Jum'at, 04 Maret 2022 Pembelajaran Daring Kelas 6 SD N 1 Bakauheni

 Pendalaman Materi

Muatan PPKn KD 3.2 dan 4.2

 

Manfaat Pelaksanaan Kewajiban Pelajar dalam Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Kamu telah mempelajari mengenai hak dan kewajiban seorang pelajar. Kamu juga telah mempelajari hak dan kewajiban terhadap kebersihan lingkungan. Untuk dapat memperoleh hak menikmati sekolah yang bersih dan sehat, seorang pelajar terlebih dahulu harus menjalankan kewajibannya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih. Menjaga kebersihan penting untuk dilakukan karena akan memberikan berbagai manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lingkungan menjadi bersih, sejuk, dan nyaman.

2. Terhindar dari penyakit.

3. Tidak mudah terkena bencana akibat lingkungan kotor (misalnya banjir).

Jika pelajar atau masyarakat tidak menjaga kebersihan lingkungan, akan ada akibat yang dapat ditimbulkan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lingkungan menjadi kotor dan tidak nyaman digunakan untuk beraktivitas.

2. Penduduknya mudah terkena penyakit.

3. Mudah terjadi banjir dan tanah longsor.

Menjalankan kewajiban sebagai pelajar dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya di sekolah, namun juga di rumah dan di lingkungan masyarakat. Jika semua pelajar bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan, Indonesia dapat menjadi negara yang selalu terjaga kebersihannya.

Ayo Berlatih

Wawancarai orang tua di lingkungan sekitar rumahmu. Tanyakan aktivitas yang biasanya dilakukan untuk menjaga kebersihan masing-masing di rumah dan lingkungan sekitar. Tanyakan pula terkait peranmu selama ini dalam aktivitas menjaga kebersihan lingkungan. Berikan kritik serta saran untukmu supaya kebersihan lingkungan dapat tercapai.

No

Di Rumah

Di Lingkungan Sekitar

Peranku

1




2




3




Aktivitas Menjaga Kebersihan

Kritik : ….

Saran : ….

 

Pendalaman Materi

Muatan SBdP KD 3.2 don 4.2

 

Interval Nada G Mayor

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari interval nada D mayor. Kamu juga sudah mempelajari cara mengubah interval nada D mayor agar sesuai dengan interval nada C mayor. Sekarang, kamu akan mengubah interval nada G mayor.

Tangga nada G mayor memiliki nada G sebagai nada dasar atau nada pertama menjadi Do. Tangga nada G mayor memiliki urutan nada, yaitu G-A-B-C-D-E-F - G. Sesuai dengan interval nada C mayor, maka akan mendapat interval nada menjadi:



Akan tetapi, interval nada tersebut belum sesuai dengan interval nada C mayor, yaitu 1-1-2-1-1-1-. Ada satu nada yang harus dinaikkan agar interval nadanya berubah. Nada tersebut adalah nada F. Nada F diubah menjadi Fis. Dengan begitu, Interval nada G mayor akan berubah menjadi:






1.Nyanyikan lagu tersebut dengan interval nada yang tepat!

2. Pelajarilah not angka lagu tersebut hingga kamu dapat menyanyikan dengan nada yang tepat!


Muatan IPA

Evaluasi Pembelajaran

Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !

11. Manfaat pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon, Banten adalah ....

A. agar populasi badak bercula satu tidak berkurang

B. meningkatkan devisa negara dari pariwisata

C. meningkatkan pendapatan penduduk sekitar

D. menjaga tersedianya bahan daging badak

12. Saat ini daerah resapan air di kota-kota besar mulai ditimbun untuk membuat bangunan baru agar keindahan tata kota semakin baik. Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut adalah ….

A. terjadinya tanah longsor

B. terjadinya banjir.

C. berkurangnya karbon

D. bertambahnya oksigen dioksida

13. Abrasi merupakan proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Untuk mengatasi masalah tersebut. upaya yang dapat dilakukan adalah ….

A. menambang pasir di sekitar pantai

B. mengeksploitas: terumbu karang secara besar-besaran

C. melestarikan hutan bakau

D. membangun perumahan di area pantai

14. Perhatikan beberapa fungsi bagian pada tumbuhan berikut!

1.Alat pernapasan tumbuhan

2.Menyerap air dan mineral dari dalam tanah

3.Pengangkut air dan mineral dari akar ke daun

4.Untuk penyokong tubuh tumbuhan

Dari pernyataan di atas yang termasuk fungsi batang adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (2)

15. Akar alang-alang dapat dimanfaatkan manusia sebagai ….

A. obat gatal-gatal

B. obat panas dalam

C. obat sakit kepala

D. obat malaria

16 Kupu-kupu menghisap sarı mada di atas bunga yang indah Kupu-kupu tersebut juga meninggalkan telor di kelopak dan daun bunga yang kemudian akan menetas menjadi ulat Dalam beberapa waktu kemudian, ulat tersebut akan menjadi kepompong hingga menjadi kupu-kupu dewasa

Tahap daur hidup kupu-kupu yang merugikan bagi kehidupan manusia terjadi pada tahap ….

A. telur

B. ulat

C. kepompong

D. kupu-kupu

17. Perhatikan gambar kerangka manusia di bawah!



Arah gerak yang dilakukan oleh sendi X adalah ….

A. satu arah

B. dua arah

C. memutar

D. segala arah

18. Perhatikan gambar kerangka manusia di bawah!



Fungsi bagian yang ditunjuk oleh nomor IV adalah ….

A. menjaga keseimbangan tekanan udara

B. memperjelas getaran bunyi yang masuk

C. menerima rangsangan getaran dan meneruskan ke otak

D. menangkap getaran bunyi

19. Perhatikan gambar kerangka manusia di bawah!



Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar sistem pernapasan di samping adalah ....

A. tempat terjadinya pertukaran O₂ dan CO₂

B. menyaring udara kotor oleh selaput lendir

C. menyesuaikan suhu dan kelembaban udara yang masuk

D. penghubung udara yang masuk ke paru-paru

20.Fadil mengalami peradangan pada usus besar dan harus dibawa ke rumah sakit Jenis penyakit yang dialami oleh Fadil adalah ….

A. tipus

B. hepatitis

C. kolera

D. cacingan


Komentar