Senin, 25 Juli 2022, PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI
Tema 1
Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2 Hewan
Sahabatku
Pendamping
Pembelajaran 1
Pendalaman Materi
Muatan IPA KD 3.1 dan 4.1
Perkembangbiakan
Hewan (1)
Hewan berkembang biak
untuk melestarikan jenisnya. Ada berbagai macam cara perkembangbiakan hewan.
Ada hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Ada hewan yang
berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Ada hewan yang berkembang
biak secara bertelur sekaligus melahirkan (ovovivipar). Ayo, pelajari cara-cara
perkembangbiakan hewan-hewan tersebut!
1.
Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur (ovipar)
![]() |
Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur |
Perkembangbiakan hewan
dengan cara bertelur disebut juga dengan ovipar. Hewan-hewan petelur memiliki
beberapa ciri-ciri, antara lain tidak memiliki daun telinga dan mengerami
telurnya. Contoh hewan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah
burung, ikan, reptilia, dan katak.
2.
Perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan (vivipar)
![]() |
Paus berkembangbiak dengan cara melahirkan |
Perkembangbiakan hewan
dengan cara melahirkan disebut juga dengan vivipar. Hewan hewan yang melahirkan
memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu memiliki daun telinga dan tubuh ditutupi
rambut. Contoh hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan adalah
sapi, kucing, kambing, lumba-lumba, dan landak.
3.
Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivipar)
![]() |
Platipus berkembangbiak dengan cara bertelur kemudian melahirkan |
Perkembangbiakan hewan
dengan cara bertelur dan melahirkan disebut juga dengan ovovivipar. Hewan-hewan
yang bertelur dan melahirkan tidak memiliki ciri-ciri khusus. Contoh
hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan antara
lain ikan hiu, kuda laut, dan platipus.
Ayo Berlatih
Perhatikan nama-nama hewan
berikut! Kelompokkan hewan-hewan tersebut sesuai cara perkembangbiakkannya pada
tabel!
1 |
Kura-kura |
11 |
Belut |
21 |
Udang |
2 |
Ayam |
12 |
Tokek |
22 |
Cumi-Cumi |
3 |
Kelinci |
13 |
Bunglon |
23 |
Bekatan |
4 |
Kodok |
14 |
Kuda |
24 |
Iguana |
5 |
Ikan Patin |
15 |
Burung Beo |
25 |
Paus |
6 |
Panda |
16 |
Trenggiling |
26 |
Ikan Hiu |
7 |
Belalang |
17 |
Anoa |
27 |
Kangguru |
8 |
Kuda Laut |
18 |
Ular Boa |
28 |
Kadal |
9 |
Singa Laut |
19 |
Tapir |
29 |
Salamander |
10 |
Gajah |
20 |
Buaya |
30 |
Dugong |
No |
Cara Berkembangbiak |
Ciri-Ciri Hewan |
Nama Hewan |
1 |
Ovivar |
|
|
2 |
Vivipar |
|
|
3 |
Ovivivipar |
|
|
Pendalaman Materi
Muatan IPS KD 3.1 dan 4.1
Pengaruh Kondisi
Geografis terhadap Potensi Ekonomi Negara-Negara di Asia Tenggara
lingkungan sekitar.
Mereka menyesuaikan mata pencaharian dengan alam sekitar. Oleh Kegiatan ekonomi
suatu masyarakat biasanya dipengaruhi oleh kondisi geografis karena itu,
kegiatan ekonomi masyarakat di suatu daerah dapat berbeda dengan daerah lain,
Begitupun dengan kegiatan ekonomi masyarakat di negara-negara Asia Tenggara.
Berikut kegiatan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara.
No |
Negara |
Mata Pencarian |
Sumber Daya Alam |
1 |
Indonesia |
• Petani • Pekebun • Nelayan • Pekerja
kantor • Buruh |
·
Dataran rendah: padi, sayuran, jagung, dan
buah-buahan. ·
Dataran tinggi: teh, kopi, kina, cengkih, dan kelapa
sawit. ·
Pesisir pantai: ikan, udang, tuna, cakalang, dan
tongkol. ·
Hutan: kayu jati, rotan, dan karet. ·
Barang tambang: minyak bumi, gas alam, bauksit,
timah, tembaga, batu bara, dan emas. |
2 |
Brunei Darussalam |
·
Pertambangan ·
Buruh industri tenun dan logam ·
Petani |
·
Hasil bumi utama: minyak dan gas bumi menyumbang 40%
pendapatan negara. ·
Pertanian: padi, buah-buahan, lada, dan kelapa di
dataran rendah |
3 |
Filipina |
·
Petani ·
Pekebun ·
Bidang jasa |
·
Dataran rendah: jagung, sayuran, padi, ketela pohon,
dan buah-buahan. ·
Perkebunan: tebu, kelapa, abaka, tembakau, kayu, dan
karet.
|
4 |
Kamboja |
·
Petani ·
Pekebun ·
Petambak |
·
Pertanian: padi, umbi-umbian, jagung, dan buncis. ·
Perkebunan: karet dan tembakau. ·
Perikanan: budi daya ikan air tawar. |
5 |
Laos |
·
Petani ·
Pekebun ·
Nelayan ·
Penambang |
·
Pertanian: padi, jagung, dan tembakau. ·
Hutan: kayu jati. · Sungai Mekong: ikan karper dan ikan perch. · Perbukitan: tambang gipsum, timah, batu bara, seng,
dan bijih besi. |
6 |
Malaysia |
·
Petani ·
Pekebun ·
Penambang |
· Hutan: kayu dan karet (penghasil karet terbesar di
dunia). ·
Pertambangan: timah · Perkebunan: kelapa, tembakau, teh, dan lada. |
7 |
Myanmar |
·
Petani ·
Pekebun ·
Penambang |
· Pertanian/perkebunan: teh, tembakau, tebu, dan
sayuran. · Barang tambang: gas alam, batu bara, emas, perak,
batu mulia, mangan, dan timah. |
8 |
Singapura |
·
Bidang jasa ·
Buruh |
· Industri tekstil, baja, penyulingan minyak, pakaian,
percetakan, dan penerbitan. · Industri pengolahan karet, timah, dan minyak di
Jurong. |
9 |
Thailand |
·
Petani ·
Pekebun ·
Penambang ·
Nelayan |
· Pertanian: padi, tebu, tapioka, dan yute (Sungai
Chao Praya). ·
Perkebunan: karet dan kayu jati. ·
Barang tambang: batu bara, timah, dan gas alam. · Perairan: berbagai jenis ikan (Sungai Mekong, Teluk
Siam). |
10 |
Vietnam |
·
Petani ·
Pekebun ·
Penambang |
· Pertanian/perkebunan: padi, sayuran, ubi jalar,
tebu, teh, kopi dan jagung (pengekspor beras terbesar ketiga). ·
Hutan: kayu jati dan bambu. · Industri bahan makanan, pengolahan makanan, dan
tekstil. |
Sumber: http://asean.org/ dan Next Step IPS Kelas VI, dengan penyesuaian
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal berikut!
1. Lengkapilah kalimat berikut dengan jawaban yang
tepat!
a. Dalam bidang pariwisata, jenis pekerjaan yang
dilakukan di sekitar Candi Borobudur, Indonesia adalah …………………………………………….
b. Negara di Asia Tenggara yang tidak memanfaatkan
hasil laut karena tidak memiliki batas laut dan garis pantai adalah …………………………….
c. Negara penghasil karet terbesar di dunia adalah
negara …………………………….
d. Hasil bumi Brunei Darussalam yang menyumbang 40%
pendapatan negara adalah ….
2. Diskusikan soal-soal berikut dengan teman
sebelahmu! Setelah itu, buatlah persamaan dan perbedaan kehidupan ekonomi dua
negara dalam bentuk diagram Venn!
a. Jelaskan perbedaan kondisi bentang alam di negara
Indonesia dan Singapura!
b. Apakah kondisi geografis memengaruhi kehidupan
ekonomi kedua negara tersebut?
c. Tuliskan kegiatan ekonomi di kedua negara tersebut!
d. Bagaimana bentuk kerja sama ekonomi yang mungkin
dapat dilakukan oleh kedua negara tersebut?
Pendalaman Materi
Muatan Bahasa Indonesia KD 3.1
dan 4.1
Ide Pokok dalam
Teks Laporan
Ide pokok adalah
gagasan atau masalah utama yang dibahas dalam sebuah paragraf. Ide pokok sering
disebut sebagai pokok pikiran, gagasan utama, atau gagasan pokok. Ide pokok
pada umumnya terdapat dalam kalimat utama. Saat mendengarkan laporan secara
lisan, dengarkan dengan saksama agar kamu dapat menemukan ide pokok dan isi
laporan dengan jelas.
Perhatikan teks laporan berikut!
Kura-kura Galapagos merupakan jenis
kura-kura yang dapat terbilang besar. Panjang tubuh kura-kura Galapagos dapat
mencapai 1,87 meter dengan berat sekitar 317 kilogram. Kura-kura ini memiliki
leher panjang. Kura-kura Galapagos merupakan hewan herbivor, yaitu hewan
pemakan tumbuhan. Kura-kura Galapagos adalah salah satu hewan yang dilindungi.
Sumber:
https://lingkunganhidup.co/kura-kura-galapagos-kura-terbesar-di-dunia/ diakses pada tanggal 9 April 2018, dengan penyesuaian.
Dari teks laporan di atas, kita dapat menemukan ide
pokok laporan. Ide pokok laporan tersebut adalah ciri-ciri kura-kura Galapagos.
Ayo Berlatih
Tutuplah bukumu! Gurumu akan
membacakan teks laporan. Dengarkan dengan saksama!
Landak
Landak atau porcupine tidak
dilahirkan dengan duri-duri tajam. Bayi landak yang baru lahir memiliki duri
lunak dan berkilat. Setelah beberapa minggu, duri-duri lunak tersebut akan
menebal dan mengeras sehingga menjadi duri-duri tajam. Landak merupakan hewan
yang mungil. Ukuran landak dewasa hanya sepanjang 63-80 cm. Landak memiliki
gigi-gigi yang kuat untuk mengunyah tumbuhan keras serta kuku yang panjang
untuk mengupas kulit dan memanjat pohon.
Landak memiliki duri-duri tajam yang
berguna untuk mempertahankan diri mereka dari serangan pemangsa. Saat diserang,
landak akan menegangkan duri-durinya dan menggulung tubuh. Landak sangat
menyukai kulit kayu. Mereka sering merusak pohon- pohon di hutan untuk memenuhi
kebutuhan makanannya. Keberadaan landak di hutan sangat penting, karena landak
merupakan makanan bagi hewan-hewan karnivor seperti harimau. Adanya landak di
hutan adalah penanda bahwa kehidupan fauna liar dalam keadaan stabil. Adanya
landak di hutan juga merupakan penanda bahwa keseimbangan rantai makanan tidak
terganggu.
Sumber: Bravo! Vol.
2/No.16/25 Mei-2008-25 Juni 2008, dengan penyesuaian.
Setelah mendengarkan teks laporan, tuliskan ide pokok
teks laporan tersebut!
Judul teks laporan : ……………………………………………………………………………
Ide pokok paragraf 1: ……………………………………………………………………………
Ide pokok paragraf 2: ……………………………………………………………………………
Ide pokok paragraf 3: ……………………………………………………………………………
Buatlah bagan tentang ide pokok yang terdapat pada
teks laporan tersebut.
Komentar
Posting Komentar