Selasa, 16 Agustus 2022, PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI

                         

Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

                                                    Pendamping Pembelajaran 2 

 

Pendalaman Materi

Muatan PPKn KD 3.4 dan 4.4

 

Meneladani Kerja Sama Para Pejuang sebagai Bentuk Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan




Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Namun, perbedaan itu tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan juga memiliki keahlian yang berbeda beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula pahlawan yang memiliki kemampuan negosiasi (berunding) atau orasi (menyampaikan pidato). Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan yang sama, yaitu menggapai kemerdekaan Indonesia. Mereka bekerja sama untuk berjuang dengan cara mereka masing-masing. Apabila salah satu dari para pejuang tidak ikut bekerja sama, tentu kemerdekaan 
akan lebih sulit diraih. Kerja sama mereka merupakan bentuk dari penerapan nilai persatuan dan kesatuan. Hal itu sesuai dengan bunyi sila ketiga Pancasila, yaitu "Persatuan Indonesia".

Kita juga perlu menerapkan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari. Dengan bersatu, akan tercapai kehidupan yang damai, aman, nyaman, dan tenteram. Selain itu, persatuan juga dapat menghindarkan kita dari perselisihan. Salah satu penerapan nilai persatuan dan kesatuan adalah dengan melakukan kerja sama. Kerja sama berarti suatu usaha mencapai tujuan yang dilakukan secara bersama-sama. Mengerjakan sesuatu secara bekerja sama membawa banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

2. Pekerjaan terasa lebih ringan.

3. Memperkuat semangat persatuan.

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut dengan teman sebelahmu!

1. Bacalah cerita berikut dengan cermat! Selanjutnya, diskusikan pertanyaan yang diberikan!

 

Kerja Kelompok

 


Para siswa di kelas Fitri mendapat tugas kelompok untuk membuat naskah drama tentang persatuan dan kesatuan. Fitri membentuk kelompok bersama Nia, Dedi, Lani, dan Badu. Meskipun mereka berasal dari suku yang berbeda, mereka tetap bekerja sama dengan baik. Fitri dan Badu berasal dari suku Jawa. Dedi berasal dari suku Sunda. Nia berasal dari suku Padang. Lani berasal dari etnis Tionghoa. Fitri sebagai ketua kelompok membagi tugas dengan adil sesuai kemampuan setiap anggota. Mereka saling berbagi pendapat dalam membuat naskah drama. Tugas mereka dapat selesai dengan cepat. Mereka juga menampilkannya dengan percaya diri.

 

a. Apakah tokoh-tokoh dalam cerita telah bekerja sama dengan baik? Jelaskan! 

b. Tuliskan contoh perbedaan yang terdapat dalam cerita "Kerja Kelompok"!

c. Apakah perbedaan tersebut menjadi penghalang mereka bekerja sama? Jelaskan!

2. Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari?

3. Apa yang kamu ketahui tentang kerja sama?

4. Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari?

5. Tuliskan tiga contoh kerja sama dalam kehidupan sehari-hari!

 

Pendalaman Materi

Muatan SBdP KD 3.3 dan 4

 

Pola Lantai pada Tarian Daerah

Gerakan dalam tarian daerah harus diperagakan secara selaras agar tarian tampak indah. Penari biasanya berpindah-pindah tempat atau berubah posisi melalui suatu gerakan. Perpindahan tempat tersebut mengikuti sebuah formasi yang disebut pola lantai. Dengan adanya pola lantai, tarian akan tampak lebih indah dan bervariasi gerakannya.

Kamu sudah mengenal bermacam-macam pola lantai dalam tarian. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan melingkar. Sekarang, kita akan mengidentifikasi pola lantai yang digunakan pada suatu tarian daerah, yaitu tari Piring. Tari Piring merupakan kebudayaan asli masyarakat suku Minangkabau di Sumatra Barat. Secara keseluruhan, gerakan tari Piring menceritakan tentang tahapan kegiatan dalam budi daya tanaman padi yang melambangkan suasana gotong royong dan kerja sama dalam masyarakat.

 

Berikut beberapa contoh pola lantai dalam tari Piring.


Tari piring yang berasal dari Sumatera Barat


1. Pola lantai horizontal



Pola lantai berbentuk garis lintang. Para penari berbaris melintang sesuai dengan gerakan tari.

2. Pola lantai vertikal



Pola lantai berbentuk garis bujur. Para penari berbaris membujur sesuai dengan gerakan tari.




3. Pola lantai lingkaran



Pola lantai berbentuk garis lingkaran. Para penari berada pada posisi melingkar sesuai dengan gerakan tari.


Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Perhatikan gambar tari daerah berikut!

a

b


Gambarkan pola lantai yang digunakan dalam tarian di atas! Tuliskan pula jenis pola lantai tersebut!

2. Bagilah siswa di kelasmu menjadi dua kelompok besar! Setiap kelompok diminta untuk mencari informasi tentang gerakan dari salah satu tari daerah di atas! Perhatikan beberapa gerakan dan pola lantainya! Berlatihlah dengan teman-temanmu hingga kompak! Praktikkan gerakan tari tersebut di depan kelas dengan percaya diri! 

Komentar