Rabu, 27 Juli 2022, PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI

Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 2 Hewan Sahabatku

Pendamping Pembelajaran 3



 Pendalaman Materi

Muatan IPA KD 3.1 dan 4.1

 

Perkembangbiakan Hewan (2)

Ayo, ingat kembali cara perkembangbiakan hewan! Cara perkembangbiakan ada berbagai macam, antara lain ovipar, vivipar, dan ovovipar.

Pada perkembangbiakan hewan secara ovipar, embrio atau calon individu baru tumbuh dan berkembang di dalam telur. Hewan yang berkembang biak secara ovipar meliputi kelompok burung, reptilia, amfibi, dan ikan. Pada perkembangbiakan secara vivipar, calon individu baru tumbuh dan berkembang di dalam rahim induk betina. Hewan yang berkembang biak secara vivipar meliputi kelompok mamalia (hewan menyusui). Bagaimana hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar? Perhatikan peta pikiran pada halaman selanjutnya!

Perkembangbiakan Hewan

Ovivar

*    Perkembangbiakan dengan cara bertelur

*    Embrio atau calon individu baru tumbuh di dalam telur.










Vivipar

*    Perkembangbiakan dengan cara melahirkan.

*    Embrio tumbuh di dalam tubuh (Rahim) induknya.

















Ovovivipar

*    Perkembangbiakan dengan cara bertelur kemudian melahirkan.

*    Embrio tumbuh di dalam telur yang disimpan di dalam tubuh induknya. Setelah menetas, individu baru akan dikeluarkan dari tubuh.

 

 

 



























Ayo Berlatih

Perhatikan hewan-hewan berikut! Kelompokkan hewan-hewan berikut berdasarkan cara perkembangbiakanya!

a

b

c

d

e

f

g

h

i




 

Pendalaman Materi

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1

 

Membuat Peta Pikiran berdasarkan Ide Pokok Laporan

Berdasarkan ide pokok yang ditemukan dalam sebuah laporan, kita dapat membuat peta pikiran. Dengan menggunakan peta pikiran, kita dapat dengan mudah mempresentasikan atau mengemukakan isi laporan. Langkah-langkah membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok laporan adalah sebagai berikut.

1. Membaca laporan dengan saksama.

2. Mencatat setiap kata kunci yang terdapat dalam laporan.

3. Membuat daftar ide pokok setiap paragraf.

Gunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana untuk menemukan gagasan utama dan informasi dari laporan.

 

Ayo Berlatih

1. Tutuplah bukumu dan gurumu akan membacakan teks laporan berikut! Semua kelompok diminta untuk menyimak dengan saksama!

 

Rusa Bawean

Hewan yang mempunyai tanduk tidak hanya kerbau, banteng, dan kambing, tetapi rusa juga merupakan hewan bertanduk. Rusa bawean jantan dewasa mempunyai sepasang tanduk bercabang tiga. Tanduk rusa berfungsi untuk melindungi diri dari musuh.

Habitat atau tempat hidup asli rusa bawean adalah di Pulau Bawean. Makanan rusa berupa buah, dedaunan, ranting, kulit kayu, dan pucuk-pucuk semak pohon muda. Rusa hidup berkelompok menjadi keluarga dengan rusa betina sebagai pusatnya, sedangkan rusa jantan biasanya berjalan sendiri. Rusa jantan ikut berkelompok jika hendak bermigrasi.

Kegiatan hidup rusa bawean terutama berlangsung pada malam hari atau bersifat nokturnal. Rusa bawean beraktivitas mulai pukul 17.00 sampai pukul 21.00 dan mulai menurunkan aktivitasnya pada pukul 02.00 dini hari sampai pukul 05.00 pagi. Pada siang hari, rusa bawean biasanya menghabiskan waktu untuk beristirahat.

Sumber: http://rusabawean.com/tentang-rusa-bawean-lengkap.html, diakses pada tanggal 9 April 2018, dengan penyesuaian.

2. Tuliskan minimal lima informasi penting yang kamu peroleh dari teks laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Komentar