PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemuan yang Mengubah Dunia Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI
Tema 3 Tokoh dan Penemuan
Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia
Pendamping Pembelajaran 4
Pendalaman Materi
Muatan Bahasa Indonesia
KD 3.2 dan 4.2
Menyajikan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi dalam Bentuk Diagram
Ayo, ingat kembali!
Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan
penutup. Kita dapat memahami sebuah teks eksplanasi dengan membacanya dengan
cermat. Selain itu, kita dapat mengajukan pertanyaan apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana dari teks tersebut. Kita dapat menuliskan
informasi tersebut dalam bentuk diagram. Penyajian informasi dalam bentuk
diagram akan memudahkan kita untuk mengingat dan memahami informasi dari suatu
teks.
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Bacalah kembali teks
berjudul "James Watt, Sang Penemu Mesin Uap" pada pembelajaran
sebelumnya!
2. Tuliskanlah
informasi penting dari teks tersebut dalam bentuk diagram seperti berikut!
3. Tuliskan hasilnya
pada buku tugasmu. Setelah itu, berikan pada gurumu untuk dinilai! Tema 3
Subtema 1 Penemu yang Mergul
Pendalaman Materi
Muatan PPKn KD 3.2 dan 4.2
Penggunaan Hak yang Bertanggung Jawab
Mematikan lampu ketika berada di ruangan cukup cahaya menggunakan penggunaan hak yang bertanggung jawab
Tahukah kamu, konsep
dan penerapan pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya ke rumah
merupakan ide dari Thomas Alva Edison? Pendistribusian listrik dari pembangkit
listrik sampai ke rumah memerlukan perjalanan panjang dan biaya yang tidak
sedikit. Selain itu, listrik yang kita gunakan sehari-hari umumnya berasal dari
sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus
bertanggung jawab terhadap penggunaan hak kita dalam memanfaatkan listrik di
rumah. Berikut contoh-contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab beserta
manfaatnya.
1. Di Rumah
a. Bermain dengan
nyaman, lalu merapikan mainan selesai bermain.Hal itu dilakukan agar mainan
tidak cepat rusak.
b. Menonton film
kesukaan di televisi dengan jarak yang benar dan tidak terlalu malam. Hal itu
dilakukan agar mata tidak rusak dan tidak bangun kesiangan.
c. Makan makanan sehat
dan bergizi, lalu mencuci piring kotor yang telah digunakan. Hal itu dilakukan
agar rumah tidak berantakan dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.
2. Di Sekolah
a. Mendapat pengajaran dengan mendengarkan penjelasan guru. Hal itu dilakukan agar dapat memahami ilmu yang diajarkan.
b. Membaca buku di
perpustakaan dengan tenang. Hal itu dilakukan agar dapat membaca dengan fokus.
c. Bermain saat jam
istirahat tanpa menimbulkan kegaduhan. Hal itu dilakukan agar situasi sekolah
tetap kondusif.
3. Di Masyarakat
a. Bermain di taman
tanpa menginjak rumput. Hal itu dilakukan agar rumput tidak mati dan tetap
hijau.
b. Diperbolehkan ikut
kerja bakti sesuai kemampuan. Hal itu dilakukan agar pekerjaan yang dikerjakan
dapat diselesaikan dengan baik.
c. Bermain sepeda tidak
di jalan raya. Hal itu dilakukan agar selamat dan tidak terluka.
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal
berikut!
1. Tuliskan contoh
penggunaan hak kita yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan energi listrik!
2. Tuliskan
masing-masing dua contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab di lingkungan
rumah, sekolah, dan masyarakat beserta manfaatnya!
3. Ceritakan
pengalamanmu saat menggunakan hakmu secara bertanggung jawab di lingkungan
rumah beserta manfaat yang kamu rasakan kepada teman sebelahmu!
Komentar
Posting Komentar