Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI
Tema 1 Selamatkan Makhlik Hidup
Subtema 2
Hewan Sahabatku
Bahasa Indonesia
Intro
1. Perhatikan gambar di
bawah ini.
2. Informasi apa yang
dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut?
Materi
A.
Laporan Pengamatan
Pengamatan
adalah pengawasan terhadap kegiatan atau peristiwa tertentu. Setelah melakukan
pengamatan, biasanya kamu akan diminta untuk membuat laporan. Laporan adalah
bentuk penyajian fakta tentang keadaan atau kegiatan. Fakta yang dilaporkan
merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan yang dialami sendiri oleh
si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika melakukan
pengamatan.
1.
Ciri-Ciri Laporan Pengamatan
a.
Ringkas
Dalam laporan yang
ditulis hanya mengemukakan hal-hal yang penting secara ringkas yang berhubungan
dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahnnya.
b.
Lengkap
Laporan dapat semakin
lengkap jika dilengkapi dengan sumber-sumber kepustakaan.
c. Logis
Laporan dapat dianggap
logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasan yang
masuk akal.
d. Sistematis
Laporan dianggap
sistematik jika keterangan yang tulisnya disusun dalam satuan-satuan yang
berurutan dan saling berhubungan.
3.
Sistematika Laporan Pengamatan
Urutan
isi laporan sebaiknya diatur sehingga pembaca laporan mudah memahaminya. Sistematika penulisan
kerangka laporan adalah sebagai berikut.
a. Judul dan nama kegiatan
b. Tujuan kegiatan
c. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
d. Hasil pengamatan
e. Penutup
D.
Fungsi Laporan
Laporan
mempunyai beberapa fungsi, antara lain:
1. bentuk pertanggungjawaban tugas atau
kegiatan,
2. menginformasikan hasil kegiatan, dan
3. mendokumentasikan hasil pengamatan
sebagai sumber pengetahuan.
Latihan
Level 1
A. Berilah tanda silang
(X) pada jawaban yang paling tepat.
1. Pengamatan disebut
juga dengan ....
a. konfirmasi
b. distribusi
c. obeservasi
d. reparasi
2. Kegiatan pengamatan
bertujuan untuk mendapatkan ....
a. uang
b. informasi
c. bahan baku
d. hasil alam
3. Pengamatan biasanya
dilakukan untuk tugas berupa ....
a. penelitian
b. ulangan harian studi pustaka
c. studi pustaka
d. pembuatan karya seni
4. Laporan penelitian
harus disusun secara sistematis. Arti dari kata sistematis
adalah ....
a. urut
b. jelas
c. apa adanya
d. mudah dipahami
5. Berikut ini yang
tidak termasuk contoh pengamatan di lingkungan sekolah
adalah ....
a. pengamatan tingkat
kejemihan sungai
b. pengamatan taman
sekolah
c. pengamatan pedagang
di sekitar sekolah
d. pengamatan perilaku
siswa ketika belajar di kelas
6. Ketika melakukan
pengamatan, hal yang tidak boleh dilupakan adalah ....
a. bekal konsumsi
b. mencatat informasi
c. telepon genggam
d. buku pelajaran
7. Bahasa yang tidak
digunakan dalam laporan pengamatan adalah bahasa yang ....
a. baku dan jelas
b. logis dan jelas
c. jelas dan baku
d. menarik dan indah
8. Setelah melakukan
pengamatan, hal yang perlu dilakukan adalah membuat ….
a. laporan pengamatan
b. pesta perpisahan
c. kerajinan tangan
d. laporan keuangan
9. Isi laporan
pengamatan harus dibuat berdasarkan ....
a. keinginan penulis
b. minat penulis
c. kesukaan guru
d. fakta
10. Hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat laporan pengamatan adalah ….
a. laporan harus
berdasarkan fakta yang benar
b. ditulis dan
disajikan secara tidak lengkap
c. ditulis secara
singkat dan tidak jelas
d. menggunakan bahasa
sehari-hari
11. Berikut ini yang
tidak termasuk sistematika laporan pengamatan adalah ....
a. hipotesis
b. judul dan nama
kegiatan
c. hasil pengamatan
d. penutup
12. Hal yang tidak
perlu dilakukan dalam penulisan laporan adalah ....
a. penulisan yang
sistematis
b. bahasa yang
komunikatif
c. fakta yang
direkayasa
d. penjelasan yang
mudah dipahami
13. Berikut ini yang
tidak termasuk ciri-ciri laporan pengamatan adalah ....
a. logis
b. lengkap
c. sistematis
d. spekulatif
14. Berikut ini,
penulisan judul laporan pengamatan yang paling tepat adalah ….
a. Perbandingan
kualitas hidup masyarakat kota dengan desa
b. Percobaan
perkembangbiakan pohon mangga dengan sistem cangkok
c. Hasil pengamatan
masyarakat desa dalam memelihara ikan lele dumbo
d. Kegiatan siswa SD
Cendrawasih Kota Depok dalam mengisi liburan sekolah
Perhatikan gambar
berikut, kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16.
15. Hal-hal yang
diamati sesuai gambar di atas adalah ....
a. guru dan kepala
sekolah
b. pedagang dan barang
dagangan
c. siswa dan guru
d. seluruh siswa dan
guru
16. Kegiatan pada
gambar di atas dilakukan di ....
a. rumah
b. masyarakat
c. sekolah
d. luar sekolah
17. Fungsi laporan
pengamatan adalah untuk menjelaskan ....
a. hasil kegiatan
b. posisi keuangan
c. sesuatu yang sudah
terjadi
d. masa depan
lingkungan
18. Jika laporan tidak
ditulis dengan benar, maka hasilnya tidak dapat ....
a. disetorkan
b. dipertanggungjawabkan
c. dijual
d. dicetak
19. Salah satu fungsi
laporan pengamatan adalah sebagai ....
a. sumber pengetahuan
b. sumber masalah
c. tempat mencari
pertanyaan
d. laporan nonbaku
20. Jika keterangan
yang dikemukakannya dalam laporan dapat ditelusuri alasan alasan yang masuk
akal, maka laporan tersebut telah memenuhi salah satu syarat laporan
pengamatan, yaitu....
a. ringkas
b. logis
c. lengkap
d. sistematis
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat.
1. Laporan hasil
pengamatan dibuat berdasarkan....
2. Menulis laporan
hasil pengamatan harus berdasarkan ....
3. Salah satu ciri
laporan pengamatan adalah lengkap. Artinya, laporan pengamatan harus ....
4. Bacalah teks berikut.
Selama pembibitan, tanaman disiram
seminggu sekali atau ketika tanah sudah tampak kering. Penyiraman juga
dibarengi dengan pemberian vitamin yang dilarutkan dalam air untuk menyiram.
Teks di atas adalah
penggalan dari jenis laporan ....
5. Jika data yang yang
disajikan dalam laporan tidak sesuai dengan fakta di lapangan, maka sebuah
laporan dapat dinyatakan ....
6. Perhatikan sistematika laporan
pengamatan berikut.
a. Hasil pengamatan
b. Judul dan nama kegiatan
c. Penutup
d. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
e. Tujuan kegiatan
Urutan sistematika
laporan pengamatan yang tepat adalah ....
7. Sekumpulan data atau
fakta yang diolah sehingga mempunyai arti bagi penerima disebut ....
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 8 sampai dengan 10.
Siswa kelas VI sedang mengadakan
pengamatan di salah satu peternakan warga. Dalam kegiatan tersebut, ada banyak
objek yang diamati para siswa. Contohnya, peternak, hewan ternak, pakan ternak,
serta cara membersihkan ternak dan kandangnya. Dari hasil pengamatan tersebut,
akhirnya para siswa mengetahui cara beternak yang baik dan benar.
8. Pengamatan pada teks
di atas dilakukan di ....
9. Objek yang diamati
siswa, antara lain ....
10. Berkat pengamatan
tersebut para siswa menjadi tahu cara ....
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 11 sampai dengan 13.
Terumbu karang adalah rumah bagi
hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian masyarakat mengambilnya
untuk hiasan. Tindakan
tersebut beresiko mengancam keberadaan terumbu karang. Akibatnya, ikan-ikan
kehilangan tempat tinggal. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan di laut akan
punah.
11. Kata baku yang
tepat untuk mengganti kata yang dicetak miring adalah ....
12. Ide pokok dari
paragraf tersebut adalah ....
13. Jika parusakan
terumbu karang dibiarkan, hal yang akan terjadi adalah ....
Perhatikan gambar
berikut, kemudian kerjakan soal nomor 14 dan 15.
14. Gambar di atas,
menunjukkan kegiatan pengamatan terhadap ....
15. Pengamatan pada
gambar dilakukan secara ....
C. Kerjakanlah soal-soal di bawah ini.
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan pengamatan.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Tuliskan ciri-ciri
laporan pengamatan beserta penjelasannya masing-masing.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Tuliskan sistematika
laporan pengamatan.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa sajakah fungsi
dari laporan pengamatan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa jadinya jika
laporan pengamatan tidak sesuai dengan data diperolah di lapangan?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Level 2
A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban
yang paling tepat.
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 1 sampai dengan 3.
Murid-murid kelas VI SD Karyabakti
mengadakan pengamatan dan wawancara terhadap salah seorang pengusaha krupuk.
Dari hasil pengamatan dan wawancara tersebut diperoleh informasi mengenai cara
pembuatan krupuk yang enak dan renyah. Para pengusaha mampu menjaga kualitas
krupuk, sehingga dapat dinikmati konsumen dengan aman.
1. Narasumber dalam
kegiatan tersebut adalah ....
a. guru SD Karyabakti
b. penduduk sekitar SD
Karyabakti
c. orang tua murid
d. pengusaha kerupuk
Pengamatan yang
dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang ....
a. produksi minuman
b. distribusi makanan
c. proses pembuatan
krupuk
d. harga bahan pokok
3. Dari kegiatan
tersebut, para murid menjadi tahu proses pembuatan krupuk
yang berkualitas dan
aman untuk ....
a. dijual
b. diproduksi ulang
c. disimpan lama
d. dikonsumsi
4. Langkah paling
sederhana untuk menyimpulkan ide pokok adalah dengan cara ....
a. membaca banyak
literatur
b. mencarinya di
internet
c. mencari kalimat
utamanya
d. membaca teks dengan
lantang
5. Anton dan Made
mendapatkan tugas untuk mengamati proses pelestarian penyu. Oleh karena itu,
tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah ….
a. pet shop
b.
penangkaran penyu
c. kebun binatang
d. museum
Perhatikan gambar
berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 sampai dengan 8.
6. Gambar di atas
adalah aktivitas mewawancarai ....
a. petugas kebersihan
b. penjaga sekolah
c. kepala sekolah
d. pedagang
7. Tujuan wawancara
tersebut adalah untuk memperoleh data tentang ....
a. pendidikan di
sekolah
b. keamanan sekolah
c. kegiatan berdagang
d. pelestarían tahaman
8. Orang yang
diwawancarai disebut dengan istilah ....
a. pembicara
b. narasumber
c. panelis
d. juru bicara
9. Mencatat adalah
kegiatan yang sangat penting dalam pengamatan. Tindakan tersebut dilakukan
untuk menghindari ....
a. pembenaran data
b. pemalsuan data
c. ketepatan data yang
diperoleh
d. kehilangan dan
kekeliruan informasi
10. Dalam membuat
laporan, bahasa yang digunakan haruslah Bahasa yang ….
a. baku, baik, dan
benar.
b. gaul dan mudah
dibaca
c. biasa saja
d. baik dan singkat
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 11 sampai dengan 15.
Perburuan hewan secara liar dapat
mengancam populasi hewan yang bersangkutan. Jika tidak ditindak tegas, perburuan
liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem alam pun
menjadi terganggu. Oleh karena itu, perburuan liar harus dihentikan.
11. Ide pokok dari
paragraf di atas adalah ....
a. perburuan hewan
dapat mengancam populasi hewan
b. penyebab kepunahan hewan
c. langkah-langkah
untuk mencegah kepunahan hewan
d. kegiatan perburuan
liar
12. Akibat yang dapat
ditimbulkan dari perburuan liar adalah ….
a. keseimbangan
ekosistem
b. kepunahan
c. pemerataan
pendapatan
d. kelestarian alam
13. Kesimpulan dari
paragraf tersebut adalah ....
a. pemerintah harus
mengatur kegiatan perburuan
b. pembuatan hutan
lindung sangat diperlukan
c. perburuan liar harus
segera dihentikan
d. kegiatan perburuan
harus dibatasi
14. Informasi yang
tidak tepat berdasarkan teks di atas adalah ....
a. perburuan liar
mengancam populasi
b. perburuan liar dapat
menyebabkan kepunahan
c. perburuan liar
mengganggu keseimbangan ekosistem
d. kegiatan perburuan
harus mendapat dukungan dari pemerintah
15. Kalimat utama dalam
paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
B.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 1 sampai dengan 5.
Tumbuhan memerlukan air untuk berkembang
biak, begitu juga manusia. Air digunakan oleh manusia untuk keperluan minum,
mandi, dan memasak. Tumbuhan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang biak.
Bisa dibayangkan jika tumbuhan dan manusia kekurangan air, perkembangan
hidupnya tidak akan sempurna. Dengan demikian betapa pentingnya air bagi
manusia dan tumbuhan.
1. Ide pokok pada paragraf di atas adalah ....
2. Berdasarkan teks,
manusia memanfaatkan air untuk berbagai keperluar yaitu ...., ...., dan ....
3. Jika kekurangan air,
perkembangan hidup tumbuhan dan manusia menjadi ….
4. Kalimat utama dalam
paragraf tersebut adalah kalimat ke- ....
5. Tumbuhan memerlukan
air untuk .... dan ....
Bacalah kutipan laporan pengamatan
berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 sampai dengan 9.
Hari/tanggal : Senin, 22 Oktober 2018
Pukul :
10.00 WIB
Tempat :
Penangkaran penyu di Ujung Genteng, Sukabumi
6. Berdasarkan teks di
atas, pengamatan dilangsungkan tanggal ....
7. Tempat pelaksanaan
pengamatan adalah ....
8. Waktu pelaksanaan
pengamatan adalah ....
9. Objek yang diamati
pada kegiatan tersebut adalah ....
10. Bacalah teks
berikut.
Hutan lindung berfungsi sebagai penampung
air di musim hujan. Air yang terserap kemudian dilepas sedikit demi sedikit
melalui mata air. Selain itu, hutan lindung juga menjaga suhu udara tetap
lembap sehingga tidak terjadi kekeringan.
Ide pokok paragraf di
atas adalah ....
C. Kerjakan soal-soal di bawah ini.
1. Bacalah teks
berikut.
Air adalah unsur yang penting dalam
kehidupan manusia.
Kembangkanlah sebuah
paragraf berdasarkan kalimat tersebut.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan
soal nomor 2 sampai dengan 4.
Setiap hari kita memerlukan air baik untuk
mandi, minum, atau mencuci. Di bidang pertanian air digunakan untuk mengairi
sawah. Di
wilayah tertentu air dapat digunakan untuk sarana transportasi. Di bidang
teknologi bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir sebagai pembangkit
listrik.
2. Apakah ide pokok
dari paragraf tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apa kesimpulan dari
paragraf tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Kembangkanlah ide
pokok paragraf tersebut menjadi beberapa kalimat yang membentuk satu paragraf.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Perhatikan gambar
berikut.
Kembangkanlah sebuah
paragraf berdasarkan gambar di atas.
D. Kegiatan: Portofolio
Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Paragraf Baru
Langkah Kegiatan:
1.Carilah artikel
tentang pentingnya menyelamatkan makhluk hidup
bagi keseimbangan alam.
2. Bacalah dan
pahamilah setiap paragraf dalam teks tersebut.
3. Catatlah ide pokok
dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
4. Kembangkanlah setiap
ide pokok menjadi paragraf baru dengan kata-katamu sendiri.
5. Tukarkan hasil
pekerjaanmu dengan teman sebangkumu.
6. Minta temanmu untuk
mengidentifikasi ide pokok dari setiap paragraph buatanmu.
Komentar
Posting Komentar