Pembelajaran IPAS Volume 2 Bab 5 Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya Kelas 4 SDN 1 BAKAUHENI
Bab 5
Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya
2. Kenampakan Alam Perairan
a. Sungai
![]() |
https://ridhoks.files.wordpress.com/2013/11/pasar-terapung-banjarmasin-4.jpg |
Sungai adalah aliran air yang
mengalir dari daerah tinggi (hulu) ke daerah yang lebih rendah (hilir). Aliran
sungai mengalir menuju laut. Sungai ada di seluruh wilayah Indonesia. Contoh
sungai di Indonesia antara lain, Sungai Bengawan Solo (Jawa Tengah), Sungai
Kapuas (Kalimantan Barat), dan Sungai Musi (Sumatra Selatan).
Aliran sungai dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti irigasi lahan pertanian, peternakan tambak ikan, sarana olahraga air, serta transportasi air. Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai. Penduduk sekitar memanfaatkan sungai sebagai sarana transportasi dan perdagangan. Para pedagang melakukan kegiatan jual beli di pasar terapung.
b. Rawa
Rawa adalah daratan yang selalu
digenangi air. Rawa berada di dekat sungai atau pantai. Genangan air di rawa
tidak sedalam di danau atau sungai. Rawa dapat menyerap dan menyimpan kelebihan
terutama saat musim hujan. Tumbuhan yang banyak tumbuh di rawa adalah bakau.
![]() |
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/Muthupet.jpg/320px-Muthupet.jpg |
c. Danau
![]() |
https://pariwisataindonesia.id/wp-content/uploads/2022/10/Pariwisata-Indonesia-Danau-Kelimutu-NTT.jpg |
Danau Kelimutu berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Danau adalah bagian permukaan Bumi
berupa cekungan luas di wilayah daratan yang digenangi air. Danau merupakan
kenampakan alam perairan yang berada di daratan. Air yang menggenangi danau
berasal dari aliran sungai, air hujan, atau air tanah. Danau menyimpan potensi
kekayaan alam berupa genangan air yang luas.
Potensi danau banyak dimanfaatkan
sebagai sarana olahraga dayung dan kano, tempat pengairan sawah, pembudidayaan
ikan dengan keramba, serta objek wisata. Contoh danau di Indonesia adalah Danau
Toba di Sumatra Utara. Danau Toba dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi yang
banyak dikunjungi wisatawan.
![]() |
https://www.mongabay.co.id/wp-content/uploads/2023/06/Beach.jpeg |
Laut adalah kumpulan air asin luas
yang memisahkan daratan (pulau atau benua) satu dengan lainnya. Setiap laut
memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Wilayah Indonesia dikelilingi oleh laut
yang luas. Contoh laut di Indonesia adalah Laut Jawa. Laut-laut di Indonesia
dimanfaatkan sebagai sarana transportasi antarpulau dan sarana perdagangan
antarnegara, sebagai tempat nelayan mencari ikan, sarana olahraga air, serta
objek wisata bahari.
Ayo Jawab Kuis
1. Apa nama laut terdalam di Indonesia?
2. Apa saja bentuk pemanfaatan potensi laut tersebut?
Kegiatan
Buklet tentang Ragam Kenampakan Alam di Indonesia
Ayo, cari tahu mengenai bentuk pemanfaatan kenampakan alam di
Indonesia.
1. Siapkan beberapa lembar kertas HVS, gunting, tali kasur,
pembolong kertas, dan alat tulis.
2. Pilihlah satu pulau
di Indonesia. Misalnya, Pulau Sumatra. Carilah informasi mengenai ragam
kenampakan alam di pulau tersebut. Carilah juga informasi mengenai
bentuk-bentuk pemanfaatan kenampakan alamnya.
3. Kalian dapat
mencari informasi dari buku, ensiklopedia, koran, majalah, atau internet.
Mintalah bimbingan orang tua saat menggunakan internet.
4. Potonglah kertas
HVS menjadi dua bagian sama besar. Setelah itu, satukan bagian-bagian HVS
menjadi sebuah buku kecil. Lubangi bagian pinggir kertas menggunakan pembolong
kertas. Lalu, potonglah tali kasur dengan ukuran 10 cm. Masukkan potongan tali
kasur ke setiap lubang kertas. Ikatlah tali kasur dengan kencang hingga
tumpukan kertas menyatu dengan erat.
5. Tulislah informasi yang diperoleh dalam buklet tersebut.
6.
Kalian juga dapat menambahkan gambar yang sesuai. Misalnya, kalian dapat
mencetak gambar lalu menempelkannya pada buklet. Kalian dapat menempelkan
gambar di bagian bawah informasi.
7. Tulislah nama kalian dan judul isi buklet pada halaman
depan.
8. Kumpulkan kepada guru untuk dinilai.
![]() |
Contoh kreasi buklet yang dapat kamu buat. |
Diskusi
1. Apakah kenampakan alam yang ada memengaruhi kehidupan penduduk
setempat?
2. Adakah pemanfaatan yang merugikan lingkungan alam sekitar?
3. Apa saranmu agar
pemanfaatan kenampakan alam tersebut dapat turut menjaga kelestarian lingkungan
alam sekitar?
B. Kearifan Lokal di
Indonesia
Setiap
wilayah memiliki potensi alam yang beragam. Keragaman tersebut disebabkan
kenampakan alam yang ada di sekitarnya. Selain potensi alam, kenampakan alam
juga memengaruhi kearifan lokal yang ada di suatu daerah.
1. Pengertian Kearifan
Lokal
Sebagai orang yang berasal dari luar
daerah, kita harus menghargai dan menaati adat istiadat yang berlaku di daerah
setempat. Selain adat istiadat, kita juga harus menghargai kearifan lokal yang
ada di suatu daerah. Kearifan lokal merupakan gagasan atau pandangan hidup
masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun di suatu daerah. Kearifan lokal
diwujudkan dalam berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat.
Nilai-nilai luhur dalam kearifan
lokal dapat digunakan sebagai modal pembangunan tanpa merusak lingkungan sosial
dan alam. Sebagai sebuah budaya yang diwariskan, kearifan lokal patut dijadikan
sebagai pegangan hidup masyarakat. Kearifan lokal dapat dilihat dalam aktivitas
masyarakat, seperti kepercayaan, budaya, dan adat istiadat.
![]() |
https://img.okezone.com/content/2022/09/24/549/2674120/mengenal-bedog-sajam-asli-suku-baduy-pembuatannya-tidak-sembarangan-lFTLhHBDhC.jpg |
Suku Badui mempertahankan hidup secara sederhana dan masih
bergantung pada alam.
Suatu kearifan lokal memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Memiliki kemampuan menyatukan unsur-unsur budaya asing ke
dalam budaya asli.
b. Memberikan arah terhadap perkembangan budaya.
c. Memasukkan nilai etika dan nilai moral ke dalam
masyarakat.
d. Mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan
alam.
e. Diwariskan secara turun-temurun oleh generasi sebelumnya.
Ayo Jawab Kuis
1. Apa saja wujud kearifan lokal?
2. Apa saja ciri-ciri sebuah kearifan lokal di suatu wilayah?
2. Ragam Kearifan Lokal di Indonesia
Bangsa Indonesia terdiri atas suku
bangsa yang beragam. Kearifan lokal menjadi ciri khas yang membedakan antara
suku bangsa satu dengan lainnya. Kearifan lokal merupakan warisan nenek moyang
yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat.
Batik merupakan wujud kearifan lokal
pada seni tekstil di Indonesia. Batik Indonesia memiliki corak motif yang unik
dan indah. Selain indah, motif batik juga makna yang berisi harapan, nasihat,
dan doa-doa kepada Tuhan.
Contohnya adalah motif batik parang
rusak seperti pada gambar. Motif batik parang memiliki makna nasihat agar tidak
mudah menyerah. Makna ini dapat dilihat dari motifnya yang berisi jalinan tidak
terputus.
![]() |
https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/10/07/contoh-motif-batik-parang-rusak.jpeg?w=1000 |
Kain batik bermotif parang rusak digunakan sebagai aksesori pelengkap pada pertunjukan tari tradisional.
Kearifan lokal juga diterapkan dalam
kegiatan pertanian yang dilakukan oleh masyarakat. Contohnya dalam sistem
pertanian Nyabuk Gunung di wilayah Jawa Tengah dan Mitracai di wilayah Jawa
Barat. Sistem pertanian ini dilakukan di wilayah dataran tinggi. Penduduk
setempat biasanya memanfaatkan lahan pertanian dengan tetap mempertahankan
bentuk tanah sesuai dengan lingkungan aslinya.
Ayo Jawab Kuis
1.
Tuliskan
dua contoh kearifan local dari daerah asalmu.
2.
Apa
saja keunikan dari kearifan local tersebut?
3. Fungsi Kearifan Lokal di Indonesia
Sebagai produk budaya yang dapat dijadikan pegangan hidup, kearifan lokal memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.
a. Melestarikan sumber daya alam.
b. Mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan kepada
generasi selanjutnya.
c. Sebagai petuah berisi kepercayaan
atau pantangan yang harus ditaati oleh masyarakat di suatu wilayah.
d. Melestarikan akhlak dan budi pekerti yang diwujudkan dalam upacara adat.
e. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
![]() |
https://a.files.bbci.co.uk/worldservice/live/assets/images/2016/08/08/160808001850_dieng_gimbal_5_640x360_liliekdharmawan.jpg |
Ayo Berlatih
1. Indonesia memiliki kearifan lokal yang beragam.
a. Apa yang dimaksud dengan kearifan
lokal?
b. Tulislah kearifan lokal yang ada
di daerah tempat tinggalmu.
c. Apa fungsi kearifan lokal tersebut
bagi masyarakat setempat?
2. Setiap wilayah memiliki kearifan lokal yang dilaksanakan
dan ditaati oleh masyarakat setempat.
a. Mengapa masyarakat harus menaati
kearifan lokal di suatu tempat?
b. Bagaimana caramu menghargai
kearifan lokal di wilayah tempat tinggal?
3. Bacalah artikel singkat berikut dengan saksama.
Suku Badui
Suku Badui merupakan salah satu suku
yang ada di Indonesia. Suku Badui bermukim di daerah pedalaman Kabupaten Lebak,
Provinsi Banten. Suku Badui masih mempertahankan kearifan lokal yang ada. Hal
ini tercermin dari perilaku masyarakat Badui yang berpedoman kepada buyut yang
telah ditentukan dalam bentuk pikukuh karuhun.
Pikukuh karuhun ini tidak boleh
dilanggar atau diubah oleh siapapun. Seluruh anggota suku Badui harus menaati
tatanan kehidupan yang ada dan sudah berlaku secara turun temurun. Sebagai
masyarakat luar, kita juga harus menaati pikukuh ini saat berkunjung ke Badui.
Beberapa pikukuh yang harus ditaati, antara lain larangan menebang sembarangan
jenis tanaman, larangan menggunakan teknologi kimia yang dapat merusak
kelestarian lingkungan, serta kegiatan berladang harus sesuai ketentuan adat
yang berlaku.
Sumber: disarikan dari berbagai sumber.
a. Apa yang kamu ketahui tentang pikukuh karuhun?
b. Jika kamu
mengunjungi Badui, apa saja hal yang harus kamu lakukan sesuai kearifan lokal
setempat?
c. Apa saja aturan yang terdapat pada pikukuh karuhun?
Kegiatan
Menyajikan Informasi tentang Kearifan
Lokal dalam Bentuk Poster
Setiap daerah memiliki kearifan lokal
yang unik. Ayo, mencari tahu tentang ragam kearifan lokal di Indonesia.
Lakukanlah kegiatan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa.
2. Setiap kelompok
ditugaskan mencari informasi mengenai kearifan lokal dari salah satu pulau di
Indonesia.
3. Carilah informasi
mengenai hal-hal berikut. Kalian dapat mencari informasi di buku, koran,
majalah, atau internet.
a. Kearifan lokal unik yang dilakukan
oleh penduduk di suatu pulau.
b. Kearifan lokal yang banyak
dilakukan oleh penduduk tersebut.
c. Nilai dan manfaat dari pelaksanaan
kearifan lokal tersebut.
d. Upaya yang dapat kalian lakukan
untuk menjaga kelestarian kearifan lokal tersebut.
4. informasi yang kelompok peroleh dalam bentuk poster.
5. Buatlah poster pada
kertas karton. Tempelkan gambar terkait kearifan lokal yang kalian pilih.
Setelah itu, tulislah informasi yang diperoleh di bawah gambar tersebut.
6. Hias dan sajikan poster dengan kreativitas kelompok
semenarik mungkin.
7. Kelompok dapat
menambahkan gambar sesuai dengan informasi mengenai kearifan lokal yang
disajikan.
8. Presentasikan poster buatan kelompok di depan kelas dengan
percaya diri.
Diskusi
1. Kearifan lokal manakah yang
menurut kelompok paling unik?
2. Apakah kearifan lokal
tersebut dapat hilang?
3. Apakah kearifan lokal tersebut
dilaksanakan oleh seluruh masyarakat sekitar?
4. Bagaimana sikap kelompok terhadap
perbedaan kearifan lokal yang ada?
5. Tulislah rencana
yang akan kelompok terapkan dalam kehidupan setelah mempelajari kearifan lokal
dalam kegiatan ini.
Latihan Ulangan Bab 5
A. Pilihlah jawaban yang tepat.
1. Kenampakan alam
yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut disebut ….
a. dataran rendah
b. gunung
c. pantai
d. bukit
2. Perhatikan ciri-ciri kenampakan alam berikut.
(1) Memiliki udara yang sejuk dan
tanah yang subur.
(2) Tempat kegiatan peternakan sapi
perah.
(3) Menjadi tujuan tempat
peristirahatan saat musim liburan.
(4) Berada di ketinggian lebih dari
600 meter di atas permukaan laut.
Jenis kenampakan alam yang memiliki ciri-ciri
tersebut adalah ….
a. laut
b. pantai
c. gunung
d. dataran tinggi
3. Suatu daerah
berbatasan langsung dengan laut. Daerah itu memiliki tanah yang landai dan
berpasir. Contoh pemanfaatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat sekitar
adalah ….
a. membangun perkebunan cengkih
b. menanami lahan dengan sayuran
c. mendirikan peternakan sapi
d. membuat tambak garam
4. Setiap pulau di Indonesia memiliki kenampakan alam beragam. Misalnya, sebagian besar kenampakan alam di Pulau Kalimantan berupa sungai beraliran tenang. Kegiatan sesuai dengan pemanfaatan yang ses kenampakan alam tersebut adalah ….
a. membudidayakan pertanian jagung
b. memanfaatkan aliran
sungai sebagai sarana pasar apung
c. membangun pusat
industri
d. mendirikan
perkebunan teh
5. Perhatikan
gambar berikut.
Kenampakan alam yang ada pada gambar
adalah ….
a. laut dan bukit
b. lembah dan gunung
c. pantai dan dataran rendah
d. dataran rendah dan sungai
6. Perhatikan ciri-ciri berikut.
1) Aliran air yang panjang dan
berkelok-kelok di atas daratan.
2) Banyak dimanfaatkan untuk irigasi
persawahan di Pulau Jawa.
Ciri-ciri tersebut sesuai dengan kenampakan
alam, yaitu ….
a. laut
b. rawa
c. danau
d. Sungai
7. Perhatikan tabel berikut.
No. |
Jenis Kenampakan Alam |
Asal Daerah |
1 |
Gunung Tangkupan Perahu |
Jawa Barat |
2 |
Dataran Tinggi Agam |
Jawa Tengah |
3 |
Sungai Kapuas |
Kalimantan Barat |
4 |
Pantai Losari |
Bali |
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 3) dan 4)
8. Suku Badui masih
mempertahankan kearifan lokal setempat hingga saat ini. Suku Badui berasal dari
daerah ….
a. Banten
b. Bengkulu
c. Maluku Utara
d. Nusa Tenggara Barat
9. Berikut ini yang termasuk
ciri-ciri kearifan lokal adalah ….
a. sulit untuk menyatu dengan budaya
asing.
b. diwariskan secara turun temurun
c. mengandung unsur-unsur budaya
asing yang modern
d. melarang masyarakat untuk menjaga
kelestarian lingkungan
10. Subak merupakan contoh kearifan
lokal masyarakat Bali dalam bidang ….
a. budaya
b. pariwisata
c. kesenian
d. pertanian
B. Isilah dengan jawaban yang tepat.
1. Permukiman nelayan biasanya berada
di ....
2. Gunung ljen di Jawa
Timur menghasilkan banyak belerang. Belerang banyak dimanfaatkan sebagai ….
3. Perhatikan gambar berikut.
Pemanfaatan seperti pada gambar
banyak dijumpai di wilayah dengan kenampakan alam berupa ….
4. Danau terbesar di Indonesia
terdapat di daerah ….
5. Tradisi melompati sebuah batu
besar adalah kearifan lokal yang berasal dari daerah ….
C. Kerjakan soal-soal berikut.
1. Sebagian provinsi di Indonesia
berupa dataran rendah.
a. Tulislah dua contoh pemanfaatan
dataran rendah di Indonesia.
b. Mengapa permukiman penduduk banyak
dibangun di daerah dataran rendah?
c. Tulislah tiga provinsi di
Indonesia yang terletak di wilayah dataran rendah.
2. Pada hari libur, banyak objek
wisata di dataran tinggi yang ramai dikunjungi wisatawan.
a. Mengapa masyarakat
senang berwisata ke daerah dataran tinggi? Kaitkan jawabanmu dengan ciri
kenampakan alamnya.
b. Tulislah tiga jenis tanaman yang
banyak dibudidayakan di dataran tinggi.
3. Perhatikan gambar berikut.
a. Tulislah ciri-ciri kenampakan alam
pada gambar.
b. Apa saja kekayaan alam yang ada di
daerah tersebut?
c. Tulislah dua contoh lain
pemanfaatan kenampakan alam di daerah tersebut.
4. Perhatikan gambar berikut.
a. Apa nama kearifan lokal pada
gambar?
b. Berasal dari daerah manakah
kearifan lokal tersebut?
c. Sebagai orang berbeda suku,
bagaimana caramu menghargai kearifan lokal tersebut?
5. Apa saja fungsi sebuah kearifan
lokal? Jelaskan.
HOTS
1. Perhatikan gambar berikut.
![]() |
a |
![]() |
b |
a. Apa perbedaan yang
kamu temukan pada kedua kenampakan alam di atas?
b. Bandingkan perbedaan bentuk
pemanfaatan yang dapat dilakukan pada kedua kenampakan alam di atas.
c. Seandainya kamu ingin membangun
sebuah penginapan yang memiliki lingkungan sejuk. Menurutmu, lingkungan pada
gambar manakah yang cocok? Apa alat transportasi yang akan kamu gunakan untuk
menuju penginapan tersebut? Tulislah alasanmu.
2. Desa Rogolele
berada di wilayah dataran tinggi. Karena suatu alasan, Desa Rogolele melakukan
bedoldesa. Penduduk desa kemudian mendirikan permukiman di wilayah pesisir
pantai.
a. Bandingkan ciri kenampakan alam
sebelum dan sesudah Desa Rogolele mengalami bedoldesa.
b. Apakah perubahan lingkungan desa
memengaruhi pemanfaatan alam yang dilakukan oleh warga Desa Rogolele? Jelaskan.
3. Setiap hari, kamu
melakukan berbagai kegiatan. Lambat laun, kegiatan tersebut menjadi sebuah
kebiasaan. Dapatkah kebiasaan tersebut dikatakan sebagai sebuah kearifan lokal?
Tulislah alasanmu.
AKM Asesmen Kompetensi
Minimum
Bacalah teks berikut
dengan saksama.
Saujana
Dieng
Saujana Dieng dikenal
juga dengan sebutan Dataran Dieng. Kalian mungkin pernah berwisata ke Dataran
Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng terletak di perbatasan antara Kabupaten
Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Provinsi Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng
memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Dieng memiliki tanah
yang subur karena terletak di kawasan gunung vulkanik yang masih aktif.
Beberapa gunung besar yang mengelilingi Dieng, antara lain Gunung Sindoro dan
Gunung Sumbing. Dieng memiliki potensi alam yang menjadi daya tarik wisatawan.
Salah satunya adalah lahan pertanian terasering yang berada di perbukitan.
Selain itu, Dieng juga menyuguhkan keindahan bentang alam lainnya. Misalnya,
kawah aktif Sikadang, Telaga Warna dan Pengilon, Gua Semar. mata air Sungai
Merayu, serta Bukit Sikunir. Keindahan bentang alam dimanfaatkan oleh penduduk
sekitar sebagai objek wisata yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Dieng.
Diolah dari berbagai sumber dengan
penyesuaian.
1. Pilihlah satu
jawaban yang benar. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", jenis
kenampakan alam yang tidak ada di sekitar wilayah Dieng adalah
a. gunung
b. Sungai
c. bukit
d. laut
2. Berdasarkan potensi
alamnya, apakah Dataran Tinggi Dieng cocok dimanfaatkan sebagai lahan
pertanian? Ya atauTidak
Alasanmu:
3. Berdasarkan teks
berjudul "Saujana Dieng", apa saja hal yang dapat menarik wisatawan
untuk mengunjungi Dataran Tinggi Dieng?
4. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", apakah pernyataan- pernyataan berikut benar atau salah? Berilah tanda centang (✔) pada kolom "Benar" atau "Salah" yang sesuai.
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Nama lain dari Dataran Tinggi Dieng
adalah Saujana Dieng. |
|
|
Abu vulkanis dari gunung di sekitar
membuat tanah Dieng subur sehingga cocok menjadi lahan pertanian. |
|
|
Perbukitan Dieng cocok dimanfaatkan
sebagai lahan pertanian terasering. |
|
|
Berdasarkan ketinggiannya, Dieng
memiliki udara yang panas. |
|
|
5. Berilah tanda
centang (✔) pada jawabanmu. Berdasarkan teks
berjudul "Saujana Dieng", apa saja pengetahuan baru yang kamu
peroleh?
Dieng merupakan salah satu kenampakan
alam yang berada di Provinsi Jawa Tengah.
Abu dari gunung vulkanik menyebabkan
tanah di sekitarnya tandus.
Sebagian besar bentang alam di
wilayah Dieng berupa perairan.
Dataran tinggi dieng diapit oleh dua
gunung besar di Pulau Jawa.
6. Apakah kondisi
lingkungan sekitar memengaruhi minat wisatawan untuk datang berkunjung ke
Dataran Tinggi Dieng? Tulislah pendapatmu.
Praproyek
Melakukan Penelitian
Sederhana mengenai Kearifan Lokal di Daerah Sekitar
Ayo, lakukan penelitian sederhana
berikut untuk mengetahui kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggalmu.
Melakukan wawancara
mengenai kearifan lokal di sekitar:
1. Lakukan wawancara
untuk memperoleh informasi mengenai kearifan lokal yang ada di daerah tempat
tinggalmu. Kalian dapat mewawancarai ketua desa, ketua RT, ketua RW, atau tokoh
masyarakat setempat.
2. Tanyakan hal-hal
berikut dalam wawancaramu.
a. Kearifan lokal yang ada, baik yang
masih dilakukan maupun sudah mulai ditinggalkan.
b. Ciri-ciri dan nilai yang ada pada
kearifan lokal tersebut.
c. Fungsi kearifan lokal tersebut
dalam kehidupan masyarakat setempat.
d. Peran tokoh masyarakat untuk
mengajak masyarakat menjaga kelestarian kearifan lokal.
e. Selanjutnya, tulislah gagasanmu tentang ajakan untuk menjaga dan
melestarian kearifan lokal di daerah tempat tinggal dan juga di Indonesia.
Menyusun hasil
penelitian:
3. Susunlah hasil
penelitian dalam sebuah tulisan. Tambahkan foto atau gambar yang mendukung
hasil penelitian sederhana tersebut.
Mempresentasikan hasil
penelitian:
4. Presentasikan
penelitian sederhanamu di depan kelas. Berlatihlah terlebih dahulu sebelum
melakukan presentasi.
5. Kamu dan teman
mungkin memiliki hasil penelitian yang berbeda. Hargailah perbedaan tersebut
dengan mendengarkan temanmu saat presentasi.
Profil
Pelajar Pancasila yang Dikembangkan: |
1.
Kreatif
2.
Mandiri
3.
Berkebinekaan Global |
Komentar
Posting Komentar