Senin, 08 Agustus 2022, PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
Pendamping Pembelajaran 1
Muatan Bahasa Indonesia
KD 3.4 dan 4.4
Pendalaman Materi
Kata Tanya untuk Membuat Peta Pikiran
Suatu Teks
Peta pikiran dapat dibuat dengan menggunakan kata tanya. Berikut adalah kata tanya beserta fungsinya yang dapat digunakan untuk membuat peta pikiran.
1. Apa Kata tanya untuk
menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi. |
2. Siapa Kata tanya untuk
menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat dalam suatu peristiwa. |
3. Kapan Kata tanya untuk
menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa. |
4. Di mana Kata tanya untuk
menanyakan tempat terjadinya suatu peristiwa. |
5. Mengapa Kata tanya untuk
menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa. |
6. Bagaimana Kata tanya untuk
menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa. |
Ayo Berlatih
Bacalah teks berikut
dengan saksama!
Buatlah
peta pikiran berdasarkan informasi yang terdapat dalam teks di atas! Gunakan
kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana untuk menemukan
informasi penting dalam teks! Tuliskan peta pikiran tersebut di buku tugasmu!
Pendalaman Materi
Muatan IPS KD 3.4 dan
4.4
Makna Proklamasi Kemerdekaan
bagi Bangsa Indonesia
1. Menandai Lahirnya Bangsa Indonesia Sebagai Bangsa yang Merdeka
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa ini menandai kelahiran negara Indonesia.
Indonesia
menjadi bangsa yang merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa asing.
Penderitaan rakyat selama masa penjajahan membuat bangsa Indonesia bertekad
menjadi bangsa yang merdeka. Kemerdekaan merupakan hak semua bangsa. Oleh sebab
itu, seluruh rakyat Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaan. Peristiwa
Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai pernyataan atas
kemerdekaan bangsa Indonesia.
2. Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia
Meraih Kemerdekaan
Bangsa
Indonesia dijajah bangsa asing sangat lama. Perjuangan melepaskan diri dari
penjajahan ini sudah berlangsung sejak lama. Para pejuang dari berbagai daerah,
tua dan muda, silih berganti mengangkat senjata mengusir penjajah. Namun, upaya
mereka masih belum berhasil karena perjuangan masih bersifat kedaerahan dan
terpecah-pecah. Setelah peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928, barulah para
pejuang bersatu padu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Saat itu tiba ketika
Jepang kalah dari Sekutu pada Perang Dunia II. Indonesia yang pada waktu itu
menjadi jajahan Jepang, mengalami kekosongan kekuasaan. Terjadi perbedaan
pendapat antara para pemuda (golongan Muda) dan gologan Tua. Para pemuda
(golongan Muda) mendesak Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta (golongan Tua) segera
memproklamasikan kemerdekaan. Sementara itu, golongan Tua tidak mau
tergesa-gesa memproklamasikan kemerdekaan karena khawatir terjadi pertumpahan
darah rakyat Indonesia. Akhirnya golongan Muda dan golongan Tua bersatu dan
bersepakat memproklamasikanKemerdekaan Indonesia. Kedua golongan tersebut
menyingkirkan perbedaan pendapat dan bersatu demi kemerdekaan Indonesia.
Peristiwa ini merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia, yaitu terbebas dari
penjajahan bangsa asing.
3. Pengakuan Dunia Luar
Sebelum
peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, Indonesia dikenal sebagai negara jajahan
bangsa asing, seperti Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris, dan Jepang.
Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno menjadi pengumuman kepada dunia
bahwa Indonesia telah merdeka dan sejajar dengan negara lain sebagai bangsa
yang berdaulat. Keadaan ini diikuti dengan pengakuan dari negara lain. Negara
pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir. Pengakuan kemerdekaan
Indonesia kemudian diikuti oleh Suriah, Irak, Libanon, Yaman, Saudi Arabia, dan
Afghanistan.
4. Bukti bahwa Indonesia merupakan Bangsa
yang Mandiri
Jepang
memang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para pemuda menginginkan
proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh sebab itu, pemuda
memaksa Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan agar tidak
terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia
merupakan murni hasil perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan
hasil dari pemberian bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia membuktikan
keberhasilan bangsa Indonesia mengusir penjajah.
5. Landasan untuk Bersikap terhadap Dunia
Selama
bertahun-tahun, bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Bangsa Indonesia
harus patuh terhadap kebijakan bangsa asing kala itu. Setelah Proklamasi
Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan bebas untuk
menentukan sikap terhadap dunia. Tidak ada lagi bangsa asing yang dapat
memaksakan kehendaknya kepada bangsa Indonesia. Bahkan bangsa Indonesia menjadi
penggagas kemerdekaan bangsa bangsa di Asia-Afrika melalui Konferensi
Asia-Afrika tahun 1955. Selain itu, Indonesia juga aktif memelihara perdamaian
dunia melalui pembentukan Gerakan Nonblok ketika Perang Dingin berlangsung.
Perang Dingin adalah perang tidak langsung antara Blok Barat yang dipimpin
Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet. Indonesia dengan
Gerakan Nonblok memilih netral, tidak memihak pihak mana pun.
Sumber: Sejarah
Nasional Indonesia dan IPS Aktif 6
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Peristiwa Proklamasi
Kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.
Menurutmu, apakah setelah itu bangsa Indonesia harus tetap berjuang
mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Mengapa demikian?
2. Proklamasi
Kemerdekaan menandai lahirnya persamaan harkat derajat bangsa Indonesia di
dunia. Apa saja bentuk persamaan harkat derajat tersebut?
3. Mengapa para pemuda
menginginkan kemerdekaan Indonesia bebas dari pengaruh bangsa asing?
4. Pada saat Perang
Dingin, bangsa Indonesia memilih untuk menjadi negara netral yang tergabung
dalam Gerakan Nonblok. Setujukah kamu dengan keputusan Indonesia saat itu yang
menunjukkan kebebasan Indonesia dalam bersikap terhadap dunia? Jelaskan pendapatmu!
5. Sebagai seorang
pelajar, bagaimana kamu memaknai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?
Jelaskan!
Pendalaman Materi
Muatan IPA KD 3.3 dan
4.3
Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri terhadap
Lingkungan
1. Penyesuaian Tumbuhan terhadap Kondisi Lingkungan
Setiap
jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda. Ada tumbuhan yang memiliki ciri
khusus pada tubuhnya, seperti batang berduri, daun yang lebar, atau akar yang
muncul ke permukaan tanah. Perbedaan ciri setiap jenis tumbuhan merupakan salah
satu bentuk penyesuaian diri atau adaptasi.
Adaptasi
adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
Adaptasi dilakukan tumbuhan agar tetap bertahan hidup. Lingkungan tempat hidup
disebut habitat. Habitat jenis tumbuhan satu dengan yang lain berbeda-beda.
Berikut contoh adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya.
a. Adaptasi tumbuhan di lingkungan kering
Tumbuhan
yang dapat hidup di lingkungan yang memiliki sedikit air disebut xerofit.
Contoh tumbuhannya, yaitu pohon kurma, lidah buaya, cocor bebek, dan kaktus.
Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui adaptasi yang dilakukan tumbuhan
kaktus agar dapat bertahan di lingkungan yang kering.
b. Adaptasi tumbuhan di lingkungan
berkadar garam tinggi
Tumbuhan
yang dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi disebut halofit.
Contoh lingkungan dengan kadar garam tinggi, yaitu laut, muara sungai, dan
pantai. Keadaan tanah di tempat itu biasanya berlumpur dan berpasir serta
sangat sedikit mengandung oksigen. Contoh tumbuhan yang hidup di lingkungan
berkadar garam tinggi, yaitu bakau.
![]() |
Tumbuhan bakau dengan akar tunjang |
Beberapa
jenis tumbuhan bakau memiliki akar napas oksigen. Ada juga tumbuhan bakau yang
memiliki akar tunjang untuk menopang tumbuhan di tanah yang berlumpur dan
menahan terjangan ombak. Selain itu, daunnya kaku dan tebal dengan permukaan
licin berfungsi untuk mengurangi penguapan dan menyimpan air. Bagian bawah daun
bakau memiliki kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan garam.
c. Adaptasi tumbuhan di lingkungan air
Tumbuhan yang dapat
hidup di lingkungan air disebut hidrofit. Contoh tumbuhan hidrofit adalah
teratai dan eceng gondok. Adaptasi tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut.
![]() |
Teratai |
1) Teratai memiliki
daun yang lebar untuk mempercepat penguapan. Daun yang lebar juga berfungsi
agar dapat mengapung di permukaan air. Daunnya berlapis lilin untuk mencegah
daun membusuk karena selalu terkena air.
![]() |
Eceng gondok |
2) Eceng gondok
memiliki pangkal tangkai daun berongga yang berfungsi untuk membantu mengapung
di permukaan air. Akarnya lebat untuk menjaga keseimbangan tumbuhan agar tidak
terbalik.
d. Adaptasi tumbuhan di lingkungan lembap
![]() |
Begonia |
Tumbuhan
yang dapat hidup di lingkungan lembap disebut higrofit. Contoh tumbuhan
higrofit adalah begonia dan tumbuhan paku. Oleh karena hidup di tempat lembap,,
penguapan terjadi dengan lambat. Air dikeluarkan melalui struktur khusus pada
daun yang disebut stomata air (hidatoda).
e.
Adaptasi tumbuhan di lingkungan miskin nitrogen
![]() |
Tumbuhan venus |
![]() |
Kantong semar |
Tumbuhan yang tumbuh di
lingkungan miskin nitrogen biasanya melakukan penyesuaian diri dengan
memerangkap serangga kemudian mencerna sebagai sumber nitrogen. Contohnya
kantong semar dan venus.
2. Penyesuaian Tumbuhan untuk Berkembang
Biak
Selain
untuk bertahan hidup, beberapa tumbuhan juga melakukan untuk membantu
perkembangbiakan atau reproduksi. Contohnya adalah sebagai berikut. a. Bunga
raflesia mengeluarkan bau busuk untuk menarik perhatian serangga (biasanya lalat).
Serangga yang hinggap dapat membantu penyerbukan.
![]() |
Mawar |
![]() |
Melati |
b. Tumbuhan seperti
mawar, melati, dan anggrek memiliki mahkota bunga yang berwarna mencolok dan
kelenjar nektar untuk menarik perhatian serangga yang membantu penyerbukan.
c. Bunga dandelion
memiliki cara yang unik dalam penyebaran benihnya. Benih yang sekaligus buahnya
memiliki struktur tambahan seperti serabut halus yang membantunya agar mudah
terbawa angin. Jika benih tersebut jatuh di tempat yang sesuai, benih itu akan
tumbuh menjadi tumbuhan baru.
![]() |
Dandelion |
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Lengkapilah kalimat berikut dengan jawaban yang tepat!
a. Kaktus memiliki
batang tebal yang berfungsi untuk …………….
b. Selain kaktus,
tumbuhan yang termasuk xerofit, yaitu ………….
c. Eceng gondok
merupakan tumbuhan yang hidup di lingkungan air. Cara adaptasi yang dilakukan
oleh tumbuhan eceng gondok adalah ……………
d. Tumbuhan bakau
memiliki akar napas yang berfungsi untuk untuk …………..
e. Warna mencolok pada
mahkota bunga mawar bertujuan …………….
2. Sebuah tumbuhan
memiliki beberapa ciri khusus berikut!
a. Memiliki akar yang
panjang.
b. Daunnya menyerupai
duri.
c. Batangnya tebal dan
berlapis lilin.
Jelaskan jenis
tumbuhan, habitat, serta tujuan adaptasi berdasarkan ciri-ciri tumbuhan
tersebut!
![]() |
Kantong semar |
3. Kantong semar
merupakan tumbuhan yang tumbuh di tanah miskin nutrisi. Apa bentuk adaptasi
yang dakukan tumbuhan tersebut? Jelaskan tujuan dari setiap bentuk adaptasi
tumbuhan!
Komentar
Posting Komentar