oleh teman-teman sekelasnya. Dengan memilih pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, maka diharapkan kesejahteraan anggotanya dapat terpenuhi. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki sikap-sikap kepemimpinan.


         Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari

Gotong royong berarti masyarakat bekerja sama saling membantu untuk mencapai suatu tujuan tertentu demi kepentingan bersama. Gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia terbiasa bergotong royong dalam menyelesaikan masalah. Masyarakat bergotong royong secara sukarela dan tanpa mengharapkan imbalan. Oleh karena itu, dalam gotong royong diperlukan semangat kekeluargaan karena didasari oleh kepedulian terhadap sesama. Gotong royong yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan ini sesuai dengan butir-butir Pancasila sila kelima yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". 

Berikut adalah contoh penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Bekerja bakti dalam membersihkan lingkungan sekitar.

2. Bersama-sama membangun pos ronda.

3. Bersama-sama menyiapkan acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

4. Bersama-sama membangun jembatan.

5. Bersama-sama membersihkan lingkungan setelah tertimpa bencana.

Dalam bergotong royong, masyarakat Indonesia tidak memandang perbedaan, baik suku bangsa, budaya, maupun agama. Semua bersatu demi tercapainya kesejahteraan bersama, dengan semangat kekeluargaan.


Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

 1. Tuliskan tiga sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik!

2. Mengapa kita harus memilih pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan?

3. Apa manfaat Jika pemimpin kita memiliki sikap kepemimpinan yang baik?

4. Tuliskan tiga contoh sikap kepemimpinan yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu!

5. Mengapa gotong royong dianggap sebagai ciri khas bangsa Indonesia?

6. Mengapa semangat gotong rotong dapat meningkatkan persatuan dan solidaritas masyarakat Indonesia?

7. Tuliskan contoh penerapan gotong royong yang pernah kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari!


Pendalaman Materi

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3

 

                                        Pesan dalam Pidato Kepemimpinan

Salah satu sikap pemimpin adalah kemampuannya dalam berpidato. Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pendengar. Ketika mendengarkan pidato, audiensi harus mampu menyimpulkan isi pesan yang terkandung di dalam pidato.

Pesan yang disampaikan dalam pidato ada yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Pesan yang disampaikan secara langsung misalnya dalam bentuk ajakan dan imbauan. Pesan yang disampaikan secara tidak langsung biasanya dalam bentuk pernyataan tersirat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyimpulkan pesan pidato adalah sebagai berikut.

 1. Pesan harus mencakup isi pidato yang disampaikan.

2. Pesan bukanlah ringkasan pidato, tetapi berupa penafsiran pendengar terhadap hal-hal yang disampaikan oleh orator ketika berpidato.

Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Teks Pidato

Ayo, ingat kembali tentang teks pidato! Teks pidato adalah teks yang berisi ajakan. Dalam menyusun teks pidato, kita harus menentukan dahulu topik yang akan dibahas. Topik tersebut dapat disebut gagasan pokok. Gagasan pokok adalah masalah dasar yang menjadi ide sebuah tulisan atau cerita. Selain gagasan pokok, pidato juga harus mempunyai tema, tujuan, dan pesan. Penyampaian pidato harus sesuai dengan ketiga hal tersebut agar tepat sasaran.

Jika seseorang sedang berpidato, sebaiknya kita menyimak dengan baik. Dengan menyimak secara saksama, kita dapat mengetahui hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato.

Cara menyimak yang baik adalah sebagai berikut :

1. Fokus terhadap isi pidato.

2. Mendengarkan pidato yang disampaikan

3. Mencatat hal-hal penting dalam pidato.

4. Menuliskan kesimpulan dalam pidato.


Ayo Berlatih

Bacalahlah teks pidato yang akan dibawah ini dan jawablah soal-soal di bawahnya!

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Anak-anakku yang Ibu sayangi.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Anak-anakku, kalian merupakan generasi penerus bangsa. Pada pundak kalianlah, bangsa Indonesia berharap. Bangsa Indonesia berharap kalian dapat melanjutkan pembangunan. Salah satu faktor keberhasilan pembangunan adalah adanya jiwa kepemimpinan pada setiap diri kalian. Oleh karena itu, kalian haruslah memupuk jiwa kepemimpinan sejak dini. Pemimpin pada dasarnya merupakan seseorang yang mempunyai peranan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya.

 Siapakah yang pantas menjadi seorang pemimpin? Ya! Semua orang berhak menjadi pemimpin, termasuk kalian. Kalian dapat menjadi pemimpin jika kalian disiplin, saling bekerja sama dan toleransi, bertanggung jawab, supel, bijaksana, dan konsisten.

Mulailah periksa diri, tinggalkan segala perbuatan yang akan membawa kalian dalam kehidupan masa depan yang suram. Mari mulai perbaiki diri untuk menuju masa depan cemerlang.

Demikian yang dapat Ibu sampaikan. Atas perhatiannya, Ibu ucapkan terima kasih. Wassalamu 'alaikum wr. wb.

1. Siapa yang dimaksud generasi penerus bangsa pada pidato tersebut?

  2. Tuliskan informasi yang ada dalam teks pidato yang sudah kamu simak!

  3. Tuliskan pesan dalam pidato tersebut!


Pendalaman Materi

Muatan IPS KD 3.3 dan 4.3

 

Kerjasama Negara-negara Asia Tenggara di Bidang Pendidikan

Banyak program yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN sebagai bentuk kerjasama di bidang pendidikan. Salah satunya adalah pertukaran guru dan siswa. Selain pertukaran guru dan siswa, negara-negara ASEAN juga melakukan beberapa kerja sama yang memiliki peran dan fungsi sebagai berikut :

1. Deklarasi kerja sama pendidikan yang bertujuan mencapai masyarakat ASEAN yang peduli terhadap pendidikan. Jumlah anak yang putus sekolah di beberapa negara ASEAN masih tinggi. Deklarasi ini mengajak negara anggota ASEAN untuk bersama sama mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, deklarasi ini juga berfungsi sebagai pendorong penyediaan sarana pendidikan dan tenaga pendidik yang memadai. Jika sarana dan tenaga pendidikan sudah memadai, kesejahteraan masyarakat pun dapat tercapai.

2. Pelaksanaan program pertukaran pelajar se-ASEAN. Program ini berperan meningkatkan daya saing siswa dalam bidang pendidikan, karena hanya siswa-siswa berprestasi yang dapat mengikuti program tersebut. Kerja sama ini juga mendorong berkembangnya wawasan dan pengalaman para pelajar terhadap ragam budaya di ASEAN.

3. Kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerja sama ini diwujudkan melalui kegiatan penelitian bersama.

4. Kerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dengan masyarakat dunia.

Indonesia merupakan negara yang turut berperan aktif dalam kerja sama di bidang pendidikan. Beberapa peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan adalah sebagai berikut:

1.   Mendukung program pertukaran pelajar dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar berprestasi. Indonesia juga mengundang beberapa pelajar negara lain untuk belajar berbagai budaya Indonesia.

2.      Menyediakan sarana pendidikan yang memadai untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pelajar Indonesia.

3.  Menyusun kurikulum pendidikan yang berlandaskan pada perdamaian dunia, menghargai Hak Asasi Manusia (HAM), serta prinsip demokrasi. Penyusunan kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang menghargai persamaan HAM dan demokrasi.

4.    Kerja sama dengan negara lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau teknologi      yang dimiliki.


Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Apa peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan?

2. Apa pengaruh kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan bagi Indonesia?

3. Tuliskan tiga contoh kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan yang kamu ketahui!

 





 


Komentar