Pembelajaran IPAS Volume 2 Bab 5 Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya Kelas 4 SDN 1 BAKAUHENI

Bab 5 
Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya

2. Kenampakan Alam Perairan

a. Sungai

https://ridhoks.files.wordpress.com/2013/11/pasar-terapung-banjarmasin-4.jpg 

Sungai adalah aliran air yang mengalir dari daerah tinggi (hulu) ke daerah yang lebih rendah (hilir). Aliran sungai mengalir menuju laut. Sungai ada di seluruh wilayah Indonesia. Contoh sungai di Indonesia antara lain, Sungai Bengawan Solo (Jawa Tengah), Sungai Kapuas (Kalimantan Barat), dan Sungai Musi (Sumatra Selatan).

Aliran sungai dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti irigasi lahan pertanian, peternakan tambak ikan, sarana olahraga air, serta transportasi air. Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai. Penduduk sekitar memanfaatkan sungai sebagai sarana transportasi dan perdagangan. Para pedagang melakukan kegiatan jual beli di pasar terapung.

b. Rawa

Rawa adalah daratan yang selalu digenangi air. Rawa berada di dekat sungai atau pantai. Genangan air di rawa tidak sedalam di danau atau sungai. Rawa dapat menyerap dan menyimpan kelebihan terutama saat musim hujan. Tumbuhan yang banyak tumbuh di rawa adalah bakau.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/Muthupet.jpg/320px-Muthupet.jpg 

                              Tanaman bakau banyak dibudidayakan di rawa dekat pesisir pantai. 

c. Danau

https://pariwisataindonesia.id/wp-content/uploads/2022/10/Pariwisata-Indonesia-Danau-Kelimutu-NTT.jpg

                                     Danau Kelimutu berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Danau adalah bagian permukaan Bumi berupa cekungan luas di wilayah daratan yang digenangi air. Danau merupakan kenampakan alam perairan yang berada di daratan. Air yang menggenangi danau berasal dari aliran sungai, air hujan, atau air tanah. Danau menyimpan potensi kekayaan alam berupa genangan air yang luas.

Potensi danau banyak dimanfaatkan sebagai sarana olahraga dayung dan kano, tempat pengairan sawah, pembudidayaan ikan dengan keramba, serta objek wisata. Contoh danau di Indonesia adalah Danau Toba di Sumatra Utara. Danau Toba dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

 d. Laut


https://www.mongabay.co.id/wp-content/uploads/2023/06/Beach.jpeg 
                                 Laut berbatasan langsung dengan wilayah pantai dan daratan

Laut adalah kumpulan air asin luas yang memisahkan daratan (pulau atau benua) satu dengan lainnya. Setiap laut memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Wilayah Indonesia dikelilingi oleh laut yang luas. Contoh laut di Indonesia adalah Laut Jawa. Laut-laut di Indonesia dimanfaatkan sebagai sarana transportasi antarpulau dan sarana perdagangan antarnegara, sebagai tempat nelayan mencari ikan, sarana olahraga air, serta objek wisata bahari.

Ayo Jawab Kuis

1. Apa nama laut terdalam di Indonesia?

2. Apa saja bentuk pemanfaatan potensi laut tersebut?


Kegiatan



Buklet tentang Ragam Kenampakan Alam di Indonesia

Ayo, cari tahu mengenai bentuk pemanfaatan kenampakan alam di Indonesia.

1. Siapkan beberapa lembar kertas HVS, gunting, tali kasur, pembolong kertas, dan alat tulis.

2. Pilihlah satu pulau di Indonesia. Misalnya, Pulau Sumatra. Carilah informasi mengenai ragam kenampakan alam di pulau tersebut. Carilah juga informasi mengenai bentuk-bentuk pemanfaatan kenampakan alamnya.

3. Kalian dapat mencari informasi dari buku, ensiklopedia, koran, majalah, atau internet. Mintalah bimbingan orang tua saat menggunakan internet.

4. Potonglah kertas HVS menjadi dua bagian sama besar. Setelah itu, satukan bagian-bagian HVS menjadi sebuah buku kecil. Lubangi bagian pinggir kertas menggunakan pembolong kertas. Lalu, potonglah tali kasur dengan ukuran 10 cm. Masukkan potongan tali kasur ke setiap lubang kertas. Ikatlah tali kasur dengan kencang hingga tumpukan kertas menyatu dengan erat.

5. Tulislah informasi yang diperoleh dalam buklet tersebut.

6. Kalian juga dapat menambahkan gambar yang sesuai. Misalnya, kalian dapat mencetak gambar lalu menempelkannya pada buklet. Kalian dapat menempelkan gambar di bagian bawah informasi.

7. Tulislah nama kalian dan judul isi buklet pada halaman depan.

8. Kumpulkan kepada guru untuk dinilai.

Contoh kreasi buklet yang dapat kamu buat.

Diskusi

1. Apakah kenampakan alam yang ada memengaruhi kehidupan penduduk setempat?

2. Adakah pemanfaatan yang merugikan lingkungan alam sekitar?

3. Apa saranmu agar pemanfaatan kenampakan alam tersebut dapat turut menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar?


B. Kearifan Lokal di Indonesia

              Setiap wilayah memiliki potensi alam yang beragam. Keragaman tersebut disebabkan kenampakan alam yang ada di sekitarnya. Selain potensi alam, kenampakan alam juga memengaruhi kearifan lokal yang ada di suatu daerah.

 

1. Pengertian Kearifan Lokal

Sebagai orang yang berasal dari luar daerah, kita harus menghargai dan menaati adat istiadat yang berlaku di daerah setempat. Selain adat istiadat, kita juga harus menghargai kearifan lokal yang ada di suatu daerah. Kearifan lokal merupakan gagasan atau pandangan hidup masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun di suatu daerah. Kearifan lokal diwujudkan dalam berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Nilai-nilai luhur dalam kearifan lokal dapat digunakan sebagai modal pembangunan tanpa merusak lingkungan sosial dan alam. Sebagai sebuah budaya yang diwariskan, kearifan lokal patut dijadikan sebagai pegangan hidup masyarakat. Kearifan lokal dapat dilihat dalam aktivitas masyarakat, seperti kepercayaan, budaya, dan adat istiadat.

https://img.okezone.com/content/2022/09/24/549/2674120/mengenal-bedog-sajam-asli-suku-baduy-pembuatannya-tidak-sembarangan-lFTLhHBDhC.jpg 

            Suku Badui mempertahankan hidup secara sederhana dan masih bergantung pada alam.

Suatu kearifan lokal memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

a. Memiliki kemampuan menyatukan unsur-unsur budaya asing ke dalam budaya asli.

b. Memberikan arah terhadap perkembangan budaya.

c. Memasukkan nilai etika dan nilai moral ke dalam masyarakat.

d. Mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan alam.

e. Diwariskan secara turun-temurun oleh generasi sebelumnya.

 

Ayo Jawab Kuis

1. Apa saja wujud kearifan lokal?

2. Apa saja ciri-ciri sebuah kearifan lokal di suatu wilayah?

 

2. Ragam Kearifan Lokal di Indonesia

Bangsa Indonesia terdiri atas suku bangsa yang beragam. Kearifan lokal menjadi ciri khas yang membedakan antara suku bangsa satu dengan lainnya. Kearifan lokal merupakan warisan nenek moyang yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Batik merupakan wujud kearifan lokal pada seni tekstil di Indonesia. Batik Indonesia memiliki corak motif yang unik dan indah. Selain indah, motif batik juga makna yang berisi harapan, nasihat, dan doa-doa kepada Tuhan.

Contohnya adalah motif batik parang rusak seperti pada gambar. Motif batik parang memiliki makna nasihat agar tidak mudah menyerah. Makna ini dapat dilihat dari motifnya yang berisi jalinan tidak terputus.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/10/07/contoh-motif-batik-parang-rusak.jpeg?w=1000

Kain batik bermotif parang rusak digunakan sebagai aksesori pelengkap pada pertunjukan tari tradisional.

Kearifan lokal juga diterapkan dalam kegiatan pertanian yang dilakukan oleh masyarakat. Contohnya dalam sistem pertanian Nyabuk Gunung di wilayah Jawa Tengah dan Mitracai di wilayah Jawa Barat. Sistem pertanian ini dilakukan di wilayah dataran tinggi. Penduduk setempat biasanya memanfaatkan lahan pertanian dengan tetap mempertahankan bentuk tanah sesuai dengan lingkungan aslinya.

Ayo Jawab Kuis

1.                  Tuliskan dua contoh kearifan local dari daerah asalmu.

2.                  Apa saja keunikan dari kearifan local tersebut?


3. Fungsi Kearifan Lokal di Indonesia

    Sebagai produk budaya yang dapat dijadikan pegangan hidup, kearifan lokal memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut.

a. Melestarikan sumber daya alam.

b. Mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan kepada generasi selanjutnya.

c. Sebagai petuah berisi kepercayaan atau pantangan yang harus ditaati oleh masyarakat di suatu wilayah.

d. Melestarikan akhlak dan budi pekerti yang diwujudkan dalam upacara adat.

e. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

https://a.files.bbci.co.uk/worldservice/live/assets/images/2016/08/08/160808001850_dieng_gimbal_5_640x360_liliekdharmawan.jpg

Ruwat gimbal merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah Dieng, Jawa Tengah.

Ayo Berlatih

1. Indonesia memiliki kearifan lokal yang beragam.

a. Apa yang dimaksud dengan kearifan lokal?

b. Tulislah kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggalmu.

c. Apa fungsi kearifan lokal tersebut bagi masyarakat setempat?

2. Setiap wilayah memiliki kearifan lokal yang dilaksanakan dan ditaati oleh masyarakat setempat.

a. Mengapa masyarakat harus menaati kearifan lokal di suatu tempat?

b. Bagaimana caramu menghargai kearifan lokal di wilayah tempat tinggal?

3. Bacalah artikel singkat berikut dengan saksama.

Suku Badui

Suku Badui merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Badui bermukim di daerah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Suku Badui masih mempertahankan kearifan lokal yang ada. Hal ini tercermin dari perilaku masyarakat Badui yang berpedoman kepada buyut yang telah ditentukan dalam bentuk pikukuh karuhun.

Pikukuh karuhun ini tidak boleh dilanggar atau diubah oleh siapapun. Seluruh anggota suku Badui harus menaati tatanan kehidupan yang ada dan sudah berlaku secara turun temurun. Sebagai masyarakat luar, kita juga harus menaati pikukuh ini saat berkunjung ke Badui. Beberapa pikukuh yang harus ditaati, antara lain larangan menebang sembarangan jenis tanaman, larangan menggunakan teknologi kimia yang dapat merusak kelestarian lingkungan, serta kegiatan berladang harus sesuai ketentuan adat yang berlaku.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.

a. Apa yang kamu ketahui tentang pikukuh karuhun?

b. Jika kamu mengunjungi Badui, apa saja hal yang harus kamu lakukan sesuai kearifan lokal setempat?

c. Apa saja aturan yang terdapat pada pikukuh karuhun?

 

 Kegiatan

Menyajikan Informasi tentang Kearifan Lokal dalam Bentuk Poster

 

Setiap daerah memiliki kearifan lokal yang unik. Ayo, mencari tahu tentang ragam kearifan lokal di Indonesia. Lakukanlah kegiatan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa.

2. Setiap kelompok ditugaskan mencari informasi mengenai kearifan lokal dari salah satu pulau di Indonesia.

3. Carilah informasi mengenai hal-hal berikut. Kalian dapat mencari informasi di buku, koran, majalah, atau internet.

a. Kearifan lokal unik yang dilakukan oleh penduduk di suatu pulau.

b. Kearifan lokal yang banyak dilakukan oleh penduduk tersebut.

c. Nilai dan manfaat dari pelaksanaan kearifan lokal tersebut.

d. Upaya yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kelestarian kearifan lokal tersebut.

4. informasi yang kelompok peroleh dalam bentuk poster.

5. Buatlah poster pada kertas karton. Tempelkan gambar terkait kearifan lokal yang kalian pilih. Setelah itu, tulislah informasi yang diperoleh di bawah gambar tersebut.

6. Hias dan sajikan poster dengan kreativitas kelompok semenarik mungkin.

7. Kelompok dapat menambahkan gambar sesuai dengan informasi mengenai kearifan lokal yang disajikan.

8. Presentasikan poster buatan kelompok di depan kelas dengan percaya diri.

Diskusi

1. Kearifan lokal manakah yang menurut kelompok paling unik?

2. Apakah kearifan lokal tersebut dapat hilang?

3. Apakah kearifan lokal tersebut dilaksanakan oleh seluruh masyarakat sekitar?

4. Bagaimana sikap kelompok terhadap perbedaan kearifan lokal yang ada?

5. Tulislah rencana yang akan kelompok terapkan dalam kehidupan setelah mempelajari kearifan lokal dalam kegiatan ini.

Latihan Ulangan Bab 5

A. Pilihlah jawaban yang tepat.

1. Kenampakan alam yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut disebut ….

a. dataran rendah

b. gunung

c. pantai

d. bukit

2. Perhatikan ciri-ciri kenampakan alam berikut.

(1) Memiliki udara yang sejuk dan tanah yang subur.

(2) Tempat kegiatan peternakan sapi perah.

(3) Menjadi tujuan tempat peristirahatan saat musim liburan.

(4) Berada di ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.

     Jenis kenampakan alam yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ….

a. laut

b. pantai

c. gunung

d. dataran tinggi

3. Suatu daerah berbatasan langsung dengan laut. Daerah itu memiliki tanah yang landai dan berpasir. Contoh pemanfaatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat sekitar adalah ….

a. membangun perkebunan cengkih

b. menanami lahan dengan sayuran

c. mendirikan peternakan sapi

d. membuat tambak garam

4. Setiap pulau di Indonesia memiliki kenampakan alam beragam. Misalnya, sebagian besar kenampakan alam di Pulau Kalimantan berupa sungai beraliran tenang. Kegiatan sesuai dengan pemanfaatan yang ses kenampakan alam tersebut adalah ….

a. membudidayakan pertanian jagung

b. memanfaatkan aliran sungai sebagai sarana pasar apung

c. membangun pusat industri

d. mendirikan perkebunan teh

    5. Perhatikan gambar berikut.



Kenampakan alam yang ada pada gambar adalah ….

a. laut dan bukit

b. lembah dan gunung

c. pantai dan dataran rendah

d. dataran rendah dan sungai

6. Perhatikan ciri-ciri berikut.

1) Aliran air yang panjang dan berkelok-kelok di atas daratan.

2) Banyak dimanfaatkan untuk irigasi persawahan di Pulau Jawa.

 Ciri-ciri tersebut sesuai dengan kenampakan alam, yaitu ….

a. laut

b. rawa

c. danau

d. Sungai

7. Perhatikan tabel berikut.

No.

Jenis Kenampakan Alam

Asal Daerah

1

Gunung Tangkupan Perahu

Jawa Barat

2

Dataran Tinggi Agam

Jawa Tengah

3

Sungai Kapuas

Kalimantan Barat

4

Pantai Losari

Bali

Pasangan jenis kenampakan alam dengan daerahnya yang benar ditunjukkan oleh nomor ….

a. 1) dan 2)

b. 1) dan 3)

c. 2) dan 3)

d. 3) dan 4)

8. Suku Badui masih mempertahankan kearifan lokal setempat hingga saat ini. Suku Badui berasal dari daerah ….

a. Banten

b. Bengkulu

c. Maluku Utara

d. Nusa Tenggara Barat

9. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri kearifan lokal adalah ….

a. sulit untuk menyatu dengan budaya asing.

b. diwariskan secara turun temurun

c. mengandung unsur-unsur budaya asing yang modern

d. melarang masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan

10. Subak merupakan contoh kearifan lokal masyarakat Bali dalam bidang ….

a. budaya

b. pariwisata

c. kesenian

d. pertanian


B. Isilah dengan jawaban yang tepat.

1. Permukiman nelayan biasanya berada di ....

2. Gunung ljen di Jawa Timur menghasilkan banyak belerang. Belerang banyak dimanfaatkan sebagai ….

3. Perhatikan gambar berikut.


Pemanfaatan seperti pada gambar banyak dijumpai di wilayah dengan kenampakan alam berupa ….

4. Danau terbesar di Indonesia terdapat di daerah ….

5. Tradisi melompati sebuah batu besar adalah kearifan lokal yang berasal dari daerah ….

 

C. Kerjakan soal-soal berikut.

1. Sebagian provinsi di Indonesia berupa dataran rendah.

a. Tulislah dua contoh pemanfaatan dataran rendah di Indonesia.

b. Mengapa permukiman penduduk banyak dibangun di daerah dataran rendah?

c. Tulislah tiga provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah dataran rendah.

2. Pada hari libur, banyak objek wisata di dataran tinggi yang ramai dikunjungi wisatawan.

a. Mengapa masyarakat senang berwisata ke daerah dataran tinggi? Kaitkan jawabanmu dengan ciri kenampakan alamnya.

b. Tulislah tiga jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di dataran tinggi.

3. Perhatikan gambar berikut.


a. Tulislah ciri-ciri kenampakan alam pada gambar.

b. Apa saja kekayaan alam yang ada di daerah tersebut?

c. Tulislah dua contoh lain pemanfaatan kenampakan alam di daerah tersebut.

4. Perhatikan gambar berikut.


a. Apa nama kearifan lokal pada gambar?

b. Berasal dari daerah manakah kearifan lokal tersebut?

c. Sebagai orang berbeda suku, bagaimana caramu menghargai kearifan lokal tersebut?

5. Apa saja fungsi sebuah kearifan lokal? Jelaskan.


HOTS

1. Perhatikan gambar berikut.

a

b

a. Apa perbedaan yang kamu temukan pada kedua kenampakan alam di atas?

b. Bandingkan perbedaan bentuk pemanfaatan yang dapat dilakukan pada kedua kenampakan alam di atas.

c. Seandainya kamu ingin membangun sebuah penginapan yang memiliki lingkungan sejuk. Menurutmu, lingkungan pada gambar manakah yang cocok? Apa alat transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju penginapan tersebut? Tulislah alasanmu.

 

2. Desa Rogolele berada di wilayah dataran tinggi. Karena suatu alasan, Desa Rogolele melakukan bedoldesa. Penduduk desa kemudian mendirikan permukiman di wilayah pesisir pantai.

a. Bandingkan ciri kenampakan alam sebelum dan sesudah Desa Rogolele mengalami bedoldesa.

b. Apakah perubahan lingkungan desa memengaruhi pemanfaatan alam yang dilakukan oleh warga Desa Rogolele? Jelaskan.

3. Setiap hari, kamu melakukan berbagai kegiatan. Lambat laun, kegiatan tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Dapatkah kebiasaan tersebut dikatakan sebagai sebuah kearifan lokal? Tulislah alasanmu.

 

AKM Asesmen Kompetensi Minimum

Bacalah teks berikut dengan saksama.

 

Saujana Dieng

Saujana Dieng dikenal juga dengan sebutan Dataran Dieng. Kalian mungkin pernah berwisata ke Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Provinsi Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dieng memiliki tanah yang subur karena terletak di kawasan gunung vulkanik yang masih aktif. Beberapa gunung besar yang mengelilingi Dieng, antara lain Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki potensi alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya adalah lahan pertanian terasering yang berada di perbukitan. Selain itu, Dieng juga menyuguhkan keindahan bentang alam lainnya. Misalnya, kawah aktif Sikadang, Telaga Warna dan Pengilon, Gua Semar. mata air Sungai Merayu, serta Bukit Sikunir. Keindahan bentang alam dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai objek wisata yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Dieng.

Diolah dari berbagai sumber dengan penyesuaian.

 

1. Pilihlah satu jawaban yang benar. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", jenis kenampakan alam yang tidak ada di sekitar wilayah Dieng adalah

a. gunung

b. Sungai

c. bukit

d. laut

2. Berdasarkan potensi alamnya, apakah Dataran Tinggi Dieng cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian? Ya atauTidak

Alasanmu:

3. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", apa saja hal yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Dataran Tinggi Dieng?

4. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", apakah pernyataan- pernyataan berikut benar atau salah? Berilah tanda centang () pada kolom "Benar" atau "Salah" yang sesuai.

Pernyataan

Benar

Salah

Nama lain dari Dataran Tinggi Dieng adalah Saujana Dieng.

 

 

Abu vulkanis dari gunung di sekitar membuat tanah Dieng subur sehingga cocok menjadi lahan pertanian.

 

 

Perbukitan Dieng cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian terasering.

 

 

Berdasarkan ketinggiannya, Dieng memiliki udara yang panas.

 

 

5. Berilah tanda centang () pada jawabanmu. Berdasarkan teks berjudul "Saujana Dieng", apa saja pengetahuan baru yang kamu peroleh?

Dieng merupakan salah satu kenampakan alam yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Abu dari gunung vulkanik menyebabkan tanah di sekitarnya tandus.

Sebagian besar bentang alam di wilayah Dieng berupa perairan.

Dataran tinggi dieng diapit oleh dua gunung besar di Pulau Jawa.

6. Apakah kondisi lingkungan sekitar memengaruhi minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng? Tulislah pendapatmu.


Praproyek


Melakukan Penelitian Sederhana mengenai Kearifan Lokal di Daerah Sekitar

    Ayo, lakukan penelitian sederhana berikut untuk mengetahui kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggalmu.

Melakukan wawancara mengenai kearifan lokal di sekitar:

1. Lakukan wawancara untuk memperoleh informasi mengenai kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggalmu. Kalian dapat mewawancarai ketua desa, ketua RT, ketua RW, atau tokoh masyarakat setempat.

2. Tanyakan hal-hal berikut dalam wawancaramu.

a. Kearifan lokal yang ada, baik yang masih dilakukan maupun sudah mulai ditinggalkan.

b. Ciri-ciri dan nilai yang ada pada kearifan lokal tersebut.

c. Fungsi kearifan lokal tersebut dalam kehidupan masyarakat setempat.

d. Peran tokoh masyarakat untuk mengajak masyarakat menjaga kelestarian kearifan lokal.

e. Selanjutnya, tulislah gagasanmu tentang ajakan untuk menjaga dan melestarian kearifan lokal di daerah tempat tinggal dan juga di Indonesia.

Menyusun hasil penelitian:

3. Susunlah hasil penelitian dalam sebuah tulisan. Tambahkan foto atau gambar yang mendukung hasil penelitian sederhana tersebut.

Mempresentasikan hasil penelitian:

4. Presentasikan penelitian sederhanamu di depan kelas. Berlatihlah terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi.

5. Kamu dan teman mungkin memiliki hasil penelitian yang berbeda. Hargailah perbedaan tersebut dengan mendengarkan temanmu saat presentasi.

Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan:

1. Kreatif

 

2. Mandiri

 

3. Berkebinekaan Global

Komentar