Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI

                             Tema 1 Selamatkan Makhlik Hidup

Subtema 2

Hewan Sahabatku

Bahasa Indonesia

 

Intro

1. Perhatikan gambar di bawah ini.



2. Informasi apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut?

 

Materi

 

A. Laporan Pengamatan

Pengamatan adalah pengawasan terhadap kegiatan atau peristiwa tertentu. Setelah melakukan pengamatan, biasanya kamu akan diminta untuk membuat laporan. Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang keadaan atau kegiatan. Fakta yang dilaporkan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika melakukan pengamatan.

 

1. Ciri-Ciri Laporan Pengamatan

a. Ringkas

Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal yang penting secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahnnya.

b. Lengkap

Laporan dapat semakin lengkap jika dilengkapi dengan sumber-sumber kepustakaan.

c. Logis

Laporan dapat dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasan yang masuk akal.

d. Sistematis

Laporan dianggap sistematik jika keterangan yang tulisnya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.

3. Sistematika Laporan Pengamatan

Urutan isi laporan sebaiknya diatur sehingga pembaca laporan mudah memahaminya. Sistematika penulisan kerangka laporan adalah sebagai berikut.

a. Judul dan nama kegiatan

b. Tujuan kegiatan

c. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

d. Hasil pengamatan

e. Penutup

 

D. Fungsi Laporan

Laporan mempunyai beberapa fungsi, antara lain:

1. bentuk pertanggungjawaban tugas atau kegiatan,

2. menginformasikan hasil kegiatan, dan

3. mendokumentasikan hasil pengamatan sebagai sumber pengetahuan.

 

Latihan

Level 1

A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat.

 

1. Pengamatan disebut juga dengan ....

a. konfirmasi

b. distribusi

c. obeservasi

d. reparasi

2. Kegiatan pengamatan bertujuan untuk mendapatkan ....

a. uang

b. informasi

c. bahan baku

d. hasil alam

3. Pengamatan biasanya dilakukan untuk tugas berupa ....

a. penelitian

b. ulangan harian studi pustaka

c. studi pustaka

d. pembuatan karya seni

4. Laporan penelitian harus disusun secara sistematis. Arti dari kata sistematis

adalah ....

a. urut

b. jelas

c. apa adanya

d. mudah dipahami

5. Berikut ini yang tidak termasuk contoh pengamatan di lingkungan sekolah

adalah ....

a. pengamatan tingkat kejemihan sungai

b. pengamatan taman sekolah

c. pengamatan pedagang di sekitar sekolah

d. pengamatan perilaku siswa ketika belajar di kelas

6. Ketika melakukan pengamatan, hal yang tidak boleh dilupakan adalah ....

a. bekal konsumsi

b. mencatat informasi

c. telepon genggam

d. buku pelajaran

7. Bahasa yang tidak digunakan dalam laporan pengamatan adalah bahasa yang ....

a. baku dan jelas

b. logis dan jelas

c. jelas dan baku

d. menarik dan indah

8. Setelah melakukan pengamatan, hal yang perlu dilakukan adalah membuat ….

a. laporan pengamatan

b. pesta perpisahan

c. kerajinan tangan

d. laporan keuangan

9. Isi laporan pengamatan harus dibuat berdasarkan ....

a. keinginan penulis

b. minat penulis

c. kesukaan guru

d. fakta

10. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan pengamatan adalah ….

a. laporan harus berdasarkan fakta yang benar

b. ditulis dan disajikan secara tidak lengkap

c. ditulis secara singkat dan tidak jelas

d. menggunakan bahasa sehari-hari

11. Berikut ini yang tidak termasuk sistematika laporan pengamatan adalah ....

a. hipotesis

b. judul dan nama kegiatan

c. hasil pengamatan

d. penutup

12. Hal yang tidak perlu dilakukan dalam penulisan laporan adalah ....

a. penulisan yang sistematis

b. bahasa yang komunikatif

c. fakta yang direkayasa

d. penjelasan yang mudah dipahami

13. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri laporan pengamatan adalah ....

a. logis

b. lengkap

c. sistematis

d. spekulatif

14. Berikut ini, penulisan judul laporan pengamatan yang paling tepat adalah ….

a. Perbandingan kualitas hidup masyarakat kota dengan desa

b. Percobaan perkembangbiakan pohon mangga dengan sistem cangkok

c. Hasil pengamatan masyarakat desa dalam memelihara ikan lele dumbo

d. Kegiatan siswa SD Cendrawasih Kota Depok dalam mengisi liburan sekolah

Perhatikan gambar berikut, kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16.



15. Hal-hal yang diamati sesuai gambar di atas adalah ....

a. guru dan kepala sekolah

b. pedagang dan barang dagangan

c. siswa dan guru

d. seluruh siswa dan guru

16. Kegiatan pada gambar di atas dilakukan di ....

a. rumah

b. masyarakat

c. sekolah

d. luar sekolah

17. Fungsi laporan pengamatan adalah untuk menjelaskan ....

a. hasil kegiatan

b. posisi keuangan

c. sesuatu yang sudah terjadi

d. masa depan lingkungan

18. Jika laporan tidak ditulis dengan benar, maka hasilnya tidak dapat ....

a. disetorkan

b. dipertanggungjawabkan

c. dijual

d. dicetak

19. Salah satu fungsi laporan pengamatan adalah sebagai ....

a. sumber pengetahuan

b. sumber masalah

c. tempat mencari pertanyaan

d. laporan nonbaku

20. Jika keterangan yang dikemukakannya dalam laporan dapat ditelusuri alasan alasan yang masuk akal, maka laporan tersebut telah memenuhi salah satu syarat laporan pengamatan, yaitu....

a. ringkas

b. logis

c. lengkap

d. sistematis

 

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.

1. Laporan hasil pengamatan dibuat berdasarkan....

2. Menulis laporan hasil pengamatan harus berdasarkan ....

3. Salah satu ciri laporan pengamatan adalah lengkap. Artinya, laporan pengamatan harus ....

4. Bacalah teks berikut.

Selama pembibitan, tanaman disiram seminggu sekali atau ketika tanah sudah tampak kering. Penyiraman juga dibarengi dengan pemberian vitamin yang dilarutkan dalam air untuk menyiram.

Teks di atas adalah penggalan dari jenis laporan ....

5. Jika data yang yang disajikan dalam laporan tidak sesuai dengan fakta di lapangan, maka sebuah laporan dapat dinyatakan ....

6. Perhatikan sistematika laporan pengamatan berikut.

a. Hasil pengamatan

b. Judul dan nama kegiatan

c. Penutup

d. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

e. Tujuan kegiatan

Urutan sistematika laporan pengamatan yang tepat adalah ....

7. Sekumpulan data atau fakta yang diolah sehingga mempunyai arti bagi penerima disebut ....

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 8 sampai dengan 10.

Siswa kelas VI sedang mengadakan pengamatan di salah satu peternakan warga. Dalam kegiatan tersebut, ada banyak objek yang diamati para siswa. Contohnya, peternak, hewan ternak, pakan ternak, serta cara membersihkan ternak dan kandangnya. Dari hasil pengamatan tersebut, akhirnya para siswa mengetahui cara beternak yang baik dan benar.

8. Pengamatan pada teks di atas dilakukan di ....

9. Objek yang diamati siswa, antara lain ....

10. Berkat pengamatan tersebut para siswa menjadi tahu cara ....

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 11 sampai dengan 13.

Terumbu karang adalah rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian masyarakat mengambilnya untuk hiasan. Tindakan tersebut beresiko mengancam keberadaan terumbu karang. Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan di laut akan punah.

11. Kata baku yang tepat untuk mengganti kata yang dicetak miring adalah ....

12. Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ....

13. Jika parusakan terumbu karang dibiarkan, hal yang akan terjadi adalah ....

Perhatikan gambar berikut, kemudian kerjakan soal nomor 14 dan 15.



14. Gambar di atas, menunjukkan kegiatan pengamatan terhadap ....

15. Pengamatan pada gambar dilakukan secara ....

 

C. Kerjakanlah soal-soal di bawah ini.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengamatan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Tuliskan ciri-ciri laporan pengamatan beserta penjelasannya masing-masing.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Tuliskan sistematika laporan pengamatan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apa sajakah fungsi dari laporan pengamatan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Apa jadinya jika laporan pengamatan tidak sesuai dengan data diperolah di lapangan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Level 2

A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat.

 

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 sampai dengan 3.

Murid-murid kelas VI SD Karyabakti mengadakan pengamatan dan wawancara terhadap salah seorang pengusaha krupuk. Dari hasil pengamatan dan wawancara tersebut diperoleh informasi mengenai cara pembuatan krupuk yang enak dan renyah. Para pengusaha mampu menjaga kualitas krupuk, sehingga dapat dinikmati konsumen dengan aman.

1. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah ....

a. guru SD Karyabakti

b. penduduk sekitar SD Karyabakti

c. orang tua murid

d. pengusaha kerupuk

Pengamatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang ....

a. produksi minuman

b. distribusi makanan

c. proses pembuatan krupuk

d. harga bahan pokok

3. Dari kegiatan tersebut, para murid menjadi tahu proses pembuatan krupuk

yang berkualitas dan aman untuk ....

a. dijual

b. diproduksi ulang

c. disimpan lama

d. dikonsumsi

4. Langkah paling sederhana untuk menyimpulkan ide pokok adalah dengan cara ....

a. membaca banyak literatur

b. mencarinya di internet

c. mencari kalimat utamanya

d. membaca teks dengan lantang

5. Anton dan Made mendapatkan tugas untuk mengamati proses pelestarian penyu. Oleh karena itu, tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah ….

a. pet shop

b. penangkaran penyu

c. kebun binatang

d. museum

Perhatikan gambar berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 sampai dengan 8.



6. Gambar di atas adalah aktivitas mewawancarai ....

a. petugas kebersihan

b. penjaga sekolah

c. kepala sekolah

d. pedagang

7. Tujuan wawancara tersebut adalah untuk memperoleh data tentang ....

a. pendidikan di sekolah

b. keamanan sekolah

c. kegiatan berdagang

d. pelestarían tahaman

8. Orang yang diwawancarai disebut dengan istilah ....

a. pembicara

b. narasumber

c. panelis

d. juru bicara

9. Mencatat adalah kegiatan yang sangat penting dalam pengamatan. Tindakan tersebut dilakukan untuk menghindari ....

a. pembenaran data

b. pemalsuan data

c. ketepatan data yang diperoleh

d. kehilangan dan kekeliruan informasi

10. Dalam membuat laporan, bahasa yang digunakan haruslah Bahasa yang ….

a. baku, baik, dan benar.

b. gaul dan mudah dibaca

c. biasa saja

d. baik dan singkat

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 11 sampai dengan 15.

Perburuan hewan secara liar dapat mengancam populasi hewan yang bersangkutan. Jika tidak ditindak tegas, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem alam pun menjadi terganggu. Oleh karena itu, perburuan liar harus dihentikan.

11. Ide pokok dari paragraf di atas adalah ....

a. perburuan hewan dapat mengancam populasi hewan

b. penyebab kepunahan hewan

c. langkah-langkah untuk mencegah kepunahan hewan

d. kegiatan perburuan liar

12. Akibat yang dapat ditimbulkan dari perburuan liar adalah ….

a. keseimbangan ekosistem

b. kepunahan

c. pemerataan pendapatan

d. kelestarian alam

13. Kesimpulan dari paragraf tersebut adalah ....

a. pemerintah harus mengatur kegiatan perburuan

b. pembuatan hutan lindung sangat diperlukan

c. perburuan liar harus segera dihentikan

d. kegiatan perburuan harus dibatasi

14. Informasi yang tidak tepat berdasarkan teks di atas adalah ....

a. perburuan liar mengancam populasi

b. perburuan liar dapat menyebabkan kepunahan

c. perburuan liar mengganggu keseimbangan ekosistem

d. kegiatan perburuan harus mendapat dukungan dari pemerintah

15. Kalimat utama dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

 

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 sampai dengan 5.

Tumbuhan memerlukan air untuk berkembang biak, begitu juga manusia. Air digunakan oleh manusia untuk keperluan minum, mandi, dan memasak. Tumbuhan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang biak. Bisa dibayangkan jika tumbuhan dan manusia kekurangan air, perkembangan hidupnya tidak akan sempurna. Dengan demikian betapa pentingnya air bagi manusia dan tumbuhan.

1. Ide pokok pada paragraf di atas adalah ....

2. Berdasarkan teks, manusia memanfaatkan air untuk berbagai keperluar yaitu ...., ...., dan ....

3. Jika kekurangan air, perkembangan hidup tumbuhan dan manusia menjadi ….

4. Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah kalimat ke- ....

5. Tumbuhan memerlukan air untuk .... dan ....

Bacalah kutipan laporan pengamatan berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 sampai dengan 9.

Hari/tanggal : Senin, 22 Oktober 2018

Pukul           : 10.00 WIB

Tempat        : Penangkaran penyu di Ujung Genteng, Sukabumi

6. Berdasarkan teks di atas, pengamatan dilangsungkan tanggal ....

7. Tempat pelaksanaan pengamatan adalah ....

8. Waktu pelaksanaan pengamatan adalah ....

9. Objek yang diamati pada kegiatan tersebut adalah ....

10. Bacalah teks berikut.

Hutan lindung berfungsi sebagai penampung air di musim hujan. Air yang terserap kemudian dilepas sedikit demi sedikit melalui mata air. Selain itu, hutan lindung juga menjaga suhu udara tetap lembap sehingga tidak terjadi kekeringan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....

 

C. Kerjakan soal-soal di bawah ini.

1. Bacalah teks berikut.

Air adalah unsur yang penting dalam kehidupan manusia.

Kembangkanlah sebuah paragraf berdasarkan kalimat tersebut.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 2 sampai dengan 4.

Setiap hari kita memerlukan air baik untuk mandi, minum, atau mencuci. Di bidang pertanian air digunakan untuk mengairi sawah. Di wilayah tertentu air dapat digunakan untuk sarana transportasi. Di bidang teknologi bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir sebagai pembangkit listrik.

2. Apakah ide pokok dari paragraf tersebut?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Apa kesimpulan dari paragraf tersebut?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Kembangkanlah ide pokok paragraf tersebut menjadi beberapa kalimat yang membentuk satu paragraf.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Perhatikan gambar berikut.



Kembangkanlah sebuah paragraf berdasarkan gambar di atas.

 

D. Kegiatan: Portofolio

Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Paragraf Baru

Langkah Kegiatan:

1.Carilah artikel tentang pentingnya menyelamatkan makhluk hidup bagi keseimbangan alam.

2. Bacalah dan pahamilah setiap paragraf dalam teks tersebut.

3. Catatlah ide pokok dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

4. Kembangkanlah setiap ide pokok menjadi paragraf baru dengan kata-katamu sendiri.

5. Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu.

6. Minta temanmu untuk mengidentifikasi ide pokok dari setiap paragraph buatanmu.

7. Setelah selesai, diskusikan apakah ide pokok yang tepat dari setiap paragraf.

 

Komentar