PEMBELAJARAN TEMATIK Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemuan yang Mengubah Dunia Kelas 6 SDN 1 BAKAUHENI

 

Tema 3 Tokoh dan Penemuan

Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Pendamping Pembelajaran 4

 

Pendalaman Materi

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2

 

Menyajikan Informasi Penting dari Teks Eksplanasi dalam Bentuk Diagram

Ayo, ingat kembali! Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup. Kita dapat memahami sebuah teks eksplanasi dengan membacanya dengan cermat. Selain itu, kita dapat mengajukan pertanyaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dari teks tersebut. Kita dapat menuliskan informasi tersebut dalam bentuk diagram. Penyajian informasi dalam bentuk diagram akan memudahkan kita untuk mengingat dan memahami informasi dari suatu teks.

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Bacalah kembali teks berjudul "James Watt, Sang Penemu Mesin Uap" pada pembelajaran sebelumnya!

2. Tuliskanlah informasi penting dari teks tersebut dalam bentuk diagram seperti berikut!

3. Tuliskan hasilnya pada buku tugasmu. Setelah itu, berikan pada gurumu untuk dinilai! Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mergul

 

Pendalaman Materi

Muatan PPKn KD 3.2 dan 4.2

 

Penggunaan Hak yang Bertanggung Jawab

Mematikan lampu ketika berada di ruangan cukup cahaya menggunakan penggunaan hak yang bertanggung jawab


Tahukah kamu, konsep dan penerapan pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya ke rumah merupakan ide dari Thomas Alva Edison? Pendistribusian listrik dari pembangkit listrik sampai ke rumah memerlukan perjalanan panjang dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, listrik yang kita gunakan sehari-hari umumnya berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus bertanggung jawab terhadap penggunaan hak kita dalam memanfaatkan listrik di rumah. Berikut contoh-contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab beserta manfaatnya.

 

1. Di Rumah

a. Bermain dengan nyaman, lalu merapikan mainan selesai bermain.Hal itu dilakukan agar mainan tidak cepat rusak.

b. Menonton film kesukaan di televisi dengan jarak yang benar dan tidak terlalu malam. Hal itu dilakukan agar mata tidak rusak dan tidak bangun kesiangan.

c. Makan makanan sehat dan bergizi, lalu mencuci piring kotor yang telah digunakan. Hal itu dilakukan agar rumah tidak berantakan dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

 

2. Di Sekolah

a. Mendapat pengajaran dengan mendengarkan penjelasan guru. Hal itu dilakukan agar dapat memahami ilmu yang diajarkan.

b. Membaca buku di perpustakaan dengan tenang. Hal itu dilakukan agar dapat membaca dengan fokus.

c. Bermain saat jam istirahat tanpa menimbulkan kegaduhan. Hal itu dilakukan agar situasi sekolah tetap kondusif.

 

3. Di Masyarakat

a. Bermain di taman tanpa menginjak rumput. Hal itu dilakukan agar rumput tidak mati dan tetap hijau.

b. Diperbolehkan ikut kerja bakti sesuai kemampuan. Hal itu dilakukan agar pekerjaan yang dikerjakan dapat diselesaikan dengan baik.

c. Bermain sepeda tidak di jalan raya. Hal itu dilakukan agar selamat dan tidak terluka.

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut!

1. Tuliskan contoh penggunaan hak kita yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan energi listrik!

2. Tuliskan masing-masing dua contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat beserta manfaatnya!

3. Ceritakan pengalamanmu saat menggunakan hakmu secara bertanggung jawab di lingkungan rumah beserta manfaat yang kamu rasakan kepada teman sebelahmu!

Komentar