Senin, 08 Agustus 2022, PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI

Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Pendamping Pembelajaran 1



 

Muatan Bahasa Indonesia 

KD 3.4 dan 4.4

Pendalaman Materi

 

Kata Tanya untuk Membuat Peta Pikiran Suatu Teks

Peta pikiran dapat dibuat dengan menggunakan kata tanya. Berikut adalah kata tanya beserta fungsinya yang dapat digunakan untuk membuat peta pikiran.

1. Apa

Kata tanya untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi.

2. Siapa

Kata tanya untuk menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat dalam suatu peristiwa.

3. Kapan

Kata tanya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa.

4. Di mana

Kata tanya untuk menanyakan tempat terjadinya suatu peristiwa.

5. Mengapa

Kata tanya untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa.

6. Bagaimana

Kata tanya untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa.

 

Ayo Berlatih

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Buatlah peta pikiran berdasarkan informasi yang terdapat dalam teks di atas! Gunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana untuk menemukan informasi penting dalam teks! Tuliskan peta pikiran tersebut di buku tugasmu!

 

Pendalaman Materi

Muatan IPS KD 3.4 dan 4.4

 

Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

 1. Menandai Lahirnya Bangsa Indonesia Sebagai Bangsa yang Merdeka

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa ini menandai kelahiran negara Indonesia. 

Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa asing. Penderitaan rakyat selama masa penjajahan membuat bangsa Indonesia bertekad menjadi bangsa yang merdeka. Kemerdekaan merupakan hak semua bangsa. Oleh sebab itu, seluruh rakyat Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaan. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai pernyataan atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

2. Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia Meraih Kemerdekaan

Bangsa Indonesia dijajah bangsa asing sangat lama. Perjuangan melepaskan diri dari penjajahan ini sudah berlangsung sejak lama. Para pejuang dari berbagai daerah, tua dan muda, silih berganti mengangkat senjata mengusir penjajah. Namun, upaya mereka masih belum berhasil karena perjuangan masih bersifat kedaerahan dan terpecah-pecah. Setelah peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, barulah para pejuang bersatu padu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Saat itu tiba ketika Jepang kalah dari Sekutu pada Perang Dunia II. Indonesia yang pada waktu itu menjadi jajahan Jepang, mengalami kekosongan kekuasaan. Terjadi perbedaan pendapat antara para pemuda (golongan Muda) dan gologan Tua. Para pemuda (golongan Muda) mendesak Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta (golongan Tua) segera memproklamasikan kemerdekaan. Sementara itu, golongan Tua tidak mau tergesa-gesa memproklamasikan kemerdekaan karena khawatir terjadi pertumpahan darah rakyat Indonesia. Akhirnya golongan Muda dan golongan Tua bersatu dan bersepakat memproklamasikanKemerdekaan Indonesia. Kedua golongan tersebut menyingkirkan perbedaan pendapat dan bersatu demi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia, yaitu terbebas dari penjajahan bangsa asing.

3. Pengakuan Dunia Luar

Sebelum peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, Indonesia dikenal sebagai negara jajahan bangsa asing, seperti Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Jepang. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno menjadi pengumuman kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka dan sejajar dengan negara lain sebagai bangsa yang berdaulat. Keadaan ini diikuti dengan pengakuan dari negara lain. Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir. Pengakuan kemerdekaan Indonesia kemudian diikuti oleh Suriah, Irak, Libanon, Yaman, Saudi Arabia, dan Afghanistan.

4. Bukti bahwa Indonesia merupakan Bangsa yang Mandiri

Jepang memang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda memaksa Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan murni hasil perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pemberian bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan keberhasilan bangsa Indonesia mengusir penjajah.

5. Landasan untuk Bersikap terhadap Dunia

Selama bertahun-tahun, bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Bangsa Indonesia harus patuh terhadap kebijakan bangsa asing kala itu. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan bebas untuk menentukan sikap terhadap dunia. Tidak ada lagi bangsa asing yang dapat memaksakan kehendaknya kepada bangsa Indonesia. Bahkan bangsa Indonesia menjadi penggagas kemerdekaan bangsa bangsa di Asia-Afrika melalui Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Selain itu, Indonesia juga aktif memelihara perdamaian dunia melalui pembentukan Gerakan Nonblok ketika Perang Dingin berlangsung. Perang Dingin adalah perang tidak langsung antara Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet. Indonesia dengan Gerakan Nonblok memilih netral, tidak memihak pihak mana pun.

Sumber: Sejarah Nasional Indonesia dan IPS Aktif 6

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Menurutmu, apakah setelah itu bangsa Indonesia harus tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Mengapa demikian?

2. Proklamasi Kemerdekaan menandai lahirnya persamaan harkat derajat bangsa Indonesia di dunia. Apa saja bentuk persamaan harkat derajat tersebut?

3. Mengapa para pemuda menginginkan kemerdekaan Indonesia bebas dari pengaruh bangsa asing?

4. Pada saat Perang Dingin, bangsa Indonesia memilih untuk menjadi negara netral yang tergabung dalam Gerakan Nonblok. Setujukah kamu dengan keputusan Indonesia saat itu yang menunjukkan kebebasan Indonesia dalam bersikap terhadap dunia? Jelaskan pendapatmu!

5. Sebagai seorang pelajar, bagaimana kamu memaknai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!


Pendalaman Materi

Muatan IPA KD 3.3 dan 4.3

 

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan

 1. Penyesuaian Tumbuhan terhadap Kondisi Lingkungan

Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda. Ada tumbuhan yang memiliki ciri khusus pada tubuhnya, seperti batang berduri, daun yang lebar, atau akar yang muncul ke permukaan tanah. Perbedaan ciri setiap jenis tumbuhan merupakan salah satu bentuk penyesuaian diri atau adaptasi.

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Adaptasi dilakukan tumbuhan agar tetap bertahan hidup. Lingkungan tempat hidup disebut habitat. Habitat jenis tumbuhan satu dengan yang lain berbeda-beda. Berikut contoh adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.

a. Adaptasi tumbuhan di lingkungan kering

Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan yang memiliki sedikit air disebut xerofit. Contoh tumbuhannya, yaitu pohon kurma, lidah buaya, cocor bebek, dan kaktus. Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui adaptasi yang dilakukan tumbuhan kaktus agar dapat bertahan di lingkungan yang kering.



b. Adaptasi tumbuhan di lingkungan berkadar garam tinggi

Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi disebut halofit. Contoh lingkungan dengan kadar garam tinggi, yaitu laut, muara sungai, dan pantai. Keadaan tanah di tempat itu biasanya berlumpur dan berpasir serta sangat sedikit mengandung oksigen. Contoh tumbuhan yang hidup di lingkungan berkadar garam tinggi, yaitu bakau.



Tumbuhan bakau dengan akar tunjang


Beberapa jenis tumbuhan bakau memiliki akar napas oksigen. Ada juga tumbuhan bakau yang memiliki akar tunjang untuk menopang tumbuhan di tanah yang berlumpur dan menahan terjangan ombak. Selain itu, daunnya kaku dan tebal dengan permukaan licin berfungsi untuk mengurangi penguapan dan menyimpan air. Bagian bawah daun bakau memiliki kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan garam.

c. Adaptasi tumbuhan di lingkungan air

Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan air disebut hidrofit. Contoh tumbuhan hidrofit adalah teratai dan eceng gondok. Adaptasi tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut.

Teratai


1) Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan. Daun yang lebar juga berfungsi agar dapat mengapung di permukaan air. Daunnya berlapis lilin untuk mencegah daun membusuk karena selalu terkena air.

Eceng gondok



2) Eceng gondok memiliki pangkal tangkai daun berongga yang berfungsi untuk membantu mengapung di permukaan air. Akarnya lebat untuk menjaga keseimbangan tumbuhan agar tidak terbalik.


d. Adaptasi tumbuhan di lingkungan lembap

Begonia


Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan lembap disebut higrofit. Contoh tumbuhan higrofit adalah begonia dan tumbuhan paku. Oleh karena hidup di tempat lembap,, penguapan terjadi dengan lambat. Air dikeluarkan melalui struktur khusus pada daun yang disebut stomata air (hidatoda).



e. Adaptasi tumbuhan di lingkungan miskin nitrogen

Tumbuhan venus
Kantong semar


Tumbuhan yang tumbuh di lingkungan miskin nitrogen biasanya melakukan penyesuaian diri dengan memerangkap serangga kemudian mencerna sebagai sumber nitrogen. Contohnya kantong semar dan venus.


 

2. Penyesuaian Tumbuhan untuk Berkembang Biak

Selain untuk bertahan hidup, beberapa tumbuhan juga melakukan untuk membantu perkembangbiakan atau reproduksi. Contohnya adalah sebagai berikut. a. Bunga raflesia mengeluarkan bau busuk untuk menarik perhatian serangga (biasanya lalat). Serangga yang hinggap dapat membantu penyerbukan.

Mawar


Melati

b. Tumbuhan seperti mawar, melati, dan anggrek memiliki mahkota bunga yang berwarna mencolok dan kelenjar nektar untuk menarik perhatian serangga yang membantu penyerbukan.



c. Bunga dandelion memiliki cara yang unik dalam penyebaran benihnya. Benih yang sekaligus buahnya memiliki struktur tambahan seperti serabut halus yang membantunya agar mudah terbawa angin. Jika benih tersebut jatuh di tempat yang sesuai, benih itu akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

 

Dandelion

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Lengkapilah kalimat berikut dengan jawaban yang tepat!

a. Kaktus memiliki batang tebal yang berfungsi untuk …………….

b. Selain kaktus, tumbuhan yang termasuk xerofit, yaitu ………….

c. Eceng gondok merupakan tumbuhan yang hidup di lingkungan air. Cara adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan eceng gondok adalah ……………

d. Tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk untuk …………..

e. Warna mencolok pada mahkota bunga mawar bertujuan …………….

2. Sebuah tumbuhan memiliki beberapa ciri khusus berikut!

a. Memiliki akar yang panjang.

b. Daunnya menyerupai duri.

c. Batangnya tebal dan berlapis lilin.

Jelaskan jenis tumbuhan, habitat, serta tujuan adaptasi berdasarkan ciri-ciri tumbuhan tersebut!

Kantong semar


3. Kantong semar merupakan tumbuhan yang tumbuh di tanah miskin nutrisi. Apa bentuk adaptasi yang dakukan tumbuhan tersebut? Jelaskan tujuan dari setiap bentuk adaptasi tumbuhan!



 

 

 

 

 


Komentar